Ukuran meja makan dalam sebuah keluarga maupun restoran merupakan hal yang sangat penting. Khusus untuk kamu yang ingin membuka restoran baru, maka pemilihan meja makan ini perlu diperhatikan secara seksama. Sebab, ukuran meja makan bisa menentukan kenyamanan konsumen saat makan di tempat.

Pada dasarnya, ukuran meja makan yang ideal adalah disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika tidak, maka bisa mengganggu sirkulasi dan membuat ruangan menjadi lebih berantakan. Salah satu tanda tingkat ergonomis meja makan yang kurang adalah konsumen tidak nyaman saat menyantap makanan.

Jika kamu ingin memperbaiki tatanan meja atau membuat tatanan meja se-ergonomis mungkin, kamu bisa mencontek 5 ukuran meja makan yang ergonomis berikut ini.

1.     Meja Makan Persegi

meja makan persegisumber : dekorminimalis.com

Pertama ada meja makan persegi yang merupakan standar untuk usaha restoran maupun keluarga. Rata-rata ukuran meja ini adalah 78 cm untuk tinggi. Sedangkan panjang dan lebarnya adalah 100 cm x 100 cm.

BACA JUGA : Banyak Manfaatnya! Berikut ini Beberapa Efek Samping Beras Hitam bagi Kesehatan Lansia

Karena ini adalah meja makan standar, maka sering dipakai untuk konsumen yang jumlahnya 1 hingga 4 orang dewasa. Jika restoran yang kamu kelola masih kecil, maka ukuran meja makan persegi ini bisa jadi pilihan yang pas.

2.     Meja Makan Persegi Panjang

meja persegi panjangsumber : Ingenio virtual

Selanjutnya ada meja makan dengan jenis persegi panjang. Untuk meja makan yang satu ini sangat cocok untuk menampung banyak orang. Ukuran meja makan satu ini rata-rata memiliki tinggi 71 cm, panjang 120 cm, dan lebar 80 cm.

Untuk ketebalan mejanya rata-rata ada di kisaran 3 cm. Jumlah orang yang bisa muat pada meja tersebut rata-rata 6 orang dewasa. Tentunya menggunakan meja makan jenis satu ini bisa menghemat pengeluaran. Sebab satu meja bisa dipakai untuk banyak orang.

3.     Meja Bulat

meja bulatsumber : Ingenio virtual

Nah, meja satu ini sering kamu temukan pada restoran kelas menengah ke atas. Meja makan yang sering disebut round table ini memiliki dua jenis ukuran, yakni untuk menampung 4 orang dan terakhir untuk 8 orang.

Meja makan bulat untuk 4 orang memiliki diameter 100 cm. Sedangkan untuk 8 orang, diameter yang digunakan adalah 152 cm. Biasanya meja bulat ini sering digunakan untuk acara table manner, serta digunakan pada restoran dengan konsep family friendly.

4.     Meja Elips

meja makan elipssumber : HEALS.com

Untuk restoran yang tergolong besar, rata-rata menggunakan jenis meja elips atau elips table yang memiliki bentuk oval. Meja makan yang satu ini rata-rata berukuran 300 x 90 cm sehingga dapat menampung konsumen sekitar 8 hingga 12 orang.

Maka dari itu, meja elips ini akan sering kamu temukan pada restoran keluarga atau restoran yang menampung banyak orang.

5.     Meja Makan Lipat

meja makan lipatsumber : ADDIN

Terakhir ada meja makan lipat yang sering ditemukan pada warung makan minimalis. Jenis satu ini dinamakan meja makan lipat karena dapat dilipat ke dinding sehingga bisa menampung banyak konsumen dan tidak menghalangi jalan.

Meja makan satu ini rata-rata berukuran 100 x 40 cm dan dapat menampung 4 konsumen. Cara memakai meja ini adalah dengan memasangnya pada dinding memakai paku dan baut. Dengan begitu, kamu bisa mengatur ketinggian meja sesuai dengan konsumen yang datang.

Demikian 5 ukuran meja makan yang ergonomis dan cocok untuk restoran baru. Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa menjadi pengusaha restoran yang sukses perlu memperhatikan detail kecil seperti ukuran meja. Sebab, hal ini juga berhubungan dengan pelayanan pada konsumen. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih meja untuk digunakan di restoran milikmu, ya

 

 

Leave a comment