Untuk berhasil dalam menjalankan program diet, maka menu makanan adalah salah satu kunci utama. Bagi sebagian orang, menyediakan menu makanan khusus diet itu sangat merepotkan karena harus menyediakan menu yang tidak biasa.

Namun di dalam artikel ini, kamu akan mendapat menu apa saja yang praktis namun cocok untuk diet.

Simak Menu Makanan Praktis Untuk Diet Sehat dan Enak

1.Menu Diet 300 Kalori

BACA JUGA : Begini Cara Pesan Makanan Online Di Masa Pandemi

Poin yang pertama adalah menggunakan menu diet 300 kalori. Maksud poin ini adalah kita bisa kombinasikan berbagai menu makanan hingga mencapai batas 300 kalori. Perlu kamu ketahui bahwa 300 kalori itu setara dengan 15% dari 2.100 kalori yang merupakan batas angka kecukupan kalori dalam sehari.

Beberapa menu makanan diet yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

  • Nasi putih, telur pindang, capcay sayuran, sambal, semangka, dan kerupuk udang
  • Nasi putih, pepes ayam tanpa kulit, cah brokoli jamur, kerupuk udang, melon, dan sambal
  • Nasi putih, ikan kakap asam manis, cah kailan, sambal, jeruk manis, kerupuk udang
  • Nasi putih, pepes tahu, tumis buncis tomat, sambal, udang, kerupuk, apel

Silahkan kamu pilih menu makanan yang sesuai dengan selera.

2. Menu Diet 375 Kalori

Sekilas menu diet 375 kalori ini agak mirip dengan menu diet 300 kalori sebelumnya. Hanya saja, pada jenis diet satu ini memiliki perbedaan dari sisi lauk pauk yang akan dikonsumsi. Perlu kamu ketahui bahwa 350 kalori itu sama dengan 17% dari 2.100 kalori yang merupakan standar kecukupan kalori dalam sehari.

Berbagai menu yang pas untuk jenis satu ini adalah sebagai berikut:

  • Nasi putih, udang tempura, capcay sayuran, sambal, kerupuk udang, dan semangka
  • Nasi putih, ikan goreng tepung, cah brokoli jamur, sambal, kerupuk udang, dan melon
  • Nasi putih, tumis wortel buncis, empal daging, sambal, jeruk manis, dan kerupuk udang
  • Nasi putih, cah kailan, rolade telur, sambal, apel, dan kerupuk udang

3. Menu Diet 425 Kalori

Menu diet satu ini menggunakan kalori sebanyak 425 kalori. Artinya, porsi nasi yang dikonsumsi adalah sekitar 100 gram atau sekitar porsi 75 gram dengan ditambah protein seperti tahu maupun tempe.

Untuk 425 kalori sama dengan 20% dari batas 2.100 kalori. Beberapa menu pilihan untuk diet ini adalah sebagai berikut:

  • Nasi putih, tempe, udang tempura, capcay sayuran, sambal, semangka, dan kerupuk udang
  • Nasi putih, ikan goreng tepung, sambal, tumis kangkung, melon, dan kerupuk udang
  • Nasi putih, tumis wortel buncis, empal daging, sambal, kerupuk udang, dan jeruk manis
  • Nasi putih, tahu, rolade telur, cah jamur, sambal, kerupuk udang, apel

4. Menu Diet 475 kalori

Berikutnya ada menu diet 475 kalori yang menggunakan porsi nasi 100 gram dan lauk pauk yang jumlahnya pada dua buah. Untuk jenis 475 kalori ini sekitar 22% dari jumlah total 2.100 kalori.

Beberapa variasi menu yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

  • Nasi putih, ikan bakar, capcay sayuran, telur pindang, sambal, kerupuk udang, dan semangka
  • Nasi putih, tempe bacem, cah brokoli, pepes ayam tanpa kulit, kerupuk udang, dan melon
  • Nasi putih, pepes tahu, cah kailan, udang tauco, sambal, kerupuk udang, dan jeruk manis
  • Nasi putih, lodeh tahu, oseng tauge tomat, pepes ayam tanpa kulit, kerupuk udang, dan apel.

5.Menu Diet 540 kalori

Terakhir ada menu diet sebanyak 540 kalori. Artinya, porsi nasi sebanyak 100 gram dengan jenis lauk meliputi lauk protein dan juga lauk rendah lemak. Dengan porsi sebanyak 540 kalori, maka setara dengan 25% dari jumlah total sebanyak 2.100 kalori.

Beberapa pilihan menu yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

  • Nasi putih, pepes tahu kemangi, ayam goreng tepung, capcay sayuran, sambal, kerupuk udang, dan semangka
  • Nasi putih, tempe bacem, ikan pesmol, cah brokoli jamur, sambal, kerupuk, dan melon
  • Nasi putih, tahu isi sayuran, cah kailan, udang tauco, sambal, kerupuk udang, dan jeruk manis
  • Nasi putih, oseng tahu cabai hijau, cah putren wortel, sambal, kerupuk, rendang daging sapi, dan apel

Demikian 5 menu makanan praktis untuk kamu yang ingin diet sehat dan enak. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat ya!

Leave a comment