Ada banyak orang yang mencari cara mengurangi nafsu makan karena takut akan ancaman obesitas.  Hal yang demikian itu sangat wajar sekali, karena obesitas bisa mengurangi kelincahan tubuh hingga kepercayaan diri.

Kabar baiknya, untuk mengurangi nafsu makan bisa menggunakan cara-cara alami, sehingga dampaknya juga lebih aman bagi tubuh. Terdapat lima cara alami yang mudah dipraktekkan agar nafsu makan bisa semakin berkurang. 

Berikut Cara Untuk Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami

BACA JUGA : 3 Resep Telur Dadar Padang Sederhana, Mudah & Nikmat

1. Berolahraga

Rutin berolahraga merupakan cara alami pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi nafsu makan. Ada banyak olahraga yang bisa dipilih, seperti renang, bersepeda, hingga berlari. Selain itu, olahraga yang bersifat permainan, seperti basket dan sepak bola juga bisa dilakukan.

Dengan melakukan olahraga, hormon ghrelin yang menjadi pemicu rasa lapar akan ditekan, sehingga nafsu makan menjadi berkurang.

2. Mengurangi Stress

Ketika stress datang, kebanyakan orang akan melampiaskannya dengan memakan berbagai macam makanan. Umumnya, makanan yang dipilih adalah makanan yang berkalori tinggi, manis, dan juga memiliki lemak yang tinggi.

Akibat kebiasaan buruk tersebut, tentu nafsu makan menjadi tidak terkendali yang memicu rasa lapar berikutnya. Agar tidak terjadi hal yang demikian itu, mengurangi stres sangat penting sekali. Dengan mengurangi stres, nafsu makan bisa dikendalikan dan dikurangi.

Adapun untuk mengurangi stress, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti beristirahat, rekreasi, mendengarkan ceramah agama, hingga mendengarkan video motivasi.      

3. Makan dengan Perlahan

Saat mengonsumsi makanan, tubuh memerlukan waktu setidaknya 20 menit untuk memunculkan rasa kenyang. Ketika makan dengan perlahan, otak juga memiliki waktu untuk menangkap sinyal bahwasanya perut sudah kenyang. 

Dengan demikian, tidak perlu makan dalam jumlah besar untuk mendapatkan rasa kenyang. Namun yang harus diketahui adalah cara yang satu ini harus dilakukan secara kontinu.    

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara mengurangi nafsu makan secara alami selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Mengonsumsi air putih terbukti mampu menekan rasa lapar yang berujung pada berkurangnya nafsu makan.   

Caranya cukup mudah, di mana air putih dikonsumsi terlebih dahulu sebelum makan. Setelah itu, silahkan tunggu selama tiga hingga lima menit.

Apabila rasa lapar sudah hilang, jangan konsumsi makanan. Dengan demikian, tubuh akan menjadi terbiasa, dan nafsu makan akan berkurang secara perlahan. 

Bahkan dalam Islam, air putih ini bisa menjadi pengganti makanan sahur untuk orang-orang yang hendak menjalankan ibadah puasa.   

5. Mengonsumsi Makanan Berserat

Ada banyak makanan berserat yang bisa dijumpai di Indonesia, di antaranya adalah sayur dan buah-buahan. Fungsi makanan berserat adalah memperlambat pengosongan lambung, dan membantu pelepasan hormon rasa kenyang. 

Selain itu, makanan berserat juga sangat baik untuk tubuh karena mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Jadi, silahkan praktekkan semua cara mengurangi nafsu makan yang sudah disebutkan. Namun apabila tidak mampu, silahkan pilih salah satu cara yang memang memungkinkan. 

Leave a comment