Nama Jajanan Pasar yang ada di Indonesia sekarang ini sangatlah beragam. Negara kita memang sudah terkenal dengan berbagai ciri khas serta keunikan kulinernya.

Di beberapa daerah pun memiliki ragam kuliner dengan ciri khasnya tersendiri, jajanan tersebut dapat dengan mudahnya dinikmati oleh penduduk setempat maupun wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Salah satu jajanan yang populer dan tidak lekang oleh waktu adalah kuliner yang ada di pasaran. Jajanan pasar ini merupakan sebutan untuk berbagai macam jenis cemilan bisa dengan mudah Anda temukan di pasar.

Meskipun jajanan pasar ini masuk ke dalam kategori makanan tradisional, ternyata hingga saat ini pun masih begitu populer dan selalu ditambah dengan kreasi yang cukup menarik.

Berikut  Daftar Nama Jajanan Pasar Yang Masih Eksis

  1. Kue Putu

Kue Putusumber : tempo

Kue putu mungkin sudah banyak orang yang tahu dengan nama jajanan pasar satu ini. Kue putu ini merupakan kue yang berisikan parutan kelapa, tepung besar dengan butiran kasar, serta ditambah dengan gula jawa.

Kue putu ini dibuat dengan cara di kukus tepat di dalam bambu, biasanya akan dijual pada saat petang menjelang malam hari.

  1. Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayusumber : merdeka

Bila dibandingkan dengan kue putu biasanya, jajanan pasar satu ini relatif tidak mudah basi dan mudah sekali kamu temukan di pasar maupun toko. Kue putu ayu ini dibuat dalam cetakan berbentuk bunga sehingga bentuknya pun begitu cantik sesuai dengan namanya.

Rasa dan juga tekstur dari jajanan ini sedikit berbeda dengan putu bambu. Kue putu ayu ini terbuat dari bahan campuran tepung beras dan juga tepung ketan.

  1. Klepon

Kleponsumber : goodnewsfromindonesia

Nama jajanan pasar berikut ini sering dikenal dengan sebutan onde – onde manis. Jajanan klepon ini terbuat dari bahan tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola kecil dan diisikan gula merah di dalamnya, kemudian direbus dalam air yang mendidih.

Jajanan klepon ini ketika sudah masak, lalu dimasukkan ke dalam parutan kelapa supaya bisa melekat sehingga klepon ini pun dilumuri parutan kelapa.

  1. Onde – onde

Onde - ondesumber : masakapahariini

Nama jajanan pasar satu ini sudah begitu populer, onde – onde terbuat dari bahan tepung terigu dan bisa juga dari tepung ketan yang digoreng. Lalu, permukaan kue ditaburi dengan biji wijen.

Sekarang ini onde – onde sudah memiliki berbagai macam serta isi kuenya pun biasanya ditambahkan dengan kacang hijau. Jajanan ini merupakan ciri khas dari kota Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Lupis

Lupissumber : resep koki

Kue lupis ini begitu terkenal di pulau Jawa. Jajanan pasar satu ini memiliki rasa yang begitu manis karena dilumuri dengan gula aren merah dan juga parutan kepala, sementara bahan dasarnya terbuat dari beras ketan. Jajanan yang satu ini juga sangat cocok dihidangkan saat sore hari lho.

  1. Kue lapis

Kue Lapissumber : tastynesia

Seperti namanya, jajanan pasar satu ini memang memiliki berlapis – lapis dengan warna – warni. Kue ini pun sudah mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Bahan dasar dari kue lapis ini terdiri dari tepung kanji, tepung beras, santan, gula pasir, serta pewarna makanan.

  1. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legitsumber : medium

Nama jajanan pasar berikutnya adalah kue lapis legit yang merupakan jenis dari kue basah dengan bentuk berlapis – lapis. Memiliki aroma yang sangat harum, kue satu ini pun dibuat dengan memakai adonan telur dan juga tepung.

  1. Getuk

Getuksumber : WP

Kue getuk ini terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau pun singkong. Jajanan satu ini merupakan makanan khas yang lebih sering ditemukan di daerah Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Cita rasanya cenderung manis dan memiliki beragam warna menarik.

  1. Getuk Lindri

Getuk Lindrisumber : resep kekinian

Jajanan satu ini memiliki variasi dibandingkan dengan getuk yang biasa. Proses pembuatannya pun menggunakan bahan singkong halus serta gula pasir, ditambah dengan pewarna hingga menarik sekali dan menggugah selera.

  1. Lumpia

Lumpiasumber : endeus TV

Nama jajanan pasar satu ini merupakan makanan khas dari kota Semarang. Lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum, lalu diisi dengan rebung, telur, daging dan sayuran segar ataupun makanan laut. Lumpia ini bisa digoreng dan disajikan dengan saus atau cabai.

  1. Kue dadar gulung

Kue dadar gulungsumber : resep koki

Kue dadar gulung ini merupakan nama jajanan pasar tradisional yang banyak sekali di Indonesia. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu serta rasa yang begitu manis. Tepung terigu yang dipakai pun dicampur dengan adonan dadar tipis warna hijau.

  1. Nagasari

Nagasarisumber : detik food

Jajanan satu ini terbuat dari bahan campuran tepung beras, santan, gula dan juga tepung sagu. Campuran ini pun nantinya jadi adonan yang kental lengkap, lalu diberi isian buah pisang. Nagasari biasanya dibungkus dengan daun pisang supaya lebih wangi.

  1. Kue Apem

Kue Apemsumber : doyan resep

Kue apem ini biasanya ada dua jenis, yaitu apem kukus dan juga apem panggang. Kue ape mini terbuat dari bahan dasar campuran tape, santan dan juga tepung beras serta dibalut dengan pewarna makanan.

  1. Kue Bikang

Kue Bikangsumber : sajian lezat

Kue bikang ini menjadi makanan tradisional di pulau Jawa dengan bahan dasar pembuatannya tepung terigu. Bentuknya seperti bunga yang mekar serta perpaduan warna yang menarik.

  1. Lemper

Lempersumber : kompas

Nama jajanan pasar lemper ini sudah begitu melekat di ingatan masyarakat. Kue lemper ini terbuat dari beras ketan yang dimasak menggunakan santan. Setelah matang, kemudian diberikan isian abon atau pun tumisan daging ayam.

  1. Kue Talam

Kue Talamsumber : kompas

Kue talam ini terbuat dari bahan dasar tepung, namun ada juga dengan jagung atau pun ubi. Sekilas kue ini hampir mirip dengan kue lapis. Memiliki lapisan berwarna putih dan aneka lainnya.

  1. Kue cucur

Kue Cucursumber : kompas

Cucur ini memiliki bentuk bulat dan sedikit tipis. Berwarna coklat dengan tekstur lebih kenyal. Kue ini berbahan dasar dari gula merah dan tepung beras.

  1. Pastel

pastelsumber : kompas

Kue pastel ini merupakan nama jajanan pasar yang terbuat dari bahan tepung. Lalu, diberikan isian beraneka ragam, bentuknya pun menyerupai kerang.

  1. Risol

Risolsumber : masakapahariini

Risol ini termasuk dalam jajanan pasar tradisional yang memiliki rasa sangat gurih dikarenakan lapisan kulit kue yang terbuat dari adonan tepung cair yang didadar. Lalu berisikan tepung roti, daging, sayur dan lainnya.

  1. Bolu Kukus

Bolu Kukussumber : kompas

Nama jajanan pasar terakhir ini adalah bolu kukus terbuat dari tepung terigu. Kue ini pun dibuat berbentuk merekah ketika sedang dikukus.

  1. Wajik

Wajiksumber : Resep MasakanKu

Jajanan yang satu ini pasti familiar bagi kamu yang sering menghadiri hajatan atau pergi ke pasar. Wajik terbuat dari beras ketan, gula, dan santan kelapa yang kemudian dipanaskan hingga mendidih, kental, dan tidak lengket.

  1. Kue Lumpur

kue lumpursumber : Selerasa.com

Tidak seperti namanya, jajanan pasar yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan harum. Biasanya adonan jajanan ini ditambahkan adonan kentang sehingga lebih terasa kenyal dan enak. Adapula jajanan ini biasanya dikreasikan dengan menambahkan toping keju, meses, dan sebagainya

Itulah beberapa nama jajanan pasar yang masih eksis sampai sekarang. Buat kamu yang penasaran dan mau cari jajanan pasar untuk cemilan di rumah sekaligus bernostalgia bersama keluarga, kamu juga bisa mencari & memesannya secara online lewat aplikasi QoQi.

Tidak hanya jajanan pasar, bahkan pilihan menu untuk sarapan pagi, makan siang, makan malam semua tersedia dengan harga yang bervariasi & terjangkau. Cukup download aplikasi QoQi di App Store atau Google Play Store kamu, temukan makanan favorit kamu dan nikmati kemudahannya.

Leave a comment