Setiap wilayah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Salah satu tempat terbaik yang bisa kamu jelajahi adalah Kota Semarang. Selain memiliki sejarah yang menarik, Kota Semarang juga memiliki ragam kuliner yang unik dan menggoda.

Wisata kuliner Semarang juga juga sangat bervariatif dari segi harga. Siapa bilang makanan enak harus mahal? Dengan budget yang murah, kamu pun bisa menemukan sajian-sajian yang lezat di kota ini. 

Berikut Kuliner Semarang Terbaik Dengan Harga Murah

1. Mie Ramor

Tempat kuliner terbaik pertama yang bisa kamu coba adalah Mie Ramor yang berada di Jl. Tri Lomba Juang No. 8, Semarang. Menu andalan dari tempat ini tentunya olahan mie seperti mie ayam lada hitam, mie ayam jamur, mie ayam bakso, anek bakso dan lainnya.

Setiap menu memiliki harga yang murah karena setiap makanan dibanderol mulai dari Rp16.500. Kamu bisa menikmati makanan yang ada baik itu sendiri atau bersama teman, orang terkasih dan keluarga.

2. Lumpia

Pilihan kuliner Semarang lainnya adalah lumpia yang ada di Gang Lombok. Lumpia ini memiliki rasa yang enak, gurih dan porsi yang besar. Tokonya buka dari pukul 08.00-17.00.

Pembelinya sangat banyak, bahkan tempatnya sering tutup sebelum waktunya. kamu bisa menikmati berbagai jenis lumpia mulai dari yang basah sampai yang renyah. Harganya sekitar Rp15.000. Walaupun cukup mahal tapi dipastikan kamu akan puas dan ketagihan menikmatinya.

3. Soto Bangkong Semarang

Soto bangkong juga merupakan salah satu kuliner yang tidak bisa kamu tinggalkan. Letak tokonya berada di jalan Bangkong (Sekarang Jl. Brigjen Katamso). Soto ini telah hadir dari tahun 1950 lalu sehingga tempatnya sangat terkenal dan tergolong legendaris di Semarang.

Soto ini terdiri dari bihun, ayam suwir, irisan bawang, bawang goreng dan kuah yang gurih dan lezat. Harganya juga sangat murah yaitu sekitar Rp10.000 per porsinya. Pastinya, kuliner ini sangat terjangkau bagi siapa saja.

4. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Kuliner Semarang lain yang wajib kamu coba adalah Mangut Welut di Warung Bu Nasima. Warung ini merupakan salah satu tempat makan rekomendasi dari Pak Bondan. Jadi, dapat dipastikan makanan yang tersedia di dalamnya pasti lezat.

Letak tempat makan ini berada di Jl. Menoreh Raya No.10 Sampangan, Semarang. Sesuai namanya, menu utama dari tempat makan ini adalah mangut welut (mangut belut).

kamu juga bisa mencoba menu ikan manyung yang memiliki cita rasak enak dan pedas. Setiap menu yang ada dibanderol sangat murah karena rata-rata dihargai sebesar Rp10.000. Jadi, wisata kuliner di sini sangat direkomendasikan.

5. Tahu Gimbal H. Edy

Pilihan kuliner klasik lainnya adalah tahu gimbal milik H. Edy. Harga seporsinya cukup murah yaitu Rp16.000 saja. Isinya terdiri dari tahu gimbal yang dipotong-potong, kol iris, bumbu kacang, bumbu pelengkap, tahu goreng dan lainnya.

Lokasi usaha H. Edy ini berada di kompleks Taman KB, Semarang. Jika kamu kesulitan mencarinya, maka bertanyalah di mana lokasi Tahu Gimbal Supeno dan masyarakat sekitar akan menunjukkan letaknya.

6. Nasi Ayam Semarang

Kuliner Semarang lain yang wajib kamu coba adalah nasi ayam Semarang (sego ayam). Menu ini memiliki porsi yang besar karena terdiri dari suwiran ayam, telur, krecek, sambal goreng, labu siam dan lainnya dan disiram dengan kuah santan.

Setiap menu yang ada dibanderol mulai dari Rp10.000 – Rp15.000 per porsinya. Jika kamu tertarik, maka datanglah ke Jl. Melati Selatan, Kota Semarang.

7. Warung Semawis

Pilihan lokasi kuliner lain berada di kawasan pecinan tepatnya di Jl. Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang. Tempat ini menyediakan pasar malam atau yang biasa dikenal dengan Warung Semawis. 

Tempat ini termasuk surganya kuliner karena kamu dapat mencoba berbagai jajanan pasar, makanan berat dan minuman yang segar. Karena pilihan makanannya sangat banyak maka kamu sebaiknya menyiapkan dana Rp50.000 agar bisa menikmati berbagai hidangan kuliner yang terdapat di Warung Semawis.

8. Asem-asem Koh Liem

Kuliner Semarang lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah asem-asem Koh Liem yang ada di Jl. Karang Anyar No. 20, Genuk, Semarang. Makanan ini termasuk legendaris di Semarang.

Mengapa? Karena cita rasanya yang enak dan unik. kamu bisa merasakan perpaduan antara rasa pedas, asam dan manis plus gurihnya daging. Seporsi asem-asem dibanderol sebesar Rp25.000.

9. Angkringan Kemebul

Tempat nongkrong yang selalu ramai di Semarang adalah angkringan Kemebul yang ada di Jl. Bendungan Raya No.115C, Semarang. Walaupun konsepnya sama dengan angkringan yang ada di Jogja atau Solo tetap angkringan Kemebul memiliki fasilitas yang lebih baik seperti adanya layanan Wifi, live music dan lainnya.

Kemudian, menu yang tersedia cukup beragam khas angkringan seperti aneka gorengan, nasi bakar, jajanan pasar dan lainnya. Pastinya rasa makanannya sangat enak. Harganya cukup terjangkau karena dengan uang Rp50.000 kamu bisa menikmati berbagai kuliner yang ada sampai kenyang.

10. Leker Paimo

Kuliner Semarang lain yang direkomendasikan adalah leker Paimo yang berada di Jl. Karang Anyar No. 37 tepatnya di depan SMA Loyola. Kue leker ini telah ada sejak tahun 1993 sehingga termasuk melegenda.

Harga kue leker ini dimulai dari Rp1.000 – Rp16.000. Kemudian, pilihan menunya cukup menarik karena memiliki berbagai toping seperti tuna, jagung, sosis manis, keju mozzarella, coklat dan lain-lain. 

Nah, itu dia 10 rekomendasi kuliner Semarang yang sangat sayang untuk dilewatkan bagi siapa saja yang berkunjung ke Semarang. Buat kamu yang ingin menikmati kuliner Semarang tanpa harus jauh-jauh ke Semarang, kamu sudah bisa mencari menu-menu di atas lewat aplikasi pesan antar secara online. Kamu bisa menggunakan aplikasi QoQi sebagai pilihan terbaikmu. Download aplikasinya di App Store maupun Play Store kamu sekarang. Selamat mencoba!

Leave a comment