17 Agustus merupakan tanggal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Sebab, di hari itu, kita merayakan kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus hari terbentuknya bangsa ini. Layaknya sebuah ulang tahun, maka beberapa orang terkadang ingin merayakannya dengan sebuah kue yang menarik. Bahkan, ada juga beberapa toko yang menjual model kue ulang tahun 17 Agustus.

Tentunya hal ini merupakan salah satu strategi baik karena merayakan hari spesial di momen tepat. Apalagi jika kamu berulang tahun di tanggal yang sama dengan hari kemerdekaan, tentunya kue ulang tahunnya pun perlu spesial.

Untuk kamu yang mencari model kue ulang tahun 17 Agustus, simak 7 jenis kue di bawah ini.

1.     Black Forest

black forest sebagai kue ulang tahun 17 Agustussumber : eatonindonesia

Model kue ulang tahun 17 Agustus yang pertama adalah jenis black forest. Bisa dikatakan black forest adalah sebuah kue yang berasal dari Jerman. Bahan dasar kue ini adalah tepung terigu, telur, margarin, dan juga cokelat bubuk sehingga warnanya terlihat cokelat gelap.

Ciri khas dari kue black forest ini adalah krim segar, serutan cokelat hitam, dan manisan ceri sebagai topping-nya. Lalu, parutan cokelat hitam di atasnya membuat kue ini dinamakan black forest atau hutan hitam.

Untuk model kue ulang tahun 17 Agustus kerap warnanya dimodifikasi menjadi merah putih. Hal ini memang dilakukan untuk menyesuaikan dengan temanya.

BACA JUGA : Tinggal di Jakarta Barat? Ini Beberapa Rekomendasi Restoran Jepang Terdekat yang Wajib Kamu Coba

2.     Opera Cake

kue opera 17 agustussumber : Home Cooking Adventure

Selanjutnya ada opera cake yang dijadikan model kue 17 Agustus. Kue lapis ini berasal dari Prancis dan sudah ada sejak abad ke-16 ketika kopi mulai diperkenalkan di daerah benua Eropa. Pada dasarnya, kue ini adalah jenis sponge cake biasa yang sudah diberikan lapisan beberapa lapisan ganache. Bahannya pun adalah campuran kopi serta cokelat.

Untuk perayaan 17 Agustus, opera cake bisa dijadikan pilihan. Apalagi, opera cake mempunyai tekstur yang sedikit basah. Dengan begitu, aroma kopi yang mirip dengan tiramisu bisa menggugah selera.

3.     Cheese Cake

cheese cake untuk 17 agustussumber : Lifestyle Okezone

Jika kamu mencari model kue yang populer, maka jenis cheese cake adalah jawabannya. Sesuai dengan namanya, cheese cake memiliki arti sebagai kue keju yang memang rasanya manis dan sedikit gurih. Tekstur kue ini juga lembut dan terasa lumer saat disantap.

Bahan dasar kue ini adalah keju krim, keju mascarpone, dan juga keju ricotta. Semua bahan tersebut dicampur dengan susu dan telur lalu dipanggang sampai matang. Sebagian pembuat terkadang memberikan remehan roti dan kacang yang sudah dihancurkan pada bagian bawah. Sedangkan bagian atas diberikan hiasan seperti aneka buah yang sudah matang.

4.     Red Velvet

Red velvet 17 agustussumber : SehatQ

Untuk jenis kue yang mendekati model kue ulang tahun 17 Agustus, maka red velvet sering dipakai. Red velvet adalah jenis kue yang berasal dari Jerman dan bahkan sudah ada sejak perang dunia kedua. Alasan utama jenis red velvet dipakai untuk perayaan 17 Agustus adalah warnanya yang dominan putih dan merah.

Dari segi rasa, kue jenis red velvet ini sangat unik. Sebab, kamu bisa merasakan ada rasa asam, gurih, dan juga manis. Ditambah dengan campuran cream cheese menjadikan kue ini begitu menggoda. Dalam beberapa tahun terakhir, kue jenis red velvet ini cukup populer di Indonesia.

5.     Chocolate Cake

Chocolate cake 17 agustussumber : My Baking Addiction

Chocolate cake atau bisa juga disebut dengan kue cokelat adalah salah satu jenis cake yang sangat populer. Meskipun dominan cokelat, tidak jarang ada beberapa orang yang berkreasi dengan kue ini. Contohnya bisa menjadi model kue ulang tahun 17 Agustus.

Pada dasarnya, chocolate cake ini memakai dua jenis cokelat sebagai bahan utamanya, yakni cokelat bubuk dan juga cokelat batangan. Ketika kue sudah matang, maka kue akan diberi selai cokelat atau ganache sampai nantinya akan disiram dengan cokelat leleh.

6.     Sponge Cake

Sponge cake 17 agustussumber : Japan Centre

Sebelumnya sudah disinggung bahwa ada jenis kue yang menggunakan sponge cake. Bisa dikatakan, sponge cake ini adalah kue yang mempunyai tekstur ringan dan juga sering dijadikan kue ulang tahun.  Bahkan, masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan kue bolu.

Bahan pembuatan sponge cake ini adalah campuran telur, gula, tepung terigu, susu bubuk, serta margarin cair. Semuanya diaduk dan dibuat menjadi sangat mengembang. Karena kue bolu seperti ini sangat populer, tidak jarang jenis ini juga sering menjadi model kue ulang tahun 17 Agustus.

7.     Angle Food cake

angel cake 17 agustussumber : The Spruce Eats

Kue terakhir adalah angle food cake. Di Indonesia sendiri, angle food cake sering disebut dengan kue putih telur karena tidak menggunakan kuning telurnya sama sekali. Maka dari itu, kreasi pada jenis kue ini bisa dibuat seperti untuk perayaan 17 Agustus.

Untuk bahan pembuatannya, kue ini dibuat dari meringue atau kocokan putih telur dan juga. Bahan tersebut dibuat hingga mengembang dan disajikan dengan selai atau saus buah.

Demikian 7 model kue ulang tahun 17 Agustus yang ciamik yang bisa kamu buat untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia bersama keluarga ataupun teman.

Leave a comment