Aneka kerupuk kerap kali tersedia di berbagai tempat. Kerupuk menjadi salah satu pelengkap pada saat kita menyantap suatu hidangan. Memang terkadang sebagian orang merasa makan kurang lengkap bila tidak ada kerupuk.

Ingin menambah selera makan jadi lebih nikmat lagi, Anda bisa langsung mencoba 17 jenis kerupuk yang sudah kami rangkum di bawah ini. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1.Kerupuk Udang

kerupuk udangSumber : Merdeka

Seperti namanya, jenis kerupuk udang ini terbuat dari campuran bahan tepung tapioka, udang serta bumbu penyedap lainnya. Bentuk dari kerupuk ini juga beragam, ada yang bentuk seperti bulan sabit, lonjong hingga berbentuk bulat.

BACA JUGA : Informasi Terlengkap Seputar Makanan Tidak Sehat: Ciri, Contoh & Dampaknya

Kerupuk udang ini bisa dijumpai di warung – warung hingga supermarket dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk di warung biasanya dengan harga Rp.2.000 per biji.

2.Kerupuk Gendar

kerupuk gendarSumber : Kompas

Selanjutnya ada kerupuk gendar dengan bahan dasar terbuat dari adonan nasi. Ditambah dengan beberapa resep rempah – rempah sehingga menyajikan cita rasa yang gurih dan renyah.

Harga dari kerupuk gendar juga murah, biasanya dijual dengan harga seribu rupiah per biji.

3.Kerupuk Bawang

kerupuk bawangSumber : Merdeka

Jenis kerupuk satu ini memang terbuat dari bahan dasar bawang dengan tepung tapioka. Cita rasa dan aroma yang khas dari kerupuk ini juga begitu nikmat. Ditambah lagi dimakan berdampingan dengan nasi panas.

4.Kerupuk Ikan

kerupuk ikanSumber : Kompas

Kerupuk ikan ini biasanya mudah ditemukan di pusat oleh – oleh atau pasar swalayan. Terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri dengan bentuk bulat kecil berwarna putih.

5.Kerupuk Puli

kerupuk puliSumber : IDN Times

Kerupuk puli terbuat dari bahan dasar beras. Bentuk dari kerupuk puli ini sengaja dibuat tipis dan sangat renyah sekali saat disantap.

6.Kerupuk Palembang

kerupuk palembang Sumber : Merdeka

Kerupuk Palembang terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung ditambah lagi dengan beragam bumbu yang sedap. Cita rasa dari kerupuk ini jelas berbeda dengan lainnya

7.Kerupuk Rambak

kerupuk rambakSumber : TIMES

Kerupuk rambak ini memang berbeda dengan yang lainnya. Terbuat dari bahan kulit sapi dengan bagian dalam kerupuk yang kosong. Kerupuk ini begitu nikmat ketika bersanding dengan masakan padang lho.

8.Kerupuk Ikan Tenggiri

Kerupuk Ikan TenggiriSumber : Lipuntan6

Kerupuk ikan tenggiri dengan bahan dasar dari ikan tenggiri dicampur dengan tepung tapioka. Cita rasa kerupuk ini begitu khas karena dominan dari bahan ikan tenggiri.

9.Kerupuk Pedas

kerupuk pedasSumber : IDN Times

Jenis kerupuk satu ini berbahan dasar dari ikan dan tepung tapioka. Uniknya, kerupuk ini ditambah dengan bumbu bubuk pedas sehingga sangat menikmati sekali disantap.

10.Kerupuk Kemplang

Kerupuk-KemplangSumber : Cookpad

Kerupuk satu ini berasal dari daerah Palembang. Berbahan dasar dari campuran tepung kanji, ikan tenggiri dan bumbu tambahan lainnya. Aroma dan citarasa yang khas di dapatkan dari ikan tenggiri sehingga begitu nikmat.

11.Kerupuk Putih

kerupuk putihSumber : Buka Review

Jenis kerupuk satu ini menjadi salah satu kerupuk yang sangat mudah Anda temui. Bentuk yang bulat dengan warna dominan putih. Biasanya di tempatkan pada wadah kaleng biru di warung – warung.

12.Kerupuk Jengkol

Kerupuk JengkolSumber : Kumparan

Jenis kerupuk jengkol, sesuai dengan namanya kerupuk ini berbahan dasar dari jengkok. Jengkol yang sudah direbus, lalu ditumbuk sampai halus dan dicampurkan dengan tepung tapioka dan penyedap rasa lainnya.

13.Kerupuk Kluntung

Kerupuk KluntungSumber : Kompas

Kerupuk satu ini terbilang cukup unik dengan bentuknya yang melingkar hampir mirip dengan rumah keong. Kerupuk ini berasal dari daerah Banyuwangi, terbuat dari bahan dasar tepung kanji, tepung beras dan bumbu penambah lainnya.

14.Kerupuk Mie

Kerupuk mieSumber : Wikipedia

Siapa yang tidak suka masakan mie? Sekarang sudah ada kerupuk mi dengan kombinasi warna kuning dan berbentuk memang menyerupai mi. rasanya yang sangat gurih dengan pelengkap asinan khas betawi sangat nikmat untuk disantap.

15.Kerupuk Opak

Kerupuk OpakSumber : Kompas

Kemudian ada kerupuk opak, jenis kerupuk yang berasal dari Sunda. Terbuat dari bahan tepung beras ditambah dengan bumbu lainnya.

16.Kerupuk Pasir

Kerupuk PasirSumber : Bobo

Selanjutnya ada kerupuk pasir yang mudah dikenali dengan warna – warni kerupuk yang berbeda dengan lainnya. Kerupuk ini sangat mudah ditemukan di pasar di daerah Jawa Timur lho. Rasa asin dari kerupuk ini membuatnya terasa lebih renyah.

17.Kerupuk Macan

Kerupuk MacanSumber : Cookpad

Jenis kerupuk yang terakhir ini dengan nama yang rada seram, namun memiliki cita rasa begitu lezat. Kerupuk macam memiliki bentuk bulat kecil, sangat cocok untuk dijadikan cemilan lho.

 

Leave a comment