Kota Serambi Mekah satu ini terkenal dengan nuansa religius yang bisa dirasakan pengunjungnya di sepanjang kota. Berbagai aturan dan budaya Aceh memang cukup unik dan berbeda dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Tidak hanya itu, Aceh juga memiliki sederet kuliner dengan cita rasa otentik khasnya yang patut kamu cobain jika berkunjung kesana. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan mengenyangkan, Aceh punya daftar jagoannya masing-masing.

Berikut 10 Kuliner Khas Aceh Yang Bisa Kamu Jadikan Daftar Rekomendasi!

1. Kopi Sanger

Dari daftar minuman, Aceh punya kopi sanger yang merupakan perpaduan dari kopi hitam dicampur dengan susu kental manis dan gula. Cara membuat kopi sanger yang unik menjadi hiburan tersendiri bagi penikmatnya. Kopi hitam akan disaring dengan saringan berbentuk kerucut yang kemudian ditarik ke atas layaknya membuat teh ataupun kopi tarik. Teknik pembuatan semacam ini yang sering jadi tontonan tersendiri saat membeli kopi sanger. Walaupun kopi hitam dicampurkan dengan susu dan juga gula, rasa kopi sanget tetap kuat dan tidak terlalu manis. Bagi kamu pecandu kopi, kopi sanger patut kamu coba!

BACA JUGA : 5 Restoran Makanan Sehat Terbaik Di Jakarta

2. Sie Reuboh

Berasal dari Bahasa Aceh, sie reuboh memiliki arti daging rebus. Sie reuboh adalah masakan berbahan dasar daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu-bumbu khas lainnya. Seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, merica, dan masih banyak lagi. Tekstur daging sie reuboh ini empuk dan rasanya kaya akan rempah. Cita rasa khas nusantara banget pokoknya!

3. Sayur Pliek U

Kuliner sayur pliek u atau disebut kuah pliek u khas Aceh ini sudah mulai jarang ditemukan. Cukup jarang orang yang menjual makanan ini. Sayur pliek u ini juga menjadi menu wajib dalam setiap hajatan yang diadakan masyarakat Aceh. Sayur pliek u atau kuah pliek u adalah sajian sejenis gulai namun terbuat dari ragam sayur dan rempah-rempah yang dimasak bersama. Pliek u sendiri adalah kelapa yang sudah difermentasi.

4. Mie Aceh

Mie satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat di luar kota Aceh, kuliner ini banyak ditemukan di berbagai kota selain di Aceh. Mie Aceh disajikan dengan dua cara yaitu kuah dan goreng. Terkadang juga ada orang yang menjual semi-kuah atau biasa disebut mie nyemek. Mie Aceh identik memiliki cita rasa yang pedas. Mie Aceh memiliki tekstur mie yang berbeda, berbentuk seperti spaghetti atau mirip dengan mie lidi. Mie Aceh yang kemudian dicampur dengan berbagai macam rempah khas Aceh, kemudian ditambahkan dengan sayuran tauge dan lauk. Ada mie Aceh yang dimasak dengan daging daging sapi, seafood, telur mata sapi, dan masih banyak varian bahan tambahan lainnya. Di beberapa daerah Mie Aceh juga disajikan dengan kerupuk untuk cita rasa gurih yang lebih menonjol.

5. Ayam Tangkap

Ayam tangkap adalah sajian dari ayam kampung yang digoreng dengan berbagai macam rempah dan bumbu. Contohnya seperti daun kari, daun pandan, daun temurui atau daun salam koja. Kemudian juga ada bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Ciri khas rasa ayam tangkap ini berasal dari cabai hijau dan daun temurui yang sudah digoreng kering. Olahan ini cocok dijadikan santapan acara keluarga.

6. Sate Matang

Sate matang khas Aceh terbuat dari daging sapi yang memiliki tampilan unik dan sedikit berbeda dari sate pada umumnya. Jika biasanya sate hanya disajikan dengan bumbu kacang, sate matang disajikan dengan kuah soto matang yang gurih. Daging yang digunakan bukan hanya daging sapi tapi juga daging kambing. Sebelum dibakar daging sapi atau kambing diungkep dengan bumbu khas Aceh. Cara baru menikmati sate dengan olahan soto nih!

7. Martabak Aceh

Martabak Aceh tak memiliki tampilan berbeda, kocokan telurnya malah di bagian luar. Martabak ini terbuat dari tepung terigu yang ditutupi dengan telur dicampur berbagai jenis sayur yang telah dipotong kecil-kecil. Umumnya martabak Aceh disajikan dengan acar bawang merah dan cabai rawit. Menu yang cocok banget dijadikan camilan keluarga nih!

8. Sambal Ganja

Nama sambal ini memang cukup kontroversi, namun jangan khawatir bahan aslinya bukanlah terbuat dari ganja. Alasan pemberian namanya karena sambal ini membuat ketagihan siapa saja yang mencobanya. Sambal ganja berbahan dasar udang dengan cita rasa asam. Cara membuatnya juga terbilang sangat mudah seperti sambal pada umumnya.

9. Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah merupakan makanan khas Aceh yang sangat lezat. Makanan ini berbahan dasar ikan tongkol yang telah direbus dan dikeringkan kemudian disuwir-suwir. Makanan ini dimasak dengan santan kelapa, cabai hijau dan bahan rempah lainnya. Selama perang Aceh melawan Belanda, makanan ini menjadi andalan ketika bersembunyi karena awet tanpa perlu dipanaskan.

10. Gulai Masam Keueng

Terakhir datang dari menu olahan seafood, kamu bisa langsung cobain sajian ini kalau ke Aceh nanti. Sajian ini memiliki cita rasa asam dan pedas yang akan membuatmu ketagihan. Masam keueng diracik dengan bumbu serta rempah yang kaya rasa.  Salah satu yang menjadi ciri khas adalah harumnya daun temurui atau daun salam koja yang berbaur dalam kuah gulai. Rasa masam dan segar menjadi paduan yang nikmat!

Jadi kuliner Aceh mana yang ingin kamu cicipi? Kalau kamu berkunjung ke Aceh jangan sampai kelewatan wisata kuliner di sana ya! Bahkan masih ada beberapa kuliner Aceh yang bisa kamu explore selain daripada 10 list di atas. Selamat mencoba!

Leave a comment