Jajanan anak sekolah kerap kali dijumpai dengan mudah di sekitar lingkungan sekolah. Jajanan yang biasanya berada di depan sekolahan ini seringkali menggoda dan mengingatkan kita pada memori usia sekolah.

Para penjual pun selalu siap sedia di depan gerbang sekolah sambil menunggu anak-anak pulang sekolah. Pada waktunya pulang sekolah, anak-anak langsung menyerbu karena tergiur jajanan sekolah yang cukup lezat.

Sejumlah cemilan yang sudah ada ini pun begitu lengkap dari warisan jajanan jaman dulu hingga terbaru saat ini. Seluruh jajanan yang tersedia di depan gerbang sekolah ini memiliki cita rasa yang begitu lezat.

BACA JUGA : 16 Kuliner Bogor Legendaris yang Wajib Kamu Coba

Bukan hanya untuk anak kecil saja, bahkan orang dewasa pun pasti akan menyukainya dan kadang bisa dijadikan sebagai cemilan di rumah.

Berikut Daftar Rekomendasi Jajanan Anak Sekolah Untuk Santai di Rumah

  1. Cilok

Ciloksumber : sweet trip

Jajanan anak sekolah yang pertama ini adalah cilok, cemilan satu ini berasal dari kota Bandung. Terbuat dari bahan dasar tepung tapioka yang dibentuk menyerupai bulatan bakso kecil.

Cemilan ini pun biasanya sudah diisi dengan telur atau pun daging cincang. Untuk menambah cita rasanya, kadang dikasih bumbu saus kacang, kecap dan lainnya. Tahukah kamu jika cilok ini merupakan singkatan dari aci dicolok.

  1. Telur gulung

Telur Gulungsumber : fibercreme

Telur gulung masuk ke dalam cemilan favorit sepanjang masa dan mudah sekali kamu jumpai. Jajanan anak sekolah satu ini sempat viral beberapa tahun lalu dan masih tetap eksis hingga saat ini. Harganya pun relatif murah dan terjangkau serta proses pembuatannya pun tidak sulit, hanya siapkan telur dan tusuk sate, kamu sudah bisa membuatnya dari rumah.

  1. Tahu bulat

Tahu bulatsumber : kompas

Siapa yang tidak mengenal dengan jajanan satu ini, lagu yang begitu khas selalu terngiang di ingatan kita. Tahu bulat ini memiliki rasa yang sangat gurih serta bentuknya bulat dan pada bagian dalamnya kosong.

Tahu bulat ditaburi dengan bumbu keju, balado hingga BBQ sehingga memiliki rasa yang sangat lezat. Selain itu juga, pedagangnya pun tergolong unik dengan menjual tahu di atas bak mobil pick up dengan lagunya yang sangat viral.

  1. Pentol

Pentolsumber : IDN times

Jajanan anak sekolah satu ini merupakan nama lain dari bakso. Namun yang membuatnya berbeda adalah bisa disajikan tanpa kuah, serta tekstur pentol pun begitu kenyal di lidah.

Biasanya bahan dasar dari pembuatan pentol ini mirip dengan bakso yakni campuran antara daging sapi dan juga tepung. Bisa juga ditambahkan dengan tahu isi, pangsit serta saus dan juga kecap.

  1. Cilor

Cilorsumber : resep koki

Jajanan selanjutnya adalah cilor yang sudah cukup populer sekarang ini. Cilor ini merupakan aci yang sudah digoreng dengan dilumuri telur. Jajanan satu ini pun sangat laris manis serta memiliki tekstur kripsi.

Cilor yang sudah matang, biasanya ditambahkan dengan saus pedas dan juga saus yang terbuat dari bumbu kacang. Rasanya yang lezat ini sangat disukai nyaris semua kalangan.

  1. Telur pingpong

Telur Pingpongsumber : cookpad

Telur pingpong ini memang tampak seperti bola tenis meja yang kecil. Olahan dari telur ayam atau pun telur puyuh ini sangat lezat sekali ketika masuk ke dalam mulut.

Telur pingpong ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jajanan telur dadar, hanya saja bentuknya lebih kecil serta dimasak dengan cetakan bulat kecil. Isi di dalamnya pun cukup lengkap dengan wortel, sayuran hingga daun bawang, ditambah lagi dengan bumbu kecap dan juga saus pedas.

  1. Kue leker

Kue lekersumber : kompas

Jajanan anak sekolah satu ini memiliki cita rasa yang begitu banyak, mulai dari gurih, rasa asin dan juga pedas. Bentuk dari kue leker ini pun hampir sama seperti martabak manis, namun bedanya hanya pada ukuran serta ketebalannya saja.

Kue leker ini memang lebih tipis dan juga renyah. Biasanya ditambahkan dengan taburan keju, susu, meses yang membuat camilan ini sangat lezat. Sekarang, kue leker sudah banyak sekali variannya, dilengkapi dengan isi selai buah, sosis, daging, telur, dan juga pisang.

  1. Sosis bakar

Jajanan anak sekolahsumber : neztra

Selanjutnya cemilan yang bisa kamu nikmati di rumah adalah sosis bakar. Jajanan satu ini sudah tersedia berbagai ukuran, dari yang paling kecil, sedang sampai jumbo.

Bahan dasar dari sosis ini pun biasanya menggunakan daging ayam ataupun sapi. Kelezatan cemilan inipun ketika dipanggang dan dioleskan saus aneka rasa, mulai dari pedas, BBQ, blackpepper.

  1. Terang bulan

Jajanan anak sekolahsumber : remas nu

Jajanan anak sekolah berikutnya adalah terang bulan yang sudah ada sejak lama lho. Terang bulan ini merupakan jenis cemilan yang hampir mirip dengan martabak manis, namun sedikit berbeda dari bentuknya yang lebih tipis dan tidak tebal seperti martabak.

Saat membelinya, kamu bisa menambahkan topping seperti susu coklat manis, diolesi dengan selai aneka rasa yang menggugah selera.

  1. Mie Lidi

Jajanan anak sekolahsumber : shopee

Camilan satu ini pun sampai sekarang masih tetap eksis dan mudah sekali Anda temukan. Mie lidi ini memiliki bentuk yang lurus, panjang dan satu sama lain tidak menyatu, sehingga memang tidak mirip seperti mie instan pada umumnya.

Hadirnya cemilan ini pun sudah ada sejak dulu dan paling laris dibeli oleh anak sekolahan. Untuk sekarang, mie lidi sudah ditambah dengan aneka rasa yang menggugah selera, seperti rasa balado, BBQ, keju dan masih banyak yang lainnya.

  1. Sostel

sostel jajanan anak sekolah favoritsumber : Kumparan

Jajanan anak sekolah yang satu ini adalah salah satu jajanan terlaris di tanah air. Buat kamu yang belum tahu, sostel ini pada dasarnya adalah sosis bakar yang dibungkus oleh telur lalu disajikan dengan tusukan sate. Terdengar lezat bukan?

Itulah beberapa jajanan anak sekolah yang sampai sekarang masih sering kamu jumpai di gerbang sekolahan. Apa jajanan sekolah yang dahulu sering kamu beli dengan teman-teman semasa sekolah? Ada yang kangen gak nih masa-masa sekolah dulu?

Leave a comment