Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi tentu penting untuk kesehatan. Karena dengan makanan tersebut kamu bisa beraktivitas dengan baik setiap harinya. Namun, ada beberapa jenis makanan ternyata memberikan efek yang berbeda dan menjadi penyebab kentut bau.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan yang terdapat dari makanan tersebut. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar tidak menyebabkan kentut menjadi bau.

Berikut Beberapa Makanan Penyebab Kentut Bau

BACA JUGA : 10 Tren Usaha Kuliner Kekinian Yang Bakal Laris Manis

1. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat. Selain itu, makanan ini memiliki kandungan gula seperti rafinosa, verbaskosa serta stakiosa. Akan tetapi, jenis glukosa tersebut ternyata tidak mudah dicerna oleh tubuh manusia. Karena enzim yang dibutuhkan untuk mengubah zat tersebut tidak diproduksi dalam tubuh.

Akibatnya, berbagai jenis glukosa di atas tidak diserap dalam lambung dan menuju ke usus. Pada akhirnya, bakteri pembusuk lah yang akan mencernanya. Karena penumpukan yang banyak dari ubi jalar maka hal ini akan menghasilkan kentut yang bau.

2. Brokoli

Jenis makanan lain yang menjadi penyebab kentut bau adalah brokoli. Makanan berwarna hijau yang sehat ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat brokoli menjadi makanan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Namun, brokoli juga memiliki kandungan lain berupa senyawa belerang dan raffinose yang merupakan salah satu zat gula dalam jumlah kadar yang tinggi. Oleh karena itu, makanan olahan dari brokoli biasanya terasa manis.

Tetapi, raffinose tersebutlah yang dapat membuat kentut menjadi bau. Karena zat gula yang terkandung di dalamnya tidak mudah dicerna dalam tubuh. Jadi, kamu jangan heran jika nanti kentutnya berbau busuk sehabis memakan brokoli

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang tiada duanya. Karena, kacang memiliki kandungan gizi dan nutrisi tinggi yang cukup memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi tubuh. Kemudian, jenis makanan ini juga cocok untuk program diet karena kalorinya yang rendah.

Tetapi, kamu perlu memahami bahwa berbagai produk kacang-kacangan memiliki kandungan gula kompleks dalam jumlah tinggi, terutama rafinosa, verbaskosa, dan stakiosa. Senyawa-senyawa tersebut (terutama rafinosa) tidak dapat dicerna dalam lambung; senyawa tersebut akan dicerna di usus besar dengan bantuan bakteri. Gas yang dihasilkan oleh bakteri inilah yang membuat kentut berbau busuk.

4. Produk Olahan Sapi

Makanan yang menjadi penyebab kentut bau lainnya adalah berbagai produk olahan sapi seperti susu, yoghurt, keju, dll. Mengapa? Karena pada susu terdapat kandungan laktosa yang merupakan bagian dari gula (glukosa) yang ternyata tubuh manusia tidak menyediakan enzim yang dibutuhkan untuk mencernanya. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang alergi susu sapi dikarenakan laktosa tersebut.

Kandungan lain yang perlu diperhatikan pada susu sapi adalah sulfur. Zat ini memiliki jumlah yang besar pada susu sapi. Sulfur tersebut berfungsi untuk mendukung kinerja organ hati serta berperan dalam memperkuat kekebalan tubuh.

Akan tetapi, enzim dalam tubuh manusia jumlahnya terbatas sehingga kandungan sulfur yang tinggi pada susu sapi tidak bisa dicerna secara sempurna. Akibatnya zat laktosa serta sulfur ini akan berdiam di dalam usus dan dicerna oleh bakteri pembusuk.

Pada akhirnya produksi kotoran dan gas akan meningkat sehingga menyebabkan kentut menjadi bau.

5. Daging Sapi

Daging sapi merupakan bahan makanan dengan kandungan yang tinggi protein. Kandungan ini bermanfaat untuk pertumbuhan otot, tulang, kulit dan lainnya. Akan tetapi, sapi juga mengandung lemak yang menjadi penyebab obesitas serta zat melanin yang merupakan jenis sulfur yang terkandung dalam asam amino.

Seperti yang terkandung pada makanan lainnya, zat sulfur ini merupakan alasan utama mengapa kentut menjadi bau. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi konsumsi daging sapi untuk mencegah kentut yang bau serta mencegah kegemukan.

6. Kubis

Sayuran lain yang menjadi penyebab kentut bau adalah kubis. Kubis merupakan sayuran yang cukup murah dan sering dijadikan lalapan di berbagai restoran. Kubis cocok untuk mengurangi rasa pedas dari sambal karena rasanya yang manis. Hal ini dikarenakan zat raffinose yang terkandung di dalamnya.

Akan tetapi, zat raffinose tersebutlah yang menyebabkan kentut bau. Mengapa? Karena tubuh manusia tidak menghasilkan enzim yang dapat mencerna zat tersebut.

7. Bawang

Bawang yang menjadi bahan penyebab dalam setiap makanan juga menjadi penyebab utama kentut yang bau. Bawang ini memiliki zat fruktosa yang cukup tinggi. Zat ini tidak mudah dicerna dalam jumlah besar sehingga sebagian besar zat tersebut akan dicerna menjadi kotoran dan gas dalam usus.

Kemudian, bawang juga memiliki kandungan fruktan yang bisa membuat perut menjadi kembung. Hal ini akan memperparah kondisi tubuh karena bisa membuat kentut, keringat dan aroma mulut menjadi bau.

Berbagai makanan di atas dikenal memiliki kandungan dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Akan tetapi, makanan tersebut ternyata memiliki efek samping dan menjadi penyebab kentut bau. Oleh karena itu, membatasi asupan makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kentut bau sekaligus menjaga kesehatan masing-masing.

Leave a comment