Pertumbuhan usaha kuliner yang terus menjamur menjadi tantangan bagi para pelaku usaha kuliner untuk terus berinovasi dan berkembang agar tetap bersaing. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk tampil terdepan dan unggul di tengah kompetisi bisnis.

Dalam bisnis kuliner, selain cita rasa menu makanan yang disajikan. Kepuasan pelanggan dapat diwujudkan dari berbagai aspek dalam pelayanan yang diberikan oleh restoran penyedia.

Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu melakukan strategi-strategi yang dapat meningkatkan omzet bisnis sehingga restoran Anda dapat tumbuh berkembang dengan pesat.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Makanan Pencegah Sariawan

Berikut Strategi Pelayanan Restoran yang Dapat Anda Lakukan Sebagai Pelaku Usaha Kuliner!

1. Menggunakan foto menu yang menarik

Jika Anda pernah mendengar istilah ‘lapar mata’ rasanya istilah ini patut Anda coba menjadi dasar strategi bisnis restoran Anda.

Foto makanan maupun minuman yang terasa ‘hidup’ dan menggugah selera dapat memunculkan nafsu makan pelanggan Anda.

Foto menarik dapat Anda gunakan di sosial media untuk memancing pelanggan untuk datang ke restoran Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan foto ini dalam buku menu Anda untuk menggugah selera pelanggan Anda yang datang ke restoran. Pelanggan Anda dapat merasa begitu lapar dan tergoda dengan menu yang Anda jual cukup melalui foto yang mereka lihat sekejap! Wow, luar biasa bukan? Anda dapat menggunakan jasa fotografer andal terlebih yang berpengalaman dalam memotret menu makanan dan minuman. Selain itu bisnis Anda akan tampak lebih profesional dan terkesan wow! Selamat mencoba!

2. Aktifkan website restoran

Saat ini memiliki website merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis. Dengan memiliki website, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan juga memanfaatkan pemasaran digital. Dengan membuat website, calon pelanggan Anda akan lebih mudah menemukan bisnis kuliner Anda dan melihat produk-produk apa saja yang Anda tawarkan secara lebih mudah. Anda bisa mencoba beberapa website builder yang gratis untuk kamu memulai jualan online sekarang juga seperti GoStore, Storelogy, Shopify, Wix, Squarespace, maupun WordPress. Website restoran dapat Anda isikan berbagai menu dan fasilitas yang tersedia di restoran Anda. Kontak dan media sosial juga bisa Anda cantumkan untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda.

3. Menggunakan kemasan produk yang menarik dan praktis

Visualisasi kemasan memiliki andil yang cukup penting dalam mengemas produk makanan yang Anda jual. Dengan menggunakan kemasan yang menarik mata, calon pembeli pun akan menjadi lebih tertarik untuk mencoba mencicipi produk makanan Anda. Saat ini ada banyak sekali referensi kemasan produk makanan yang bisa Anda jadikan contoh disesuaikan dengan target konsumen Anda. Sebagai contoh, apabila target konsumen Anda adalah para Gen Z dan produk yang Anda jual seperti berupa cookies dan makanan ringan, Anda bisa menggunakan kemasan dengan desain yang colorful sehingga memiliki kesan ceria. Bisa jadi bisnis Anda viral dan memancing antusiasme yang tinggi karena kemasan yang Anda gunakan lho! Jadi jangan remehkan hal ini ya karena ‘kemasan produk’ lebih dari sekedar ‘bungkus makanan’ bagi usaha kuliner Anda!

4. Sediakan layanan pesan antar

Salah satu kemudahan yang ada pada saat ini adalah tersedianya layanan pesan antar makanan yang dapat membantu bisnis kuliner Anda untuk lebih dekat kepada pelanggan. Dengan adanya layanan pesan antar atau delivery online seperti GoFood, GrabFood dan Shopee Food, pelanggan Anda dapat membeli produk makanan Anda kapanpun ia mau hanya melalui smartphone di genggaman saja. Selain itu, mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke layanan seperti GoFood, GrabFood dan Shopee Food juga berpotensi menaikkan penjualan usaha makanan Anda. Tidak hanya itu, Anda perlu mempertimbangkan berbagai program yang ditawarkan penyedia layanan pesan-antar makanan agar bisnis Anda dapat menarik minat pelanggan.

5. Lakukan promosi yang unik dan menarik

Hayo siapa yang tidak suka promo? Menggunakan strategi promosi yang unik dan anti mainstream dapat mendatangkan calon konsumen lebih banyak untuk bisnis Anda. Pada bagian ini Anda dituntut untuk menjadi lebih kreatif agar dapat menimbulkan rasa penasaran kepada khalayak luas. Strategi promosi yang dapat digunakan salah satunya dengan giveaway yang mana terbilang cukup booming belakangan ini. Karena dengan mengadakan giveaway, potensi promosi menjadi viral cukup besar. Karena siapa yang tidak suka barang gratis, bukan? Dengan mengadakan giveaway dan bekerja sama dengan influencer ataupun Key Opinion Leader (KOL), Anda bisa mempromosikan produk bisnis Anda secara cepat dan juga meluas. Dalam event giveaway yang diadakan pun biasanya calon konsumen akan berlomba-lomba mengajak teman-teman lainnya untuk meramaikan giveaway yang diadakan. Menarik sekali untuk dicoba bukan?

Itulah 5 strategi pelayanan restoran yang bisa Anda coba ketika mulai berkecimpung di bisnis kuliner. Hal ini dapat Anda lakukan untuk meningkatkan omzet maupun awareness dari bisnis kuliner Anda di tengah masyarakat. Selamat memulai!

Leave a comment