Perkembangan teknologi menjadikan para pelaku bisnis mulai melirik pemanfaatan teknologi untuk efisiensi dan efektivitas operasional bisnisnya. Sebagian besar pemilik bisnis mungkin pernah mendengar istilah sistem ERP. Tetapi mungkin juga banyak yang belum tahu mengenai keuntungan dari menjalankan sistem ERP tersebut.

Banyaknya keuntungan dalam sistem ERP membuat sistem ini sangat diminati oleh perusahaan dalam rangka menciptakan manajemen kerja yang terintegrasi dan hasil yang optimal. Saat ini sistem ERP banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk membantu mengembangkan usaha mereka, termasuk dalam bisnis kuliner. Sistem ini digunakan untuk banyak hal seperti menjalankan proses produksi, membantu mengontrol penjualan, mengelola keuangan sampai dengan melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan.

Lalu apa saja keuntungan yang didapat oleh perusahaan yang bergerak di bisnis kuliner jika menggunakan sistem ERP? Sebelum membahas keuntungan sistem ERP, kamu perlu tahu lebih dulu pengertian dari ERP itu sendiri. Simak ulasan berikut ya!

Pengertian ERP

Sistem ERP adalah suatu konsep merencanakan dan juga mengelola sumber daya dari perusahaan berupa paket aplikasi program yang saling terintegrasi dan multi modul. Modul tersebut dirancang untuk mampu melayani dan mendukung berbagai macam fungsi di dalam perusahaan, supaya lebih efisien dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Secara harfiah ERP sendiri terdiri dari 3 kata yaitu enterprise (perusahaan atau organisasi), resource (sumber daya), dan planning (perencanaan). Dari definisi itu bisa disimpulkan bahwa sistem ERP menitikberatkan pada aspek perencanaan dalam suatu perusahaan atau organisasi menggunakan sumber daya dari dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Sistem ini memfokuskan agar semua divisi saling terintegrasi agar kolaborasi dalam bekerja bisa berjalan dengan baik.

Keuntungan Sistem ERP

Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh pemilik bisnis kuliner dalam menggunakan sistem ERP:

  1. Meningkatkan Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi

Penggunaan sistem ERP membuat perusahaan mempunyai perencanaan dan manajemen sistem informasi yang lebih baik. ERP bisa membantu dalam mengatur agar sumber daya seperti manusia, material, keuangan, dan mesin produksi lebih tepat dan maksimal dalam bekerja. Selain itu ERP bisa memberikan laporan yang akurat kepada manajemen sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

  1. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Selain menyediakan perencanaan dan manajemen sistem informasi yang lebih baik, sistem ERP juga dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin operasional perusahaan. Aktivitas itu meliputi manajemen stok dapur, pemesanan makanan, pengiriman orderan, kinerja supplier, manajemen gudang, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan.

Sebagai contoh, penggunaan ERP akan membuat siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran ke supplier pun dapat dipersingkat. Dengan begitu maka secara otomatis produktivitas perusahaan akan meningkat.

  1. Mewujudkan Integrasi Bisnis dan Akurasi Data yang Lebih Baik

Perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam setiap modul sistem ERP dapat diketahui oleh para pelaku bisnis secara real time. Selain itu, program juga bisa meminimalisasi duplikat atau pencurian data yang biasanya disebabkan oleh kesalahan pengguna. Sehingga dengan menggunakan sistem ERP, integrasi bisnis akan berjalan lebih baik dan keakuratan data dalam laporan perusahaan dapat lebih cepat, akurat, dan dipertanggungjawabkan.

  1. Meningkatkan Koordinasi Pekerjaan

Konflik dan kesalahan komunikasi dapat menjadi pemicu utama koordinasi pekerjaan tidak berjalan dengan baik. Namun, adanya sistem ERP memungkinkan untuk mengurangi perselisihan yang mungkin terjadi antar divisi.  Hal ini tentunya sangat menguntungkan perusahaan karena tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari kesalahan serta menyelesaikan konflik yang terjadi. Manajemen bisa lebih memfokuskan diri untuk melakukan pengembangan bisnis karena laporan dan data operasional dapat dimonitor dan diakses secara cepat, mudah, dan akurat.

  1. Penyusunan SOP yang Lebih Baik

Penggunaan sistem ERP dapat membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berhubungan dengan pekerjaan itu bisa dibuat menjadi lebih baik. SOP yang baik akan membuat karyawan bekerja lebih optimal karena mereka jadi tahu persis langkah dan detail dalam pekerjaan mereka. Jika memiliki SOP yang baik maka manajemen bisa mengukur nilai Key Performance Indicator (KPI) para karyawan. Sehingga manajemen bisa mengevaluasi kinerja karyawan apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.

Itulah 5 keuntungan yang bisa didapatkan dalam menggunakan sistem ERP untuk pelaku bisnis kuliner. Berbicara soal bisnis kuliner, kamu sebagai pemilik bisnis bisa mencoba untuk bergabung menjadi merchant QoQi. Tidak hanya sebatas platform untuk pemasaran online & aplikasi layanan pesan antar,  . Dengan demikian akan dapat membantu mempermudah jalannya bisnis F&B.

Aplikasi QoQi yang telah bekerjasama dengan brand-brand ternama dapat menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk menjadi partner bisnis kamu. Melalui QoQi kamu dapat terintegrasi langsung dengan aplikasi ERP secara lengkap, sehingga kamu sebagai pemilik bisnis F&B baik bisnis skala besar maupun kecil menjadi lebih mudah dalam menjalankan bisnis seperti memonitor seluruh lingkup operasional bisnis menggunakan 1 software.

Leave a comment