Jajanan khas bandung bisa dijadikan sebagai pilihan wisata kuliner pada saat Anda berkunjung ke ibu kota provinsi Jawa Barat. Selain menawarkan beragam macam keindahan alam dan tempat bersejarah lainnya. Kuliner yang ada di kota satu ini layak untuk dicoba.

Makanan khas kota Bandung memang sudah terkenal akan kelezatan serta variatif yang begitu tinggi. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangatlah bersahabat di dompet.

BACA JUGA : Tren Bisnis Makanan Dengan Modal Minim

Kali ini kami akan membahas seputar daftar dari 17 jajanan khas Bandung yang layak untuk Anda cicipi saat berkunjung ke sana.

Berikut Daftar Jajanan Khas Bandung Yang Wajib Kamu Coba

1. Surabi

Kue Serabisumber : pinterest 

Kue surabi menjadi salah satu dari jajanan khas Bandung yang cukup populer. Sekarang ini surabi sudah tersedia berbagai varian rasa, topping serta tampilan yang begitu imut. Inilah alasannya mengapa jajanan satu ini selalu dicari oleh para wisatawan di kota Bandung.

2. Gehu Jeletot

Jajanan khas bandung sumber : genpi 

Khusus bagi Anda yang menyukai cita rasa pedas, jajanan Gehu Jeletot ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Jajanan satu ini tergolong masih baru di kota Bandung dengan rasa yang gurih dan juga pedas. Di dalamnya sudah lengkap dengan wortel, sayur kol, serta daging sapi cincang yang bakalan menambah cita rasanya.

3. Colenak

Colenaksumber : indozone 

Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan tape bakar, jajanan satu ini sudah banyak tersedia di berbagai daerah. Anda bisa membayangkan tape singkong yang sudah dibakar, lalu dicampur dengan gula merah serta parutan kelapa.

4. Gepuk

Gepuksumber : google sites 

Gepuk terbuat dari bahan dasar daging sapi yang begitu lezat. Saat menyantap hidangan ini ditambah dengan nasi hangat serta sambal yang cukup menggugah selera. Anda pun bisa menambahkan beberapa bahan lainnya seperti beef salty dan juga chicken spicy.

5. Cuanki

Cuankisumber : food detik

Yang satu ini hampir sama dengan bakso malang. Dalam satu mangkok Cuanki sudah lengkap dengan bakso, pangsit rebus dan goreng, bakso goreng, aci dan juga siomay. Ditambah dengan daun bawang dan juga seledri, cuanki ini terasa lebih bening dan gurih.

6. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembangsumber : pergikuliner 

Lembang menjadi salah satu daya tarik wisata di Bandung. Di sana pun sudah tersedia jajanan yang begitu khas, yakni tahu susu lembang. Cemilan satu ini bisa Anda jadikan oleh – oleh karena memiliki tekstur sangat lembut.

7. Karedok

Karedoksumber : merdeka 

Karedok menjadi jajanan yang memiliki nilai gizi cukup tinggi serta menyehatkan. Bahan dasar pembuatannya, proses pengolahan serta penyajian masakan tersebut penuh dengan kesegaran. Ditambah lagi jika Anda suka pedas bisa menaikkan level kepedasannya.

8. Nasi Timbel

Nasi Timbelsumber : orami 

Kuliner satu ini dibungkus dengan daun pisang sehingga memiliki rasa yang begitu khas. Saat Anda membuka bungkusannya sudah terdapat nasi putih hangat dan bisa langsung dinikmati beserta dengan ikan atau daging, tahu tempe, sambal serta lalapan segar lainnya.

9. Nasi Tutug Oncom

Jajanan khas bandung sumber : republika 

Dari namanya saja mungkin Anda sudah apa saja yang akan disajikan oleh kuliner berikut ini. Nasi putih akan ditumbuk dan juga dicampur dengan oncom. Setelah itu bisa juga dengan tambahan lauk pauk lainnya menyesuaikan dengan kesukaan Anda.

10. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leuncasumber : harapan rakyat online 

Masakan satu ini terkenal dengan rasanya yang sangat renyah dan gurih, sedikit pahit dan juga pedas. Pertama kali Anda mencoba pasti akan terasa sedikit berbeda dengan masakan lainnya. Anda bisa menambahkan oncom  untuk dijadikan sajian menu pelengkap di sini.

11. Mie Kocok

Mie Kocoksumber : travel kompas

Jajanan khas bandung selanjutnya adalah mie kocok. Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini akan disajikan dengan proses pembuatan mie yang dikocok serta lengkap dengan segala macam isian sebagai topping dan pelengkap dari mie tersebut.

12. Bandros

Bandrossumber : tribun travel 

Bandros terbuat dari campuran bahan tepung beras dan juga santan yang dibentuk hampir menyerupai seperti kue pukis lengkap dengan rasa yang begitu gurih. Anda bisa juga menambahkan dengan taburan gula pasir untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.

13. Peuyeum

Peuyeumsumber : kompas

Jajanan khas Bandung satu ini memang sudah identik dengan kota kembang. Kuliner satu ini terbuat dari tape dengan kandungan air yang lebih sedikit. Hal inilah yang membuat peuyeum bisa bertahan lebih lama. Jajanan ini bisa Anda makan secara langsung.

14. Wajit

Jajanan khas bandung sumber : cookpad

Cocok dijadikan sebagai oleh – oleh untuk keluarga Anda dirumah. Cemilan satu ini terbuat dari bahan dasar beras ketan, kelapa, vanili dan juga gula aren yang sudah sangat populer di daerah Bandung Barat.

15. Pisang Bolen

Pisang Bolensumber : google sites 

Pisang bolen menjadi salah satu dari jajanan yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Cita rasa dari kuliner satu ini pun berbeda dengan pisang pada umumnya sehingga akan mengingatkan Anda pada kota Bandung lho.

16. Es Goyobod Kliningan

Es Goyobod Kliningansumber : pergikuliner

Jajanan selanjutnya bisa disajikan saat Anda sedang haus. Perpaduan dari adonan bahan sagu aren kenyal, ditambah dengan kuah santan, susu kental manis serta serutan es batu. Anda bisa juga menambahkan dengan buah alpukat, roti tawar, kelapa muda dan masih banyak lagi lainnya.

17. Yogurt

Jajanan khas bandung sumber : fakta news 

Selanjutnya kuliner yang begitu cocok untuk lepaskan dahaga saat berkeliling kota Bandung. Untuk minuman melegenda satu ini sudah bisa Anda temukan di berbagai tempat di kota Bandung lho. Selain menyehatkan, minuman ini cukup begitu menyegarkan.

Itulah beberapa daftar dari jajanan khas Bandung yang bisa Anda cicipi pada saat berlibur ke kota kembang yang sangat mempesona.

Leave a comment