Sebagai ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang sering menjadi tujuan destinasi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri terutama kuliner Palembang.

Salah satu ciri khas dari Kota Palembang adalah kekayaan kuliner yang sangat digemari masyarakat bahkan di berbagai wilayah di luar Palembang sekalipun.

Pempek Palembang menjadi salah satu kuliner yang sangat terkenal dan banyak disukai oleh warga lokal maupun luar kota Palembang sendiri.

Tidak hanya pempek, masih banyak rekomendasi kuliner Palembang yang menjadi daftar favorit wisatawan. Apa sajakah itu?

Simak Ulasan Berikut Untuk Informasi Lengkap Terkait Daftar Kuliner Kota Palembang

BACA JUGA : Pemanfaatan Layanan Pesan Antar Makanan Untuk Mendongkrak Penjualan

1. Pempek Vico

Pempek mungkin bisa kamu jumpai di hampir semua sudut kota Palembang, namun yang paling terkenal adalah Pempek Vico yang letaknya di ujung kota Palembang tersebut.

Sebagai restoran yang menyediakan pempek, kamu sebaiknya tidak datang ketika makan siang karena harus mengantri untuk mendapatkan tempat duduk.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis pempek di restoran ini, dari pempek dengan isian telur, pistel, lenjer, pempek kulit, bahkan pempek tahu.

Pempek yang dijual disini bisa dimakan langsung ataupun dibungkus pulang.

2. Martabak Har

Jika ingin menikmati jajanan pasar atau street food, kamu bisa mencoba jajanan ringan martabak ini. Toko martabak ini sudah berdiri sejak tahun 1947 dan telah membuka banyak cabang di berbagai tempat.

Jika kamu ke Palembang, setidaknya mampirlah ke satu cabangnya dan kamu bisa merasakan martabak yang lezat ini. Martabak yang cukup populer di Palembang, bahkan juga disukai oleh masyarakat lokal sendiri.

Martabak Har memiliki saus kari rempah yang disiramkan langsung pada martabak tepat setelah matang. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk per porsinya. 

3. Bakmi Aloi

Bakmi aloi sendiri juga merupakan salah satu makanan khas kota Palembang. Makanan yang paling terkenal adalah bakmi aloi yang dicampur dengan daging babi.

Di Palembang terdapat tempat makan khusus yang menyajikan berbagai macam makanan non-halal. Ini tentu hal yang harus dicari oleh umat muslim ketika berkunjung ke Palembang.

Jangan sampai kamu salah mampir dan mengajukan protes kepada pemilik karena menyediakan makanan yang tidak sesuai dengan selera kamu.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi untuk setiap menu Bakmi Aloi, kamu bisa menyelesaikannya dengan jenis makanan yang dipilih.

4. Es Kacang Merah

Terdapat dessert atau makanan manis khas kota Palembang yang tidak boleh kamu tinggalkan, yakni es kacang merah. Minuman ini berbahan dasar kacang merah yang dicampur dengan berbagai bahan lain, sehingga memiliki rasa yang manis dan lezat.

Di Palembang terdapat dua franchise es kacang merah yang terkenal, yakni Mamat dan Cinde. Keduanya memiliki tempatnya masing-masing, jadi pelanggan bisa memilih sesuai dengan lokasi yang paling dekat. Harga yang ditawarkan untuk es ini juga terjangkau, bahkan bisa dibungkus sebagai buah tangan.

5. Mie Celor

Mie celor menggunakan potongan mi yang besar, telur yang disajikan di tengahnya dan disiram dengan kuah khusus dengan tekstur yang kental.

Rasanya pedas dan gurih, cocok untuk lidah masyarakat lokal. kamu bisa menyesuaikan toping dengan selera dan tersedia berbagai jenis yang bisa dipilih.

Untuk toping yang digunakan biasanya berupa daging, udang, tauge, daun bawang, bawang goreng, hingga potongan telur yang diiris menjadi dua.

6. Tekwan Lince

kamu tentu mengenal tekwan sebagai makanan khas dari kota Palembang. Ia dibuat semirip mungkin dengan pempek, yang membedakan adalah adonannya yang dibentuk bulat dan disiram dari kuah dengan kaldu udang.

Jika kamu tertarik membeli tekwan, kamu bisa memilih toping yang hendak digunakan, dari jamur kuping, bihun, bakso ikan, seledri, bawang goreng, bahkan bengkuang.

Satu mangkoknya juga terjangkau dan mengenyangkan perut. kamu bisa menikmati tekwan ketika cuaca sedang dingin karena tekwan cocok disantap selagi hangat.

7. Sale Ikan

Kalau selama ini kita akrab dengan sale pisang, di Palembang ada sale unik yang terbuat dari ikan. Makanan khas Palembang yang populer satu ini pun cita rasanya tidak manis, melainkan gurih dengan aroma khas ikan asap.

Makanan khas Palembang yang populer ini dibuat dari ikan gabus, patin, atau lais yang diawetkan lewat proses pengasapan.

Tapi makanan khas Palembang satu ini tak bisa langsung dimakan. Kamu harus memasaknya dengan cara digoreng biasa atau dibumbui sesuai selera.

Jangan lupa untuk mencoba kuliner Palembang ya ketika kamu mengunjungi kota Palembang, eits tapi kuliner Palembang sudah banyak juga sih beredar di kota kota besar di Indonesia!

Leave a comment