Banyak ahli kesehatan menyarankan bahwa melakukan perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting. Karena, perilaku tersebut dapat meningkatkan taraf hidup secara signifikan. Hal ini berlaku baik kepada anak-anak, remaja, orang dewasa maupun orang tua.

Perilaku sehat ini bisa diterapkan kapanpun Anda inginkan. Bahkan mulai dari hal terkecil sekalipun seperti membersihkan tempat tidur ataupun membuka jendela kamar. Karena dua hal tersebut dapat mengurangi kelembaban di ruangan yang bisa menyebabkan penyakit untuk jangka panjang.

BACA JUGA : 10 Jajanan Tidak Sehat Yang Ternyata Berbahaya Bagi Anak-Anak

Beberapa Manfaat dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Manfaat dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehatsumber : freepik

Manfaat dari perilaku hidup bersih dan sehat sangatlah banyak. Tentunya hal ini harus Anda ketahui agar bisa menerapkan hal tersebut sesegera mungkin. Beberapa kegiatan yang merupakan perilaku hidup sehat ataupun bersih seperti berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, minum air putih, menjaga kebersihan dan lainnya.

Melalui kegiatan tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang besar, seperti:

1. Terhindar dari Banyak Penyakit

Salah satu manfaat perilaku hidup bersih dan sehat adalah Anda akan terhindar dari berbagai penyakit. Karena, kegiatan hidup yang bersih seperti menjaga kebersihan tubuh, rumah dan lingkungan.

Kebersihan tersebut akan menjaga diri Anda dari berbagai penyakit karena lingkungan dan tubuh yang kotor mudah dihinggapi berbagai virus, bakteri dan sumber penyakit lainnya. Bisa dikatakan kebersihan adalah bentuk perlindungan penyakit dari sisi eksternal.

Sedangkan pola hidup sehat merupakan perlindungan dari sisi internal tubuh. Mengapa? Karena dengan hidup sehat maka Anda akan memperhatikan makanan, minuman, asupan gizi dan jumlah yang akan dikonsumsi.

Akibatnya, daya tahan tubuh akan terjaga dengan baik. Hal ini berdampak pada imun tubuh yang semakin baik sehingga tubuh Anda tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, penampilan tubuh, rambut, kulit dan lainnya akan ikut membaik sehingga terlihat segar dan bugar.

2. Menjadi Lebih Bersemangat

Manfaat lain dari perilaku hidup bersih dan sehat adalah Anda menjadi lebih bersemangat. Mengapa? Karena tubuh dan pikiran berada pada kondisi optimal sehingga Anda akan terlihat lebih fresh dan bersemangat.

Kemudian, hal ini juga berefek pada performa masing-masing. Jadi, Anda dapat bekerja dengan lebih semangat sehingga pekerjaan tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

3. Menjaga Bentuk dan Berat Badan

Selain dua hal di atas, Anda juga bisa menjaga bentuk dan berat badan yang optimal jika menerapkan hidup yang sehat dan bersih. Tentunya, untuk melakukan hal ini Anda harus melakukan banyak hal termasuk olahraga secara rutin.

Mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola tidur saja tidaklah cukup. Jika Anda ingin memperoleh hasil yang maksimal maka olahraga merupakan sebuah kewajiban.

Karena dengan melakukan semua hal tersebut maka persentase lemak dalam tubuh akan rendah dan Anda memiliki berat badan ideal. Kemudian bentuk tubuh juga akan terjaga dengan baik sehingga penampilan Anda akan sempurna setiap waktu.

4. Meningkatnya Produktivitas

Manfaat perilaku hidup bersih dan sehat lainnya adalah meningkatkan produktivitas. Karena, terjaganya pola hidup yang bersih dan sehat membuat tubuh dan pikiran Anda berada di titik optimal sehingga berbagai pekerjaan dapat dikerjakan dengan mudah.

5. Pola Hidup Lebih Teratur

Hal lain yang bisa Anda peroleh dari menjaga dua hal tersebut adalah meningkatnya pola hidup. Karena dengan melakukan hal ini Anda harus mendisiplinkan diri. Contohnya saja pada jam berapa harus makan, istirahat, tidur, bangun tidur dan lainnya.

Kemudian, Anda juga akan selalu memperhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh. Sekaligus bagaimana cara mengolahnya dengan baik agar gizi di dalamnya tidak rusak. Jadi, pola hidup yang ada akan membaik dari segala sisi.

6. Berpikiran Positif

Manfaat lain yang dapat Anda nikmati dari berperilaku yang menyehatkan dan bersih adalah selalu berpikiran positif. Mengapa? Karena tubuh dan pikiran Anda berada di kondisi optimal sehingga mampu menghadapi berbagai masalah dengan positif.

Kemudian, Anda juga bisa melakukan banyak hal positif lainnya dengan hal ini. Tidak jarang juga orang yang berpikiran positif memberikan efek yang baik bagi orang di sekitarnya.

7. Menjaga Tumbuh Kembang Anak

Perilaku yang baik tidak hanya memberikan efek positif bagi diri sendiri melainkan pihak lain terutama bagi mereka yang memiliki anak. Salah satu masalah yang disebabkan pola hidup yang kurang sehat adalah stunting pada anak.

Hal ini membuat tumbuh kembang anak menjadi kurang maksimal. Nah, dengan hidup yang bersih dan sehat Anda bisa menghindari hal tersebut dan memastikan perkembangan yang optimal pada anak.

8. Lingkungan Terawat

Manfaat lain dari perilaku hidup bersih dan sehat adalah terjaganya tempat tinggal dan lingkungan Anda. Kebersihan merupakan hal yang penting karena hal tersebut mencegah sumber penyakit di lingkungan Anda.

Kemudian, lingkungan sekitar juga terlihat indah dan rapi. Jadi, Anda dapat tinggal dengan nyaman di rumah masing-masing.

9. Lebih Percaya Diri

Keseharian yang lebih sehat dan bersih juga berpengaruh pada kepercayaan diri masing-masing. Karena, hal tersebut menjaga mental dan penampilan Anda dengan baik. Jadi, dengan demikian And bisa tampil dengan lebih baik dan percaya diri.

Hal ini sangat penting bagi siapa saja terutama bagi para pekerja. Karena, bagaimanapun juga penampilan yang baik dan kepercayaan diri yang tinggi lebih disukai di dunia profesional.

10. Siap Menghadapi Tantangan

Manfaat selanjutnya dari perilaku hidup bersih dan sehat adalah Anda siap menghadapi berbagai tantangan. Mengapa? Karena dengan menjaga dua hal ini akan mengakibatkan mental dan fisik terjaga dengan baik.

Kondisi tubuh yang sempurna membuat Anda siap menghadapi berbagai tantangan yang ada. Bahkan Anda bisa menyelesaikan masalah ini lebih baik daripada biasanya.

Berbagai manfaat perilaku hidup bersih dan sehat di atas dapat Anda peroleh dengan menerapkannya dengan baik di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukannya dengan rutin sehingga kualitas hidup dapat meningkat dengan pesat.

Leave a comment