Kita harus pintar memilih cemilan untuk diet dan salah satu kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan adalah ngemil makanan manis dan tinggi kalori. Makanan manis bisa menyebabkan seseorang menderita obesitas. Bayangkan jika makanan yang demikian dijadikan camilan dengan frekuensi yang terbilang sering.

Lain halnya apabila kamu mengkonsumsi cemilan yang sehat, tentu resiko untuk obesitas akan minim, asalkan kamu juga tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Berikut ini 12 cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi, khususnya untuk kamu yang sedang diet.

BACA JUGA : Wajib Coba! Ini Dia 10 Jajanan Sultan Harga Merakyat

Berikut Daftar Cemilan Sehat Untuk Diet

  1. Kurma

Kurma termasuk cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari di waktu pagi, sebanyak 7 butir. Kurma sendiri mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalah protein, vitamin, dan juga zat besi.

  1. Kacang Almond

Kacang almond sudah lama dikenal sebagai cemilan yang sehat. Ada banyak kandungan yang ada pada kacang almond, seperti serat, magnesium, fosfor, kalium, hingga vitamin E yang bagus untuk tubuh.

  1. Telur Rebus

Cemilan yang satu ini hampir semua orang bisa membuatnya, karena telur dijual di banyak tempat, baik itu di warung maupun swalayan. Adapun untuk kandungan nutrisi, telur rebus mengandung protein, kalsium, zat besi, dan magnesium yang bagus untuk tubuh.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga ketika kamu mengkonsumsinya, kamu akan merasa kenyang. Meski mengenyangkan, oatmeal sangat baik bagi tubuh, khususnya untuk orang-orang yang sedang diet.

  1. Dark Chocolate

Coklat diyakini mampu menaikkan berat badan, namun hal tersebut tidak berlaku untuk dark chocolat. Alasannya, karena coklat yang satu ini justru mampu menekan nafsu makan. Selain itu, dark chocolate juga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

  1. Buah

Apabila saat ini kamu menjalani program diet dan ingin ngemil, maka kamu bisa memilih buah sebagai cemilannya. Seperti yang sudah diketahui, ada banyak nutrisi yang dimiliki oleh buah, baik itu apel, pisang, maupun jeruk.

  1. Sayuran

Tidak hanya buah saja yang bisa dijadikan cemilan, tapi sayuran pun juga bisa. Di antaranya adalah paprika merah dan kacang polong. Kalori yang ada pada keduanya pun cukup rendah. Paprika merah sebesar 37 kalori dan kacang polong sebesar 28 kalori.

  1. Yogurt

Hampir semua orang menyukai yogurt. Kabar baiknya, yogurt bisa dijadikan cemilan untuk diet. Yogurt sendiri bisa dipadukan dengan cemilan lainnya, seperti buah atau kurma sehingga cemilan sehat yang satu ini tetap terasa enak.

  1. Hummus

Hummus adalah cemilan yang terbuat dari chickpea yang dicampur dengan minyak zaitun dan biji wijen. Camilan ini merupakan sumber protein yang baik dan efektif untuk menurunkan berat badan.

  1. Keju

Meski menjalani diet, kamu tetap diperkenankan mengkonsumsi keju. Alasannya karena keju termasuk cemilan untuk diet. Namun yang harus diperhatikan, pastikan kamu mengkonsumsi keju yang rendah kalori atau yang dikenal juga dengan nama cottage cheese.

  1. Edamame

Edamame bisa dikonsumsi saat makan pagi atau siang, karena edamame akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Dengan begitu, program dietmu bisa berjalan dengan lancar. Edamame sendiri kaya akan nutrisi, di antaranya adalah magnesium, kalium, dan zat besi.

  1. Rumput Laut

Cemilan untuk diet terakhir yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan program diet adalah rumput laut. Rumput laut adalah makanan rendah kalori, namun tinggi akan serat, sehingga cemilan ini sangat cocok untuk dikonsumsi pelaku diet.

Itulah ke-12 cemilan sehat untuk diet yang bisa disebutkan. Meski sehat, kamu harus tetap mengkonsumsi seperlunya. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Sekalipun camilan tersebut terbilang sehat, pastinya akan membawa dampak yang buruk bagi tubuh.

Leave a comment