Selain pola tidur yang cukup, olahraga rutin, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya makanan yang kita santap, namun minuman kaya nutrisi juga bisa kita konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, dalam menjaga kesehatan tubuh kita harus memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Memilih minuman sehat yang tepat akan menambah imunitas sekaligus berperan sebagai anti-peradangan dalam tubuh. Banyak sekali macam minuman sehat yang bisa ditemukan di pasaran.

Berikut Pilihan Minuman Sehat Untuk Menjaga Imunitas Tubuh

1. Jus kombinasi kale dan tomat

Jus kombinasi kale dan tomatsumber : sehatq

Kata siapa membuat jus yang enak hanya dari buah murni? Kale biasa digunakan banyak orang untuk membuat jus berbahan sayur. kamu bisa mengkombinasikannya dengan jus tomat. Tomat bakal memberikan kamu nutrisi seperti magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, dan vitamin K. Nutrisi itu akan dilengkapi oleh kale yang memberikan mangan.

BACA JUGA : 20 Nama Jajanan Pasar yang Masih Eksis Sampai Sekarang

2. Jus kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk

Jus kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruksumber : medkomtek

Bayangkan jika cita rasa segar dari buah jeruk dikombinasikan dengan jus apel dan wortel. Buah sitrus, seperti jeruk, menjadi sumber vitamin C terbaik. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari ancaman kerusakan. Kombinasi buah-buahan ini dapat menghasilkan kandungan nutrisi yang beragam. Jeruk memberikan kandungan potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin B-9, dan zinc. Kamu juga bisa menggunakan varian Jeruk Bali, Jeruk Bali memberikan kandungan vitamin A, serta seluruh buah sitrus yang kaya akan vitamin C.

3. Air jahe, kunyit, dan cuka apel

Air jahe, kunyit, dan cuka apelsumber : meroketetapjaya

Jika kamu ingin menikmati minuman sehat dalam kondisi hangat. rasanya variasi air jahe-kunyit-cuka apel cocok dijadikan referensi olahan. Minuman sehat ini kaya akan bahan-bahan yang memiliki khasiat kesehatan dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dimilikinya. Cuka apel, misalnya, yang menghadang pertumbuhan patogen jahat dalam tubuh dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Bakteri usus yang sehat berperan dapat pembentukan sel-sel kekebalan tubuh. Sementara kunyit dan jahe sarat dengan kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antiseptik. Kunyit merupakan penyembuh alami. Sedangkan jahe berperan dalam meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

4. Jus buah bit dan jahe

Jus buah bit dan jahesumber : statically

Kamu bisa mengkombinasikan air jahe dengan jus buah bit. Bit menjadi salah satu buah dengan segudang khasiat, salah satunya untuk memperkuat imun tubuh. Bit yang digabung dengan jahe dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya akan menjadi kombinasi yang tepat sebagai immune booster. Mengutip Eating Well, minuman ini dapat mengurangi peradangan, yang merupakan respons imun terhadap infeksi virus atau bakteri

5. Jus stroberi, kiwi, dan susu skim

Jus stroberi, kiwi, dan susu skim

sumber : wanita22

Kata siapa minuman sehat memiliki cita rasa yang kurang lezat? Jus stroberi dan kiwi adalah alternatif minuman sehat lainnya yang kaya akan vitamin C dengan rasa yang menggiurkan. kamu bisa membuatnya menjadi smoothie dengan mencampurnya dengan susu skim. Susu skim sendiri kaya akan protein dan vitamin D. Beberapa peneliti menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan tingkat keparahan Covid-19.

6. Teh rempah

Teh rempahsumber : freepik

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah, kamu bisa membuat teh rempah dari berbagai varian rempah yang mudah ditemukan di pasaran. Minuman ini bersifat anti-mikroba, anti-inflamasi, dan kaya akan senyawa yang dapat membantu menangkal infeksi. Kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanis sesuai selera. Madu dikenal sebagai tambahan makanan yang kaya nutrisi, fitonutrien dalam madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Jus sayuran hijau

Jus sayuran hijausumber : blogpictures

Hayo siapa yang semasa kecil tidak suka makan makanan hijau? Padahal, sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, asam folat, dan jenis antioksidan lain yang dapat mencegah peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi. Haluskan semua bahan dengan blender dan tambahkan sedikit air. Disarankan untuk dikonsumsi sesegera mungkin. Kamu bisa menambahkan madu sesuai selera untuk penambah rasa manis.

8. Jus blueberry dan kubis

Jus blueberry dan kubissumber : okezone

Perpaduan sayur kubis dan buah blueberry bisa dijadikan referensi minuman sehat. Resep jus blueberry-kubis yang sehat ini sarat dengan antosianin yang mengandung antioksidan kuat untuk menjaga daya ingat kamu tetap tajam.

9. Kunyit latte

Kunyit lattesumber : detik

Kunyit yang biasa digunakan di dapur ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Studi tentang manfaat kesehatan kunyit, memang tidak diragukan. Kunyit bisa mengurangi peradangan. Cobalah mencoba alternatif baru dengan latte kunyit vegan yang terbuat dari susu almond dan dimaniskan dengan sentuhan sirup maple. Kamu bisa mengkombinasikan olahan minuman kunyit dengan beragam bahan tambahan untuk melahirkan cita rasa sesuai selera kamu.

10. Teh jahe dan lemon

Teh jahe dan lemonsumber : freepik

Rasa jahe yang pedas dengan asam segar dari buah lemon patut dijadikan pilihan olahan minuman sehat. Luangkan waktu sejenak dari hari kamu untuk menikmati teh yang dibuat dengan lemon dan jahe. Minuman ini lebih nikmat disajikan dalam kondisi hangat.

Berbagai pilihan resep minuman sehat di atas bisa kamu pilih sebagai teman petang bersama keluarga. kamu dan keluarga juga mengkonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

 

Leave a comment