Usaha kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Dengan sedikit kreatifitas saja, kamu sudah bisa mengembangkan berbagai ide makanan dan minuman baru, yang bisa menjadi trend baru. Kamu bisa mencoba memiliki usaha kuliner kekinian yang tentunya memiliki peluang keuntungan yang besar.

Memiliki usaha sendiri memang tidak selamanya nyaman. Akan tetapi ada juga sisi menyenangkannya, karena kamu bisa mengatur bisnis dengan bebas dan bisa mendapatkan peningkatan penghasilan yang lebih fleksibel & tinggi. Tentu hal ini hanya bisa terwujud jika kita mampu untuk mengikuti tren bisnis kuliner terkini.

Beberapa Ide Usaha Kuliner Kekinian yang Bakal Laris Manis

1. Martabak Mini

BACA JUGA : 5 Menu Makanan Praktis Untuk Diet, Sehat & Enak!

Pilihan usaha kuliner kekinian yang pertama adalah martabak mini. Masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan martabak manis dengan isi yang beragam sehingga rasanya menjadi lebih nikmat dan gurih.

Martabak mini yang memiliki ukuran kecil dari martabak biasanya bukanlah hal yang baru. Akan tetapi, kamu bisa berkreasi dengan membuat karakter martabak yang menarik dan beragam.

kamu bisa mencoba karakter animasi lucu seperti tweety, donal bebek, mickey mouse dan lainnya. Pastinya konsumen akan menjadi lebih tertarik pada usaha kuliner kamu dan pada akhirnya meraup untung yang besar.

2. Donat Mini

Donat berukuran mini juga bisa menjadi pilihan usaha kuliner kekinian bagi kamu masing-masing. kamu tinggal berkreasi apakah ingin membuat donat biasa ataupun donat kentang dengan ukuran mungil.

Donat tentu tidak sulit dibuat dan peralatan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan serta murah. kamu juga bisa menyediakan donat berbagai rasa sehingga lebih nikmat dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Jika kamu dapat memasarkan dengan baik maka usaha donat mini ini dipastikan akan sukses dan disukai banyak orang.

3. Kulit Ayam Kremes

Menu kulit ayam menjadi booming ketika diperkenalkan di KFC dan MCD beberapa tahun yang lalu. Karena itu menjadikan kulit ayam sebagai keripik kremes yang renyah dan lezat merupakan ide bisnis yang dipastikan memberikan keuntungan yang besar.

Keripik kulit ayam kremes ini bisa kamu kreasikan sehingga memiliki beragam rasa seperti pedas, balado, keju dan lainnya. Kemudian, memperoleh kulit ayam tidaklah sulit karena bisa dicari di pasar atau memesannya khusus kepada penjual daging ayam.

Pengolahannya tidak sulit sehingga kamu bisa berkreasi dengan mudah. Jika ingin produk ini dikenal secara luas maka pastikan kamu memakai packaging yang menarik dan menawarkannya secara online agar semakin mudah sampai ke tangan konsumen.

4. Takoyaki

Makanan ringan asal Jepang ini juga bisa menjadi pilihan usaha kuliner bagi siapa saja. Snack ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Jika dipadukan dengan kecap dan saus sambal maka rasanya akan menjadi lebih nikmat.

Selain itu, Takoyaki banyak dikenal masyarakat Indonesia sehingga kamu tidak perlu khawatir makanan ini akan laku atau tidak. Namun, pastikan cita rasanya enak sehingga mudah diterima oleh konsumen Indonesia.

Pada umumnya isi Takoyaki adalah potongan gurita. Namun, kamu bisa membuat kreasi baru dengan memberikan isian berupa potongan udang, cumi atau daging sesuai selera masing-masing. Akan tetapi, Takoyaki cukup sulit dijajakan secara online karena makanan ini paling nikmat ketika baru matang. Karenanya, lebih baik kamu menjual Takoyaki di tempat jajanan khusus yang ramai dikunjungi banyak orang.

5. Pisang Nugget

Pisang nugget yang dikenal enak dan lembut merupakan salah satu tren usaha kuliner kekinian. Karena jika diperhatikan maka jumlah penjual makanan semakin banyak. Karena, produk ini memiliki biaya produksi yang murah karena bahan utamanya buah pisang.

Selain itu, kamu bisa memberikan aneka kreasi sehingga terlihat lebih menarik dan rasanya lebih enak. kamu bisa memberikan pisang nugget original atau dengan toping yang berbeda seperti coklat, messes warna-warni, parutan keju, isian selai buah dan lainnya.

Bahkan kamu bisa membuat bentuk pisang nugget yang unik seperti hewan, dinosaurus, benda luar angkasa dan lainnya. Jadi, pisang nugget yang kamu jual memiliki nilai tambah yang besar dan bisa menarik minat banyak pihak.

6. Roti Bakar

Roti bakar merupakan usaha kuliner yang tidak akan pernah mati karena sampai kapanpun makanan ini tetap dinantikan terutama di malam hari. Karenanya kamu bisa mencoba roti bakar sebagai usaha kuliner saat ini.

Tentunya menjual roti bakar yang biasa bukan pilihan yang tepat karena jumlah pesaingnya sangat banyak. Oleh karena itu, kamu harus memiliki keunikan yang membedakan dengan para pesaing.

Salah satu caranya adalah dengan menyediakan berbagai varian rasa, mix rasa yang menarik dan enak, packaging yang baik atau memberikan diskon.

7. Seblak Mercon

Usaha kuliner kekinian lain yang bisa kamu coba adalah seblak yang merupakan jajanan khas Suku Sunda. Makanan ini cukup nikmat karena dapat dimasak dengan berbagai cara. kamu bisa menambahkan berbagai bahan tambahan seperti sosis, daging ayam, telur dan lainnya.

Tetapi, kamu bisa mencoba menyediakan seblak mercon yang dikenal akan rasa pedasnya yang nendang. Tentu menyediakan berbagai pilihan rasa dan tingkat kepedasan akan lebih baik sehingga konsumen kamu bisa memilih seblak yang mereka inginkan.

8. Martabak

Siapa sih yang tidak tahu dengan martabak. Kuliner satu ini terkenal dengan dua varian yaitu martabak manis dan martabak telur. Keduanya memiliki keunikan dan cita rasa yang berbeda-beda. kamu bisa fokus pada salah satu jenis martabak atau keduanya sekaligus.

Kuliner ini mirip dengan roti bakar karena tidak akan pernah mati. Selain karena familiarnya masyarakat Indonesia dengan martabak, makanan ini juga terus disajikan dengan kreasi yang menarik.

Martabak telur memang terlihat sama dengan lainnya namun kamu bisa membuatnya dalam ukuran mini sehingga bisa dijual lebih murah. Sedangkan martabak manis bisa disajikan dengan berbagai varian rasa, rasa campuran sampai 5 rasa dalam satu martabak, menyediakan martabak dengan warna berbeda (martabak black forest) dan lainnya.

kamu juga bisa menyediakan martabak mini yang pastinya lebih menarik banyak pihak terutama wanita dan anak-anak. Karena porsinya yang kecil membuat makanan ini mudah dimakan, dijual lebih murah, memakan bahan baku lebih sedikit dan pastinya memberikan untung yang besar.

9. Thai Tea Boba

Thai tea boba juga menjadi usaha kuliner kekinian yang layak untuk dicoba. Karena sebagian masyarakat Indonesia menyukai jenis teh ini. Jika dikreasikan dengan boba yang enak dan lembut maka peminatnya akan menjadi lebih banyak.

kamu bisa mencoba menjual thai tea tersebut dengan berbagai toping seperti pudding, remahan oreo, keju dan lainnya. Karena semakin banyak pilihan akan membuat konsumen semakin tertarik dengan produk yang kamu jual.

10. Sosis Bakar

Usaha kuliner berupa sosis bakar bukanlah hal baru di Indonesia. Selain rasanya yang enak dan gurih, sosis bakar juga bisa disajikan dengan berbagai cara. Pada umumnya sosis bakar disajikan dengan saus sambal dan mayones. Beberapa pedagang lainnya menyajikan sosis ini dengan balutan telur goreng, atau mie goreng.

kamu bisa menyediakan sosis dengan berbagai jenis mulai dari yang paling umum seperti merk Bimbo sampai merk lain yang ukurannya lebih besar dan mahal. Pilihan sosis ini tidak hanya memberikan untung lebih besar tetapi juga menarik perhatian calon pembeli. Biasanya mereka akan tertarik mencoba sosis lebih besar dan mahal karena rasanya dijamin lebih enak dari sosis biasa.

kamu bisa menjual sosis bakar di food court atau tempat yang ramai dilalui banyak orang. Tetapi, pastikan kamu melakukan uji coba rasa terlebih dahulu untuk mempertimbangkan rasanya sehingga layak disajikan kepada konsumen.

Berbagai pilihan tren usaha kuliner kekinian di atas bisa kamu coba menjadi pilihan usaha saat ini. Tren bisnis makanan tersebut diyakini memiliki peluang yang besar karena sering dicari banyak konsumen. Terlebih jika kamu bisa membuat kreasi yang menarik, enak dan bisa memasarkan dengan baik maka bisnis tersebut akan menjadi lebih menguntungkan.

Leave a comment