Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menghasilkan uang? Kini sudah banyak peluang bisnis yang menguntungkan dan bisa dikerjakan secara part time. Salah satunya adalah bisnis kuliner yang menarik bagi anak muda dan sangat menjanjikan di kalangan mahasiswa. 

Bisnis kuliner sendiri sudah sangat menjanjikan, karena makan bukan lagi sebagai aktivitas untuk mengenyangkan perut saja namun juga untuk memanjakan lidah di sela-sela aktivitas di luar waktu makan. Ini kesempatan bagi para mahasiswa untuk memupuk mental wirausaha dan meraup keuntungan di sela-sela waktu berkuliah. 

Lalu apa saja bisnis kuliner khas anak muda yang bisa dilakukan oleh kalangan mahasiswa? Berikut ulasan singkat beberapa referensinya.

BACA JUGA : Berikut Cara Mudah Pengarsipan Bukti Transaksi Digital Untuk Bisnis Kuliner

1. Kuliner Bakar

Berbagai penganan yang dibakar masih banyak peminatnya. Jika kamu mahasiswa dan ingin membuka sebuah kafe, ada baiknya menyediakan berbagai menu bakaran. Sebut saja sosis, bakso, roti, hingga menu yakitori khas Jepang. Beragam menu tersebut bisa dipadukan dengan varian minuman yang menyegarkan.

Kedai untuk kuliner ini bisa berbentuk kafe indoor ataupun stand yang melayani take away saja. Kuliner bakaran ini akan sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin mengisi perutnya sebelum jam kelas berikutnya.

2. Tahu Pedas

Camilan gorengan sudah memiliki banyak peminat. Yang diperlukan adalah variasi lain yang membuat gorengan tersebut unik dan lebih menonjol. Salah satu yang sangat digemari adalah makanan pedas, maka tahu goreng isi pedas tentu akan sangat menggiurkan. 

Mayoritas mahasiswa sendiri cenderung suka dengan makanan yang rasanya pedas. Bahkan mereka suka menguji diri sendiri bersama teman-temannya untuk memakan makanan yang menantang. Itulah mengapa makanan pedas bisa menjadi menu yang sangat cocok untuk dijual di area kampus.

3. Aneka Keripik

Keripik menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi bagi sebagian besar warga Indonesia, tak terkecuali para anak muda dan mahasiswa. Keripik bisa menjadi camilan di sela-sela aktivitas ataupun sebagai pelengkap makan.

Keripik yang bisa dijual juga banyak jenisnya, dan bisa disesuaikan dengan pasar yang ada. Sebut saja keripik kulit ayam, keripik singkong, keripik tempe, keripik pisang, keripik usus, keripik kentang, keripik pedas, hingga keripik yang terbuat dari buah-buahan.

4. Mozzarella Stick

Mozzarella stick adalah salah satu kuliner kekinian yang memiliki pasar dari kalangan anak muda. Selain kelezatannya, menyantap mozzarella stick selagi hangat menjadi keseruan tersendiri. Sebab, keju mozarella bisa melunak dan elastis seperti karet saat ditarik. Untuk kalangan mahasiswa, produk ini tergolong mudah dan murah untuk dibuat. Untuk menjualnya pun para mahasiswa bisa memberi opsi matang dan frozen atau beku.

5. Pentol Bakso dan Cilok

Pentol bakso dan cilok masih memiliki pangsa pasar yang banyak dan sangat cocok untuk dijalankan oleh kalangan mahasiswa. Kuliner yang satu ini bisa ditawarkan ke pedagang bakso bakar ataupun dititipkan ke warung-warung, jadi para mahasiswa tidak perlu modal lebih untuk menyewa kios.

Jika ingin menjalankan bisnis ini dengan skala sedang hingga besar, ada baiknya memiliki freezer untuk menyetok pentol bakso atau cilok yang sudah matang. Cukup dibungkus dengan kemasan vacuum, para mahasiswa juga bisa menjualnya kepada para teman dalam bentuk frozen atau beku.

Itulah beberapa pilihan bisnis kuliner anak muda yang menjanjikan di kalangan mahasiswa. Sebelum memulai bisnis tersebut, pastikan jika lingkungan kos atau tempat tinggal nyaman untuk memasak dan tidak mengganggu penghuni lainnya, ya!

Leave a comment