Masa pandemi seperti sekarang ini memberikan banyak masalah baru bagi masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia. Banyak pihak yang harus kehilangan pekerjaan, dan juga sulit mencari pekerjaan. Oleh karena itu, tuntutan menjadi kreatif di era pandemi ini.

Dengan kreativitas dan inovasi dalam berbisnis, kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi harta mudah dan cepat. Tentunya terdapat beberapa jenis bisnis yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan cuan.

BACA JUGA : Ini Dia Resep Corndog Praktis Ala Korea

Berikut Ide Bisnis Di Masa Pandemi Berpotensi Cuan Besar

1. Sembako

Pilihan bisnis di masa pandemi yang paling utama adalah dengan berjualan barang pokok. Contohnya saja seperti beras, minyak goreng, ataupun barang-barang pokok lainnya.

Bisnis ini menjanjikan untung yang besar karena pasti dibutuhkan masyarakat banyak. Kemudian, bisnis satu ini bisa kamu buka di rumah sendiri sehingga pangsa pasarnya merupakan warga sekitar tempat tinggal.

2. Produk Kesehatan

Pilihan bisnis lain yang memiliki potensi besar adalah dengan berjualan produk-produk kesehatan. Barang ini kemungkinan besar akan laku selama pandemi karena menjadi salah satu barang pokok untuk melindungi diri dari penyebaran virus Corona.

Beberapa jenis produk kesehatan yang bisa kamu jual adalah hand sanitizer, masker, vitamin C, face shield dan lain-lain. Jika kamu memiliki teknik pemasaran yang bagus maka calon pelanggan yang ada tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar tetapi juga dari luar daerah tempat tinggal masing-masing.

3. Tutor Bimbel

Buat kamu yang memiliki keahlian dalam mengajar bisa mencoba tutor bimbel sebagai bisnis di masa pandemi. Menjadi tutor sekarang cukup mudah karena bisa dilakukan secara online ataupun datang langsung ke tempat bimbel atau rumah murid sebagai guru les privat.

Tentunya, kamu harus memiliki kualifikasi dan memahami setidaknya 1-2 mata pelajaran saat ini. Karena dengan demikian, kamu bisa menyakinkan orang tua murid untuk memakai jasa tutor yang dimiliki.

4. Makanan Ringan

Jajanan ringan juga bisa menjadi pilihan bisnis selama pandemi. Karena makanan ringan tetap dicari oleh banyak pihak terutama jajanan pasar yang murah karena disukai banyak orang.

Jenis makanan ringan juga sangat banyak kamu bisa mencoba snack keripik, jajanan pasar (contohnya risol, bakwan, puding sederhana dan lainnya). kamu juga bisa membuat jajanan yang lebih keren seperti nugget, kebab, makaroni dan lainnya.

Pastikan kamu memiliki inovasi dan kreasi yang baik agar jajanan yang dibuat lebih unik daripada yang ada dipasaran. Hal ini akan memudahkan kamu memperoleh pelanggan.

5. Jasa Pengantaran Barang

Selain membuat produk, kamu juga bisa menyediakan jasa pengantaran barang di dalam kota tempat tinggal masing-masing. Namun, membuka usaha baru tentu tidak mudah karena kamu harus mengeluarkan modal untuk pembukaan usaha dan pemasarannya.

Solusi lain yang bisa kamu gunakan adalah menjadi bagian atau mitra dari Shopee, Grab, Go-jek dan beberapa platform online lain yang menyediakan jasa delivery. Cara ini tentu lebih mudah dan pasti memberikan penghasilan harian. 

Namun, kamu terikat dengan aturan yang ada dari platform tersebut. Walaupun demikian, hal ini tetap layak dicoba terutama pada masa pandemi sekarang yang ternyata semakin membutuhkan jasa delivery tersebut. 

6. Minuman 

Bisnis di masa pandemi yang bisa menjadi alternatif adalah dengan jualan minuman. Bisnis ini cukup menarik karena jenisnya sangat beragam bergantung kepada preferensi masing-masing.

Jika kamu ingin menjual minuman ringan yang tahan lama maka kamu bisa menjual minuman ringan dalam kemasan. Selanjutnya kamu bisa membuka warung kecil yang khusus menjual minuman dalam lemari es. Jika kamu punya modal besar maka gunakanlah vending machine dan letakkan di tempat-tempat strategis.

Kemudian, bagi yang punya skill barista bisa menjual kreasi kopi baik secara langsung atau online. Jika kamu suka minuman sehat maka jual jus sehat. Tentunya masih banyak lagi pilihan untuk bisnis makanan tersebut yang pastinya bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing.

7. Perlengkapan Bayi

Menurut BKKBN, angka kelahiran di Indonesia meningkat capai 10% saat era pandemi, dengan ini menjual berbagai perlengkapan bayi juga jadi bisnis yang tidak kalah menarik. 

Peluang cuan dari produk ini sangat besar. Selain itu, terdapat banyak jenis perlengkapan bayi yang bisa kamu jual seperti popok, susu formula, pakaian bayi, peralatan mandi bayi dan lainnya.

kamu bisa fokus pada salah satu produk atau menyediakan beberapa barang sekaligus. Pastikan produk ini memiliki kualitas terbaik karena bayi sangat sensitif terhadap produk yang dikonsumsinya.

8. Clothing Line

Jika kamu adalah orang yang memiliki visi dan inovasi yang menarik dan ahli di bidang fashion maka bisnis clothing line merupakan pilihan yang tepat. Namun, bisnis ini membutuhkan usaha yang besar karena kamu akan membuat model fashion sendiri baik itu desain pakaian atau coraknya.

Kemudian, kamu harus ahli memasarkan desain tersebut sehingga banyak orang yang mengenal dan berkeinginan memesannya. Tetapi, jika ini berhasil dilakukan maka pesanan produk fashion kamu akan berjalan terus menerus seperti air mengalir.

9. Desain Grafis

Bisnis di masa pandemi lainnya yang tidak kalah menarik dilakukan adalah dengan menyediakan jasa desain grafis. Jasa ini semakin dibutuhkan karena berbagai jenis bisnis membutuhkan desain grafis baik untuk logo, pembuatan desain seragam dan lainnya.

Selain kebutuhannya yang semakin luas, menjadi desainer grafis juga sangat mendukung kondisi saat ini. Karena kamu tidak perlu keluar rumah untuk mengerjakan dan mengirimkan pekerjaan tersebut. Jadi, selain mendapatkan uang kesehatan kamu juga terjaga dengan baik karena terhindar dari paparan Covid-19.

10. Content Writer

Penulis konten merupakan salah satu profesi yang semakin naik daun di masa pandemi ini. Karena, pekerjaan ini bisa kamu lakukan di mana saja. Terlebih pada situasi saat ini banyak pihak yang membuat website baru untuk menopang penjualan produknya.

Namun, membuat konten tulisan di dalamnya tidak mudah serta membutuhkan waktu. Jadi, bagi kamu yang memiliki kelebihan di bidang ini dapat meraup banyak keuntungan dengan modal yang sangat minim. 

Pilihan bisnis di masa pandemi di atas memiliki peluang yang besar untuk memperoleh cuan. Nah, jika kamu memilih untuk berbisnis di bidang kuliner, kamu juga bisa mencoba untuk memasarkan produk kamu dengan berjualan di QoQi. Kamu bisa semakin memperluas jangkauan pemasaran kamu dengan mencoba platform yang satu ini, selain beberapa platform yang juga sudah disebutkan diatas. Bagi kamu yang penasaran dan ingin merasakan pengalaman melakukan pesan antar makanan lewat QoQi, kamu bisa langsung download aplikasi QoQi sebagai pilihan terbaikmu di App Store maupun Play Store kamu sekarang. Selamat mencoba!

Leave a comment