Negeri sakura sebagai julukan dari negeri Jepang, selain terkenal karena kemajuan teknologi dan kebersihan negaranya, juga memiliki deretan kuliner dan jajanan yang patut dicoba lho! Negeri Doraemon ini memiliki banyak jajanan khas dengan cita rasa yang tak kalah enak. Unik karena bentuknya, bahan dasarnya, serta bentuk penyajiannya yang khas menjadikan jajanan Jepang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya Udon dan Sushi yang telah banyak dikenal masyarakat tanah air, ternyata jajanan Jepang juga banyak yang populer lho!

BACA JUGA : 5 Kreasi Resep Ayam Kremes Yang Gurih, Renyah & Mudah Dibuat

Berikut Deretan Jajanan Jepang Yang Bisa Kamu Coba

  1. Okonomiyaki

jajanan jepang favorit okonomiyakisumber : New York Times

Okonomiyaki berbentuk seperti pancake yang diisi dengan bahan dasar apapun yang kamu suka. Okonomi sendiri berarti “apapun yang kamu mau” dan yaki berarti dipanggang atau dimasak. Bahan-bahan seperti kol, daun bawang, daging serta gurita biasanya resep yang dicampurkan ke dalam penggorengan. Selesai dimasak, Okonomiyaki disajikan dengan saus spesial ataupun mayonaise Jepang. Terdengar kaya cita rasanya, kamu bisa coba Okonomiyaki di Haruko Tako Takoyaki Okonomiyaki daerah Petukangan, Jakarta Selatan atau di Takoyaki dan Okonomiyaki daerah Pulo Gadung, jakarta Timur.

  1. Takoyaki

takoyaki menjadi jajanan jepang yang hitssumber : DetikFood

Berasal dari Osaka, jajanan pinggir jalan dengan bahan dasar tepung dan telur yang populer ini dimasak dalam putaran penggorengan hingga membentuk bola kecil dan dalamnya diisi dengan daging gurita. Di Indonesia, olahan takoyaki banyak dimodifikasi dengan varian isi yang beragam mulai dari daging sapi atau ayam, sosis, bakso, dan lainnya. Kamu bisa membeli takoyaki di Indonesia di beberapa outlet-outlet yang biasa ditemui di pusat perbelanjaan atau pinggir jalan lho!

  1. Shioyaki

jajanan hits shioyakisumber : Depositphotos

Shioyaki juga dikenal sebagai ikan tusuk. Penyajiannya sangat sederhana, ikan tenggiri tersebut hanya ditusuk dengan tusuk sate dan dibumbui dengan garam sebelum dipanggang. Simpel tapi nggak kalah lezat nih! Kamu bisa coba Shioyaki di Sushi Tengoku, Radio Dalam atau di Fish Chicken Beef, Grogol.

  1. Taiyaki

taiyaki menjadi jajanan jepang favorit di klangan milenialsumber : Dans la lune

Pancake berbentuk ikan favorit segala usia ini adalah salah satu jajanan pinggir jalan paling terkenal di Jepang. Kamu bisa memilih taburan yang diinginkan sesuai selera, entah itu manis atau gurih, seperti coklat atau keju. Kamu akan merasakan pasta kacang merah yang hangat di dalamnya. Cocok dijadikan cemilan sore bersama keluarga! 

  1. Yakisoba

jajanan jepang favorit yakisobasumber : Food Network

Jajanan Jepang lainnya yang patut dicoba adalah Yakisoba. Yakisoba termasuk jajanan tua dari Jepang, mie soba yang direbus sebelum digoreng dengan irisan daging dan tambahan saus spesial di atasnya. Biasanya akan disajikan dengan jahe merah sebagai pembersih usus sebelum Yakisoba masuk ke perut kamu. Wah, terdengar unik ya, patut kamu coba nih! Kalau kamu penasaran dengan Yakisoba bisa coba di outlet-outlet sushi kecintaan kamu!

  1. Kakigori

jajanan jepang favorit kakigorisumber : TokyoTreat

Jika sebelumnya banyak membahas tentang jajanan kali ini ada dari deretan minuman segar khas Jepang. Es serut dengan tambahan sirup atau taburan lainnya, mirip seperti Bingsoo (es serut dari Korea Selatan). Biasanya disajikan dengan saus stroberi ataupun nanas. Mungkin kalau di Indonesia mirip-mirip dengan es serut di depan SD lho. Kamu bisa coba Kakigori di Tokyo belly, Grand Indonesia.

  1. Tomorokoshi

tomorokoshi jagung bakar jepangsumber : IKIDANE NIPPON

Seperti manisan, jagung bakar yang dibumbui kuah miso, mentega dan kecap asin, para pecinta jagung pasti suka jajanan ini! Cara baru makan jagung nih, cobain ya!

  1. Jaga-Bata

jajanan jepang mendunia jaga-batasumber : japanese-products.blog

Eits, jangan salah, jajanan ini bukan dari batu-bata kok! Jajanan ini cukup sederhana terbuat dari kentang yang dikukus kemudian ditambahkan mentega dan bisa juga ditambahkan irisan jagung di atasnya, mantap kan!

  1. Yakitori

jajanan jepang enak yakitorisumber : Cooking with dog

Identik dengan jajanan ditusuk ala sate, opsi jajanan tusuk lainnya adalah Yakitori. Yakitori adalah jajanan sekali gigit yang dibumbui saus tare atau garam sebelum dibakar. Yakitori biasanya disajikan dari daging-dagingan atau juga sayur-sayuran, namun kamu akan lebih sering menjumpai yakitori dengan bahan dasar gyutan (lidah sapi) dan juga reba (hati ayam). Jajanan sehat nih mengandung banyak protein dan serat! Tapi kamu yang tidak biasa dengan jeroan, sepertinya harus lirik pilihan jajanan yang lain.

  1. Dango

dango jajanan favorit milenialsumber : Kitsune Golden

Dango cukup populer di Jepang. Mirip mochi, dango memiliki rasa manis dengan adonan yang lengket dan cocok sekali ditemani teh hijau. Sebelum masuk panggangan, adonan akan dibalur sirup. Sirup itu sendiri adalah campuran kecap asin, gula dan mirin (suatu bumbu dari Jepang). Perpaduan tekstur dan rasa yang unik dan menarik ya, penasaran kan?

  1. Gyoza

gyoza jajanan jepang favoritsumber : Live Japan

Berbagai negara memiliki varian dimsum mereka sendiri, dan Jepang memiliki gyoza. Dimsum versi Jepang ini biasanya digoreng dan disajikan dengan cuka dan kecap. Tidak heran kalau gyoza sekarang populer di seluruh dunia karena cita rasanya yang sangat lezat dan otentik.

Daftar jajanan Jepang tersebut patut untuk kamu coba, rugi banget kalau sampai tidak mencoba. Tidak semuanya harus mahal kok, banyak dari deretan jajanan Jepang yang mudah kamu temukan di pinggir jalan dengan harga relatif terjangkau. Jangan khawatir! Buat kamu yang belum sempat pergi ke Jepang, kini jajanan khas Jepang juga sudah banyak dijual di Indonesia lho! Berbagai modifikasi olahan kuliner Jepang juga akan kamu temukan di outlet-outlet yang menjual jajanan Jepang. 

Kamu bahkan bisa memesan berbagai jajanan Jepang secara online. Kini, sudah tersedia aplikasi pesan antar makanan secara online yang menyediakan begitu banyak pilihan, termasuk berbagai pilihan makanan Jepang. Kamu bisa memesan jajanan pilihan kamu melalui QoQi! Tanpa ribet dan lama, kamu bisa cicipi jajanan Jepang tanpa harus jauh-jauh terbang ke negeri Sakura. Asik kan! Tunggu apalagi? Download aplikasi QoQi di Google Play Store ataupun App Store dan pesan makananmu melalui QoQi sekarang juga!

Leave a comment