Sebagai Ibu kota sekaligus kota metropolitan pertama di Indonesia, Jakarta dengan semua hingar-bingarnya memiliki memori tersendiri bagi siapapun yang pernah kesana. Berbagai gedung pencakar langit dan gemerlap lampu-lampu kota tak menjadikan pesona street food Jakarta kehilangan daya tarik. Meskipun berada di Ibu kota, street food di berbagai pinggir jalanan Jakarta patut dijadikan pilihan kuliner, tanpa khawatir menguras kantong kamu. Eh, jangan salah, meski berada di pinggir jalan dengan harga relatif terjangkau, street food Jakarta memiliki citra rasa yang begitu lezat dan bersaing. Ulasan di bawah ini akan memberikan beberapa rekomendasi street food di Jakarta yang patut kamu coba!

BACA JUGA : Resep Ayam Taliwang Khas Lombok, Enak & Praktis

Berikut Street Food jakarta Dengan Harga Miring

1. Roti Bakar Eddy

Mungkin terdengar sangat sederhana karena hanya roti bakar saja, kamu pasti berpikir dimana-mana juga ada roti bakar. Tapi jangan salah! Banyak sekali penggemar kuliner yang begitu menyukai street food yang satu ini. Pasalnya roti bakar di sini berbeda dengan roti bakar lain. Sehingga bukan hal yang mengherankan kalau roti bakar eddy yang semula hanya dijajakan di daerah Blok M, kemudian sangat melegenda dan kini pun punya banyak cabang di Jakarta.

2. Mie Ayam Gondangdia

Mie ayam Jakarta termasuk menu yang sangat mudah ditemui dimana-mana bahkan di luar Jakarta sekalipun. Jika kamu termasuk pecinta mie ayam, maka mie ayam Gondangdia patut kamu jadikan daftar kulinermu. Mie ayam Gondangdia termasuk salah satu makanan pinggir jalan yang legendaris di Jakarta, pasalnya mie ayam yang dibuka sejak 1968 ini masih punya banyak penggemar hingga saat ini. Apalagi Mie Ayam Gondangdia juga punya citarasa yang benar-benar khas dan lezat.

3. Bubur Ayam Barito

Bubur ayam bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang patut dinikmati seraya menikmati pemandangan kota Jakarta baik pagi maupun menjelang malam. Nah, yang berbeda dari bubur lainnya adalah teksturnya yang sangat lembut dan dilengkapi dengan banyak topping. Harga Bubur Ayam Barito ini pun juga masih sangat terjangkau. Sehingga kamu tidak perlu khawatir kantong jebol. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencoba Bubur Barito ini di Jl. Gandaria Tengah III, warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 7 malam.

4. Warteg Warmo

Warteg atau warung tegal rasanya sudah bukan lagi hal asing di Jakarta. Warteg menjadi pilihan andalan bagi kamu yang ingin makan murah tapi mengenyangkan. Warteg Warmo menjadi salah satu warung tegal legendaris di Jakarta, sebab diketahui cukup banyak para artis terkenal dulunya pernah makan di warteg ini. Selain makanannya enak, di Warmo ini kamu juga benar-benar akan kenyang karena porsinya yang besar. Bahkan, harga untuk seporsi makanan yang dijual di Warmo ini cukup murah. Sesuai dengan namanya, warteg, maka aneka macam masakan akan kamu temukan. Warteg Warmo buka setiap harinya selama 24 jam. Jadi, kalo sedang lapar, jangan ditahan, langsung saja mampir ke Warteg Warmo.

5. Seafood Ayu

Jika kamu termasuk pecinta menu makanan seafood, maka seafood Ayu bisa menjadi salah satu rekomendasi yang patut kamu coba. Kamu bisa menemukan aneka olahan laut di tempat kuliner ini dengan puas. Meskipun didominasi oleh menu seafood, kamu tetap bisa menikmati hidangan lezat namun tetap ramah di kantong karena harganya yang relatif terjangkau. Seafood Ayu berlokasi di wilayah Jakarta Utara

6. Food Fighters

Bingung cari tempat untuk nongkrong bersama teman saat akhir pekan? Tempat kuliner Food Fighters ini bisa kamu pilih sebagai tujuan favorit. Berlokasikan di Jakarta Selatan, yakni di Blok M Square yang berdekatan dengan Fave Hotel, tempat ini selalu ramai dikunjungi para muda-mudi. Ada banyak makanan yang ditawarkan di Food Fighter ini, beraneka macam menu ini diantaranya Manohara, Mie Chio, Judas Kitchen, dan masih banyak lagi.

7. Pujasera Blok S

Siapa sangka di jalanan Senopati yang begitu ramai dan terlihat mahal, ada satu kawasan yang begitu terkenal atau bisa disebut hidden gems, yaitu Pujasera Blok S. Beraneka macam makanan mulai dari ayam goreng, nasi goreng sampai sate-sate bisa menjadi pilihan terbaik. Harga yang ditawarkan pedagang di sana tergolong masih murah, mulai dari Rp5000 hingga Rp30.000. Walau nongkrong di Pujasera Blok S, kamu terlihat seperti makan makanan mewah Senopati. Pujasera Blok S bisa ditemui tepat setalah lapangan Blok S.

8. Kuliner Pecenongan

Kamu bisa menemukan beraneka jajanan di Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, baik siang maupun malam. Namun kamu akan menemukan semarak kuliner yang lebih meriah dan menarik di jalan Pecenongan ini pada suasana malam hari. Bagi kamu yang sedang berada di Jakarta, jangan sampai melewatkan surga kuliner yang satu ini. Mulai dari seafood, Chinese food, dan masih banyak lagi. Bicara harga, kamu tidak akan dikecewakan berwisata kuliner di sini.

9. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Makanan ini rasanya sudah banyak diulas oleh berbagai kalangan pecinta kuliner. Nasi goreng kambing Kebon Sirih yang sudah dijual sejak 1958 menjadi salah satu street food Jakarta yang memiliki banyak penggemar. Rasa yang khas dengan kaya rempah-rempah. Nasi goreng kambing Kebon Sirih juga punya keunikan cara memasak yang menarik perhatian pelanggan. Pasalnya nasi ini dimasak dalam jumlah banyak sekaligus menggunakan wajan besar. Makanan ini bisa kamu temukan di pinggir jalan, tepatnya salah satu gang yang ada di jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

10. Nasi Uduk Kebon Kacang

Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas Betawi yang akan sering kamu temukan di Jakarta. Tapi beda cerita untuk Nasi Uduk Kebon Kacang yang telah berdiri sejak 1960. Nasi Uduk Kebon Kacang ini selain gurih, juga punya banyak pilihan lauk mulai dari ayam, tempe, jeroan dan lain-lain.

11. OTW Street Food

Kamu bisa menikmati berbagai pilihan kuliner di OTW Street Food. Aneka makanan yang bisa kamu temukan mulai dari OTW Rice, Martabak OTW, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir, harganya pun sangat murah, mulai dari Rp15 ribu hingga Rp30 ribuan. OTW Street Food ini berada di Kawasan Kelapa Gading.

12. Balai Pustaka

Balai Pustaka menjadi salah satu alternatif kuliner street food di Jakarta saat malam hari. Selain lezat, harga makanan disini juga ramah kantong. Di tempat kuliner Balai Pustaka ini, kamu akan menemukan sejumlah pedagang kaki lima dan beberapa restoran yang menawarkan masing-masing menu lezatnya. Balai Pustaka berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur.

13. Gultik

Gultik atau singkatan dari Gulai Tikungan ini memang banyak menarik para pecinta kuliner di Jakarta. Meski sudah memiliki nama, gulai sapi ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Namun sayangnya, makanan gultik ini hanya bisa dijumpai pada malam hari. Sesuai namanya, gulai ini memang dijajakan di pinggir jalan, tepatnya berada di tikungan jalan Kawasan Blok M Jakarta Selatan, sekitar Blok M Plaza dan GOR Bulungan.

14. Cafe Siang Malam

Kamu yang doyan nongkrong dari siang hingga malam, patut mampir ke Cafe Siang Malam. Sesuai dengan namanya, tempat kuliner yang satu ini memang buka dari siang hingga malam hari. Menu-menu yang disajikan cukup sederhana dan cocok untuk tempat nongkrong. Makanan yang dijual mulai dari ayam penyet, roti bakar, nasi sarden, dan masih banyak lagi. Cafe Siang malam ini terdapat di beberapa wilayah Jakarta, diantaranya Cafe Siang Malam 18 di Palmerah, Cafe Siang Malam 17 di Kemanggisan, Cafe Siang Malam di Tomang.

15. Bubur Kwang Tung

Bubur memang menjadi pilihan tepat saat ingin menyantap makanan hangat. Kamu bisa mampir ke Jalan Pecenongan No.671, Jakarta Pusat, untuk menikmati Bubur Kwang Tung untuk menyantap bubur lezat yang satu ini. Bubur ini diolah dengan berbagai macam campuran dari seafood khas Hong Kong. Tidak hanya terbatas bubur ayam saja, disini kamu juga bisa menikmati, bubur kepiting, bubur ikan, bubur sapi, dan lainnya. Jangan khawatir, kamu juga bisa memilih menu selain bubur, disini menyediakan berbagai pilihan menu masakan chinese food yang juga tidak kalah enak lho!

Selain tempat-tempat tersebut masih banyak lagi lho pilihan street food di Jakarta yang bisa kamu jadikan alternatif tempat nongkrong bersama teman-teman. Kamu juga bisa menikmati berbagai pilihan street food Jakarta dengan mudah melalui aplikasi QoQi. Pesanan kamu akan diproses dengan cepat dan praktis, kamu juga bisa memilih berbagai pilihan metode pembayaran seperti ShopeePay, OVO, Dana, maupun Gopay. Tidak hanya itu, berbagai promo menarik juga bisa kamu peroleh dari aplikasi QoQi. Kapan lagi makan enak, murah, dan praktis? Download aplikasi QoQi dan pesan makananmu sekarang juga!

Leave a comment