Bogor identik dengan sebutan kota hujan dan memiliki banyak tempat wisata, seperti Kebun Raya Bogor dan Puncak Bogor. Selain kedua tempat wisata tersebut, bogor juga memiliki beragam wisata kuliner, kalau berkunjung ke Bogor, pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai makanan dengan cita rasa yang unik dan khas. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, berbagai kuliner Bogor memiliki harga yang ramah di kantong baik untuk wisata kuliner maupun sebagai buah tangan.

Berikut Rekomendasi Kuliner Bogor Yang Wajib Kamu Coba

1. Asinan Bogor Gedung Dalam

Asinan Bogor Gedung Dalamsumber : pinterest

Siapa coba yang belum mengenal asinan Bogor? Asinan Bogor menjadi kuliner yang sangat lekat dengan kota ini. Banyak sekali penjual asinan Bogor yang bisa kamu temukan, salah satunya yang paling legendaris adalah asinan Bogor Gedung Dalam. Gedung Dalam dikenal sebagai kawasan bersejarah khususnya di kalangan etnis Tionghoa. Pada awal berdirinya di tahun 1875, Gedung Dalam digunakan untuk menampung orang-orang Tionghoa yang memiliki marga Tan. Lalu, memasuki era 1970, gedung yang berada di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur ini mulai dikenal sebagai pusat wisata kuliner Kota Bogor termasuk jajan asinan.

BACA JUGA : 10 Jajanan Pasar Yang Tidak Mudah Basi, Aman Untuk Disimpan

Ada dua jenis asinan yang bisa pengunjung coba yaitu asinan sayur dan buah. Bedanya, asinan sayur berisi mentimun, kol, wortel, dan tauge, sedangkan asinan buah terdiri dari nanas, bengkoang, pepaya, dan ubi. Kedua asinan ini memiliki rasa yang asam dan sedikit pedas, kamu bisa request sesuai selera.

2. Soto Mie Bogor Mang Ohim

Soto Mie Bogor Mang Ohimsumber : detik

Kuliner soto memang banyak ragamnya di berbagai daerah, salah satunya adalah soto mie yang ada di Bogor. Soto mie yang terkenal di Bogor adalah Soto Mie Mang Ohim di Jalan Taman Cimanggu No 22, Kedung Waringin. Kuliner Bogor yang satu ini sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di Kota Bogor, Jawa Barat. Satu porsi soto berisi mie bihun, wortel, kentang, lobak, kikil, dan potongan risol. Berbagai lauk-pauk disiram kuah bening, lalu disajikan dengan bawang goreng dan potongan daun bawang. Potongan risol pada soto mie ini yang membuat Soto Mie Mang Ohim begitu gurih dan berbeda dari soto lainnya.

3. Doclang Mak Icoh

Doclang Mak Icohsumber : cari makan aja

Doclang termasuk kuliner Bogor yang cukup langka dan susah ditemukan. Doclang merupakan makanan yang mirip dengan ketoprak dan kupat tahu. Kuliner Bogor satu ini berisi potongan ketupat, tahu, kentang, dan tambahan telur yang diberi siraman sambal kacang. Ketupat yang digunakan dalam sajian doclang dibungkus dan dimasak dengan menggunakan daun patat. Kamu bisa mencicipi Doclang Mak Icoh di kawasan Jalan Mantarena Jembatan Merah, Bogor.

4. Roti Unyil Venus Bakery

Roti Unyil Venus Bakerysumber : paxel

Jika kamu pernah dibawakan oleh-oleh roti unyil maka bisa dipastikan roti tersebut dibawa dari Kota Bogor. Roti unyil bisa didapat dengan mudah di outlet-outlet Venus Bakery yang menjualnya. Dinamakan roti unyil karena roti ini memiliki ukuran yang mini. Roti ini dapat dinikmati hanya dalam sekali lahap.

5. Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriangsumber : IDN Times

Meskipun kue lapis begitu banyak dan mudah ditemukan di berbagai daerah, namun lapis Bogor tetap menjadi salah satu kuliner khas Bogor yang sering dijadikan oleh-oleh. Lapis talas yang paling terkenal di Bogor adalah Lapis talas Bogor Sangkuriang. Perbedaan lapis Bogor dengan lapis lainnya adalah lapis Bogor terbuat dari umbi talas. Lapis Bogor biasanya disajikan dalam berbagai jenis topping dan rasa mulai dari coklat, keju, dan stroberi.

6. Laksa Bogor Pak Inin

Laksa Bogor Pak Ininsumber : makan apa hari ini

Seporsi laksa dengan telur rebus hanya dibanderol Rp10.000. Laksa Bogor dilengkapi sepotong tahu kuning, sebutir telur rebus dan taburan serundeng. Isiannya bihun, tauge, daun kemangi dan remahan oncom. Pak Inin hanya menawarkan laksa sebagai menunya, tapi pengunjung bisa memilih ingin laksa dengan atau tanpa telur rebus. Laksa Bogor Pak Inin cukup terkenal di kalangan wisatawan kuliner Bogor, dalam sehari pemiliknya bisa menghabiskan 300 buah ketupat dan 25 lembar oncom merah.

7. Sop Buntut Mak Emun

Sop Buntut Mak Emunsumber : unilever food solutions

Suasana kota hujan rasanya sangat pas ditemani dengan semangkuk sop lezat yang menghangatkan tubuh. Sop buntut merupakan salah satu wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang cukup terkenal dan menggugah selera. Salah satu penjual sop buntut yang legendaris di kota Bogor, yaitu sop buntut Mak Emun. Sop buntut tersebut sudah berdiri sejak 1960-an. Jika ingin mampir, cukup datang ke jalan Jenderal Sudirman No. 48, Bogor Tengah, Bogor.

8. Lumpia Basah Suryakencana

Lumpia Basah Suryakencanasumber : genpi

Selain dari Semarang, Bogor juga dikenal dengan kuliner lumpianya. Lumpia Jalan Suryakencana merupakan olahan lumpia basah berisi bengkoang, tahu goreng, tauge dan telur. Lumpia yang satu ini cukup legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1972. Berbeda dengan lumpia pada umumnya, lumpia basah Suryakencana mempunyai rasa dan juga aroma yang sangat khas.

9. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusufsumber : pontas id

Selain soto mie, soto kuning Pak Yusuf yang berada di bogor juga termasuk kuliner andalan kota bogor sejak tahun 1977. Meskipun dijajakan dengan konsep kaki lima, disini kamu bisa merasakan soto yang memiliki kuah sangat lezat dan gurih. Selain itu, kamu juga bisa memilih daging yang melimpah. Tapi kamu harus rela antri ya jika datang kesini karena peminatnya yang meluber!

10. Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumatsumber : kompas

Cungkring adalah salah satu makanan khas bogor yang konon katanya sudah hampir punah. Cungkring sendiri mempunyai arti kikil sapi dalam bahasa sunda. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu mulai dari Rp 3.000 saja. Sedangkan waktu operasionalnya mulai dari jam 07.00 sampai habis. Cungkring Pak Jumat bisa disantap di Jl. Suryakencana No.285, RT.04/RW.02, Babakan Ps., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

11. Pia Apple Pie

Pia Apple Piesumber : instagram pia apple pie

Pia Apple Pie bisa kamu cicipi di Bogor dengan cita rasa yang lezat. Beberapa varian lain yang ditawarkan diantaranya adalah chicken pie, apple pie, chocolate pie, cheese pie dan masih banyak lagi. Bahkan hampir setiap pendatang yang berkunjung pastinya mencicipi pie ini karena mempunyai rasa yang unik. Pia Apple Pie bisa kamu cari sebagai oleh-oleh di Jl. Pangrango No.10, RT.04/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

12. Lasagna Gulung

Lasagna Gulungsumber : zomato

Tidak melulu makanan tradisional, Bogor juga memiliki andalan kuliner dari keluarga pasta. Keunikan lasagna Bogor adalah diolah dengan cara digulung bersama keju, saus tomat khas lasagna dan juga susu. Selain lasagna, di tempat ini kamu juga bisa menemukan menu favorit lainnya seperti roll cake, ikan asin, nasi kukus, bistik tuna, salad gulung, cannelloni, sandwich dan lain lain.

13. Makaroni Panggang

Makaroni Panggangsumber : kompas

Tidak kalah tenarnya, makaroni panggang sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Bogor. Macaroni panggang adalah nama dari makanan sekaligus salah satu café di Bogor. Disini kamu bisa menikmati makaroni yang melalui proses panggang kemudian disajikan diatas aluminium foil. Selain makaroni, café ini juga menawarkan beberapa menu favorit lainnya. Beberapa diantaranya adalah iga panggang, otak-otak panggang, nasi goreng, ayam panggang, salad dan omelette.

14. Resto Cimory

Resto Cimorysumber : data wisata

Siapa yang tidak tahu Cimory? hampir setiap weekend jalanan puncak dipadati kendaraan dari berbagai daerah, Resto Cimory menjadi pilihan yang tepat untuk berkunjung bersama keluarga di akhir pekan. Tempat ini menawarkan pemandangan Kota Bogor dari ketinggian tertentu, resto ini sangat cocok dikunjungi saat malam hari.

15. Tauge Goreng Hj. Omah

Tauge Goreng Hj. Omahsumber : zomato

Tauge Goreng merupakan kuliner Bogor yang sangat legendaris. Kuliner khas Bogor ini berisi tauge yang dicampur mie dan kuah yang terbuat dari oncom merah, tauco dan kecap manis. Salah satu tempat legendaris untuk menikmati tauge goreng adalah Tauge goreng Hj. Omah yang sudah ada sejak tahun 70-an. Mau mencicipi makanan legendaris ini bisa langsung datang ke Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah

16. Martabak Air mancur

martabak air mancur street food bogor melegendasumber : sentul.city

Untuk kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga warga Bogor ataupun kalian yang sering berkunjung ke Bogor. Gerai martabak ini sudah berdiri lebih dari satu dekade. Fakta itu membuktikan bahwa rasa dan kualitas martabak Air Mancur ini tidak perlu diragukan lagi. Baik martabak telur maupun martabak manisnya sangat lezat. Untuk kamu yang sedang diet kuliner mungkin ini akan menjadi godaan terberatmu!

Nah, jadi wisata kuliner Bogor manakah yang sudah pernah kamu coba atau akan menjadi daftar kunjungan kamu kedepannya? Tentunya Bogor masih banyak memiliki ragam pilihan wisata kuliner lain dengan cita rasa enak dan harga ramah di kantong selain daftar di atas.

Buat kamu yang jauh dari Bogor, kamu juga sudah bisa menikmati kuliner khas Bogor melalui pemesanan secara online lewat aplikasi pesan antar. Salah satu yang bisa kamu coba adalah aplikasi QoQi. Bahkan kamu juga sudah bisa menemukan & mencicipi berbagai makanan khas daerah lainnya di dalamnya. Kamu juga bisa lho menikmati berbagai promo spesial dari aplikasi QoQi. Mau makan enak dan hemat? Download aplikasi QoQi dan pesan makanan kamu sekarang juga melalui QoQi!

Leave a comment