Berkat akulturasi dengan bangsa-bangsa lain yang pernah menetap di Nusantara, setiap daerah kini memiliki beragam kuliner unik yang mungkin sulit atau tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Tak terkecuali kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Solo.

Kota yang juga memiliki Keraton ini bisa banget dijadikan tempat kamu untuk berwisata kuliner, lho.

Berdampingan dengan Yogyakarta, Solo adalah salah satu pewaris Kesultanan Mataram melalui Perjanjian Giyanti di tahun 1755.

Hal ini membuat Solo dipenuhi dengan wisata budaya dan sejarah, serta tentu saja wisata kuliner yang resepnya sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

Kota Solo atau Surakarta menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan utama para pelancong, baik dari dalam negeri dan mancanegara.

BACA JUGA : 7 Kuliner Bali Legendaris Yang Terkenal Enak Dan Murah

Untuk urusan wisata kuliner, Solo tidak bisa dilewatkan begitu saja. Puluhan sajian makanan bahkan wajib masuk daftar kulinermu meskipun harus mengantre untuk menikmatinya.

Berikut Kuliner Solo yang Wajib Masuk Daftar Kulinermu

1. Timlo Sastro

Kuliner yang satu ini wajib dicicipi oleh kamu yang suka makanan berkuah. Timlo memiliki kaldu bening yang menyegarkan, dilengkapi suwiran ayam, sosis, telur pindang, serta hati dan ampela. Jika langsung disantap dan diberi tambahan perasan jeruk nipis dan sambal, nikmatnya akan bertambah berkali-kali lipat! 

Penjual timlo di Solo memang cukup banyak mengingat kuliner ini adalah makanan khas Solo. Namun ada salah satu penjual yang terkenal dan terjamin kelezatannya, adalah Timlo Sastro yang berlokasi di Jl. Abdul Muis No. 32A, Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres, Solo. Harga untuk satu porsi timlo di warung ini hanya sekitar Rp 20.000, dengan harga yang sangat murah itu kamu sudah bisa mencicipi seporsi timlo komplit yang sangat menggugah selera.

2. Tengkleng Bu Edi 

Berada di pusat perbelanjaan Pasar Klewer, Tengkleng Bu Edi menjadi salah satu kuliner wajib coba yang sangat unik. Berjualan di bagian utara gapura pasar, sang penjual, Bu Edi menyajikan olahan jeroan kambing, kepala kambing, dan tulang belulang kambing yang dimasak serupa dengan gulai tetapi tanpa santan. Sudah berjualan sejak tahun 1971, tengkleng Bu Edi menjadi kuliner legendaris baik bagi warga lokal maupun para pelancong. Dengan harga Rp 30.000 hingga Rp 50.000, kamu sudah bisa mencicipi tengkleng yang disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk. Menu andalan yang wajib dicoba antara lain kepala kambing, sumsum, dan lidah. Pecinta daging kambing dijamin akan menyukai kuliner yang satu ini!

3. Selat Solo Mbak Lies

Ingin menikmati ‘fresh-salad’ ala Solo? Kamu wajib coba Selat Solo. Dengan harga sekitar Rp 28.000, kamu sudah bisa menikmati seporsi selat solo yang berisi potongan daging sapi masak semur, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar timun, dan irisan bawang merah. Tidak ketinggalan, siraman kuah segar dan mustard yang terbuat dari cuka dan campuran kuning telur membuat sajian ini semakin nikmat!

Selat Solo yang terkenal dan wajib masuk ke daftar kulinermu adalah selat Solo yang dijajakan oleh Warung Selat Mbak Lies. Tak hanya menyajikan berbagai menu yang lezat, warung ini juga memiliki dekorasi sedemikian rupa yang Instagramable!

4. Soto Gading

Soto yang satu ini sangat pas disantap kapanpun, baik pagi maupun siang hari. Soto yang terletak di Jl. Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon ini menyajikan soto ayam yang lezat dan wajib dicoba saat berkunjung ke Solo. 

Soto Gading dilengkapi dengan nasi, mie soon, suwiran daging ayam yang disiram dengan kuah soto yang beraroma rempah, yang membuat siapapun tergugah saat menciumnya! Menariknya, Soto Gading bisa kamu santap dengan berbagai pelengkap seperti sate uritan, bakwan, telur puyuh, tempe goreng, sosis, jeroan sapi, perkedel, kerang, dan banyak lagi pelengkap lainnya. Dijamin pagi hari mu akan sempurna setelah menyantap soto yang satu ini.

5. Sate Buntel 

Sate buntel menjadi kuliner selanjutnya yang wajib dicicipi saat kamu berada di Solo, apalagi untuk para pecinta sate. Sate yang satu ini disajikan dengan cara unik, yakni daging kambing cincang yang dibuntel atau dibungkus dengan dengan usus sapi ataupun lemak kambing kemudian dibakar.

Terdapat 2 penjual sate buntel di Solo yang wajib dicoba. Jika pagi hari, kamu bisa mencicipi Sate Buntel Mbok Galak yang ada di Jl. Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar yang buka sejak pukul 06:00 – 16:00 WIB. Namun untuk kamu yang ingin berkuliner di malam hari, kamu dapat mencicipi Sate Buntel Tambak Segaran yang berada di Jl. Sutan Syahrir No. 149, Setabelan yang buka pada pukul 12:00 – 22:00 WIB.

6. Nasi Liwet Wongso Lemu

Berdiri sejak tahun 1950, warung Nasi Liwet Wongso Lemu tidak pernah sepi pengunjung. Nasi liwet sendiri adalah sajian khas Solo yang merupakan nasi gurih yang dipadu dengan ayam suwir, telur rebus, sayur labu, dan sedikit sambal.

Rasa gurih khas nasi liwet dari Solo yang dibanderol dengan harga Rp 10.000 – Rp 20.000 ini bisa kamu dapatkan di Jl. Teuku Umar, Keprabon dan bisa kamu kunjungi mulai pukul 16:00 – 01:00 WIB.

7. Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg bukan hanya milik Yogyakarta, akar budaya yang sama membuat gudeg juga bisa ditemui di Solo. Untuk mencicipi gudeg khas Solo dengan cita rasa yang menggugah, kamu bisa mengunjungi Gudeg Ceker Bu Kasno yang berada di bilangan Margoyudan, tepatnya di Jl. Monginsidi tepat di depan Gereja Kristen Jawa dan SMA Negeri 1 Surakarta.

Gudeg Ceker Bu Kasno sangat cocok bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner malam hari. Pasalnya, gudeg ceker ini hanya buka pada pukul 01:00 WIB dini hari saja. Cukup dengan membayar sekitar Rp 18.000, kamu sudah bisa mencicipi seporsi gudeg lengkap dengan 3 ceker.

Jadi apa kamu sudah mencatat makanan – makanan tersebut di daftar kulinermu saat berkunjung ke kota Solo? Atau kamu sudah tidak sabar dan ingin memesan beberapa jenis makanan tersebut melalui layanan pemesanan makanan? Yang pastinya, deretan kuliner Solo di atas wajib banget untuk kalian cicipi!

Leave a comment