Bisnis online telah banyak digandrungi masyarakat. Seolah hasil dan prospeknya yang menjanjikan, bisnis online dipilih sebagai salah satu pundi-pundi uang untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Sayangnya, tidak semua bisnis bisa dipilih terlebih dengan modal yang terbatas. Jangan khawatir, Anda tetap bisa memulai bisnis online dengan modal kecil lho!

BACA JUGA : Apa Itu Mukbang? Simak Fakta-Faktanya!

Beberapa Contoh Peluang Bisnis Online yang Bisa Anda coba dengan Modal Minim

1. Dropshipper

Mau jualan tapi tidak ada modal? Mau mulai bisnis tapi takut rugi? Jika Anda sering melakukan belanja online, pasti tidak asing dengan istilah dropship. Dropship merupakan jenis usaha di mana Anda dapat menjual barang atas nama Anda tetapi barangnya dikirimkan oleh pihak lain (supplier). Dari usaha bisnis online tanpa modal ini, Anda dapat memperoleh keuntungan dari harga yang Anda tetap kan sendiri. Tentu saja harga yang Anda tetapkan sebaiknya lebih tinggi jumlahnya dari harga asli. Sekarang ini, Anda juga akan dimudahkan dengan banyaknya e-commerce. Pasarkan saja produk Anda di semua media sosial dan e-commerce, maka pelanggan akan mendatangi Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu memikirkan persediaan karena stok dipegang oleh pemasok. Dengan begitu, Anda juga menghemat biaya gudang, sewa, pengendalian dan sebagainya. Maka tidak heran jika jenis usaha online ini banyak diminati. Anda bisa memulai dengan temukan barang yang akan dijual, buat akun di situs penjualan, buat akun media sosial, dan promosikan produk yang Anda jual. Sisanya Anda harus rajin-rajin mempromosikan akun jualan Anda agar laris manis!

2. Web Developer

Perkembangan digital yang semakin pesat membuat jasa teknologi digital juga semakin dicari salah satunya adalah web developer. Sebenarnya cukup mudah untuk membangun sebuah situs sendiri. Namun, kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian secara serius untuk mengerjakannya. Untuk menangkap peluang ini, maka dibutuhkanlah banyak jasa seorang web developer. Untuk menjadi seorang web developer, Anda hanya membutuhkan laptop, koneksi internet, dan kemampuan membuat situs. Para web developer ini memiliki gaji tinggi karena tingkat keahliannya yang tidak dimiliki semua orang. Semakin rumit situs yang mampu dibuat seorang web developer, semakin mahal harga yang dapat ditawarkan.

3. Pelatihan Secara Online

Sejak pandemi melanda, banyak sekali aktivitas yang dilakukan secara online termasuk bidang pendidikan dan pelatihan. Jika Anda memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan pada suatu ranah kompetensi tertentu, mengapa tidak membuat bisnis pelatihan online untuk mengembangkan minat dan bakat peserta pelatihan? Misalnya saja pelatihan bisnis, Anda dapat menggunakan keterampilan Anda untuk membantu pemilik bisnis baru memulai dengan awal yang baik dan membantu mereka yang mempunyai pertanyaan dan masalah bisnis. Untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan Anda dan mendatangkan klien, Anda dapat menulis artikel tentang bisnis di platform seperti LinkedIn.

4. Penjual Kerajinan Tangan

Jangan salah, produk-produk kerajinan tangan atau handicraft masih banyak digemari oleh orang-orang. Di samping unik, produk-produk kerajinan tangan juga memberikan nilai tersendiri bagi pelanggan yang memang benar-benar menyukainya. Seperti selimut rajutan atau barang pecah belah yang dicat unik akan memberikan kesan menarik untuk dikoleksi. Sama dengan penjual produk khusus, Anda bisa memanfaatkan Online Store atau e-Commerce sebagai media penyalur produk kerajinan Anda kepada pelanggan secara online. Anda juga bisa menggunakan bahan bekas yang dapat didaur ulang untuk meminimalisir modal yang keluar!

5. Catering Makanan Sehat

Pola hidup sehat tampak sudah menjadi tren saat ini, khususnya bagi anak muda. Sayangnya menyediakan makanan sehat seringkali menjadi kendala untuk menjaga pola hidup sehat. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Anda memulai bisnis catering makanan sehat. Anda bisa mendapatkan modal dari pembayaran awal yang dilakukan oleh pelanggan. Cita rasa yang bersaing ditambah pelayanan yang memuaskan dapat menjadi keunggulan bisnis catering Anda di mata pelanggan. Jangan lupa variasikan menu agar pelanggan Anda tidak bosan!

6. PPOB

PPOB adalah pelayanan untuk pembayaran tagihan-tagihan yang kita miliki. Entah itu air, listrik, TV kabel, internet, dan lain sebagainya. Keberadaan bisnis PPOB ini penting terutama bagi orang-orang di wilayah pedesaan atau sub urban.  Bisnis ini cukup menjanjikan karena secara umum hampir semua orang pasti memiliki tagihan. Agar dapat memperoleh keuntungan, Anda dapat memanfaatkan peluang usaha PPOB melalui aplikasi berbayar yang dapat memfasilitasi seluruh pembiayaan tagihan, mulai dari PAM, listrik, telepon, hingga PGN (gas). 

7. Bisnis Jasa Titipan

Peluang bisnis jasa titipan cukup menjamur di masa pandemi, khususnya untuk belanja kebutuhan rumah tangga. Promosinya pun bisa dengan memanfaatkan media sosial.  Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan peluang bisnis ini dengan menggunakan jejaring media sosial untuk mempromosikan harga produk atau keperluan rumah tangga yang mereka dapat dari supermarket ataupun e-Commerce yang dikunjungi. Pembatasan mobilitas masyarakat dan keengganan masyarakat untuk berada di tempat ramai, membuat bisnis jasa titipan menjadi pilihan bagi yang malas keluar rumah untuk membeli keperluan rumah tangga. Alhasil semua keperluan keluarga dipesan melalui orang yang menawarkan jasa titipan.  Bisnis jasa titipan ini bahkan bisa merambah sampai ke luar kota loh. Keuntungannya bisa diperoleh dari biaya transport dan ongkos kirim, bahkan harga diskon produk yang diberikan supermarket untuk pembelanjaan dalam nominal tertentu. Untuk menekuni bisnis ini Anda hanya cukup bermodalkan pengetahuan tentang promosi produk dan bisa memasaknya dengan semenarik mungkin agar ada orang yang tertarik membeli dan menggunakan jasa Anda. 

8. Keripik dan Camilan Pedas

Camilan pedas dan keripik nampaknya bisa menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan. Bisa dikatakan sebagian besar orang di Indonesia menyukai kudapan ringan berjenis keripik dan camilan pedas. Sebut saja krupuk seblak, mie lidi, makaroni pedas, basreng, usus crispy, keripik pisang, keripik singkong, dll. Penikmatnya pun datang dari berbagai segmen umur, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Pangsa pasar yang sangat luas dan tidak pernah sepi peminat, serta modal yang tidak terlalu banyak membuat bisnis ini semakin menjamur di mana-mana. Meski dengan modal kecil, keuntungan yang didapat tidak bisa diremehkan, pasalnya banyak yang bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah dari bisnis ini.

Camilan pedas sendiri kini banyak digandrungi oleh para kaum Millennial dan Gen Z. Dengan pangsa pasar tersebut Anda bisa memasarkan bisnis tersebut dengan cara tradisional dan secara online, baik di media sosial ataupun di e-commerce. Anda bahkan bisa mengajak para reseller untuk ikut memasarkan produk Anda agar pangsa pasar bisa lebih luas lagi.

9. Les Privat

Sekolah online terkadang menyulitkan siswa dalam memahami apa yang diajarkan oleh guru di kelas online. Alhasil, permintaan guru privat pun semakin membludak untuk membantu siswa belajar di luar jam sekolah. Jika Anda memiliki passion dan kompetensi dalam mengajar, Anda bisa mempromosikan kemampuan Anda dan membuka bisnis les privat. Siswa akan menghubungi Anda dan Anda bisa mulai mengajar!

10. Penerjemah

Bagi Anda yang memiliki keterampilan bahasa dan ingin memulai bisnis dengan tanpa modal, menjadi penerjemah bisa menjadi salah satu rekomendasi menarik. Anda bisa memulai dengan membuat poster terkait jasa penerjemah yang ingin Anda berikan disertai pricelist yang Anda tawarkan. Jangan lupa pasang kontak dan testimoni di sosial media Anda. Cuan tanpa modal nih ceritanya!

10 ide untuk peluang bisnis online di atas dapat dicoba oleh siapa saja termasuk Anda! Pastikan Anda menyesuaikan dengan kemampuan dan passion yang Anda miliki agar bisnis lebih mudah berkembang dan tumbuh besar. Selamat mencoba!

Leave a comment