Menjalankan bisnis restoran memanglah bukan perkara mudah. Mulai dari urusan bahan baku, dapur, pelanggan, marketing, hingga keuangan harus terorganisir dengan baik dan rapi. Tentu kamu membutuhkan karyawan yang lihai dalam mengatur dan melakukan operasional restoran. Sebagai pelaku bisnis, kamu dituntut untuk terus berinovasi dalam rangka meningkatkan efisiensi pekerjaan untuk kemajuan bisnis restoran yang sedang kamu jalankan. Inovasi dalam penggunaan teknologi aplikasi dalam memudahkan operasional restoran dinilai efektif untuk melakukan kerja secara cepat, mudah, aman, dan akurat. Berikut daftar aplikasi yang cocok untuk bisnis F&B restoran kamu!

  1. POS Lite by ESB

POS Lite by ESB adalah aplikasi F&B service berbasis cloud yang merupakan bagian dari ESB POS yang sudah dipercaya oleh berbagai bisnis F&B besar di Indonesia. Jika ESB POS adalah serangkaian sistem POS All-in-One yang membantu mengotomatisasi proses penjualan dengan cara yang efisien, maka POS Lite by ESB menjadi aplikasi kasir online dan offline yang didesain sedemikian rupa hingga menjadi sederhana dan sangat mudah digunakan. POS Lite by ESB sangat cocok untuk digunakan oleh pebisnis F&B dengan skala mid-low atau biasa disebut UMKM hingga bisnis F&B besar.

BACA JUGA: 7 Kuliner Depok yang Sensasional & Wajib Dicoba!

POS Lite by ESB bisa membuat outlet bisnis kamu bebas dari antrian yang membuat para pelanggan merasa tidak nyaman, karena kamu dapat menyelesaikan proses transaksi dalam waktu 5 menit saja. Ya, dengan POS Lite by ESB seluruh proses transaksi mulai dari pesan hingga pembayaran dapat terjadi secepat kilat, namun begitu seluruh data akan tercatat dengan rapi dan akurat pada sistem. Dengan begitu kamu dapat menganalisis laporan keuangan dengan sangat mudah. POS Lite by ESB juga sudah mendukung metode pembayaran digital seperti OVO, GoPay, Dana, LinkAja, dsb.

  1. Pawoon POS

Rekomendasi selanjutnya yakni aplikasi F&B service dari Pawoon. Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk multi cabang, manajemen stok yang akurat, handal, dan realtime, mudah dalam manajemen pelanggan, laporan penjualan tersedia secara instan, Pawoon punya banyak fitur yang bisa bantu kamu jualan online dengan instan, seperti PawoonLive! yang terintegrasi dengan GrabFood serta marketplace terkemuka. Aplikasi milik Pawoon dapat dihubungkan ke printer struk thermal maupun dot matrix (Bluetooth dan USB). Dengan Pawoon, kamu bisa menerima beragam pilihan pembayaran seperti tunai, kartu, dan pembayaran digital seperti OVO, GoPay, Dana dan LinkAja. Praktis dan membantu operasional bisnis kamu berjalan lebih lancar.

  1. Moka POS

Moka adalah aplikasi kasir yang memudahkan penjualan dan proses operasional usaha bisnismu. Moka POS merupakan salah satu aplikasi kasir dengan basis cloud. Selain sebagai mesin kasir, aplikasi ini juga bisa membantu mengelola bisnis seperti melihat transaksi, membuat menu, dan juga cek stok barang. Beberapa fitur yang ditawarkan yakni Ingredient Inventory, table management, CRM Pro, dan employee slot.

  1. Kafee POS

Kafee adalah teknologi yang menjadi pendatang baru di industri food and beverage. Meluncur di akhir tahun 2019, Kafee menawarkan kelengkapan fitur yang mungkin tak akan bisa ditemukan di kompetitornya. Jika dilihat dari harganya, mungkin Kafee akan terlihat lebih mahal, namun jika dijejerkan dengan fiturnya, maka harga yang ditawarkan akan terasa wajar, bahkan lebih murah jika dibandingkan produk POS restoran lainnya.

  1. Omega POS

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Omegasoft. Omega POS dirancang untuk membuat staf kamu bekerja dengan cepat. Ada banyak keunggulan menggunakan aplikasi Omega POS mulai dari manajemen penjualan, karyawan, menganalisis data persediaan secara online dan real time. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki aplikasi Omega POS adalah manajemen stok di semua cabang bisnis yang kamu miliki setiap hari. Kamu juga dapat mengelola stok bahan baku dan memperbaruinya dari mana saja dan otomatis.

Banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi untuk memudahkan operasional restoran kamu. Mulai dari fitur yang ditawarkan, kemudahan penggunaan, hingga anggaran yang dibutuhkan untuk berlangganan. Jangan hanya tergiur oleh promo atau harga murah tanpa memperhitungkan manfaat dari setiap fitur untuk kebutuhan bisnis restoranmu. Serta tentunya pilihlah aplikasi yang memiliki layanan CS tanggap dan responsif untuk menangani setiap masalah dan error yang mungkin kamu hadapi kapan saja.

Leave a comment