Cuaca yang begitu terik di siang hari ditambah kurangnya asupan air dan vitamin yang cukup dapat memicu munculnya sariawan di mulut kita. Pasti akan sangat menyebalkan jika sudah muncul sariawan apalagi di area strategis untuk mengunyah. Ah, rasanya semua makanan akan terasa tidak enak untuk dimakan. Ternyata ada lho beberapa makanan pencegah sariawan yang dinilai manjur .

Berikut Rekomendasi Makanan Pencegah Sariawan yang Bisa Anda Konsumsi Secara Rutin di Rumah!

BACA JUGA : 3 Resep Olahan Singkong Terenak, Termudah Buat Camilan

1. Buah-buahan Kaya Vitamin C

Kekurangan vitamin C menjadi salah satu faktor yang sering terjadi dan menyebabkan sariawan. Sehingga ketika sedang terserang sariawan tak jarang kita dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C tambahan. Itu karena vitamin C merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan inilah yang membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalannya dalam melawan penyakit dan peradangan, termasuk sariawan. Anda bisa mendapatkan vitamin C secara alami dari beberapa buah segar seperti lemon, jeruk, jambu, dan strawberry. Jangan lupa perkaya gizi lainnya dari sumber makanan alami ya supaya tubuh Anda juga menjadi sehat!

2. Madu

Manisnya madu memang memiliki segudang manfaat termasuk mencegah sariawan. Madu terkenal dengan kandungan didalamnya yang mengandung zat anti inflamasi serta anti bakterial. Inilah yang membuatnya baik untuk menghilangkan sariawan. Madu juga memiliki zat antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk tubuh. Selain diminum, Anda juga bisa mengoleskan madu pada sariawan karena madu juga sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Madu selain dapat dikonsumsi langsung, juga bisa ditambahkan dalam berbagai sajian lainnya seperti pancake, susu, dan lain-lainnya. Anda bisa mengkreasikan sesuka hati. Wah, wajib sedia madu di rumah nih!

3. Daging Merah dan Salmon

Selain kekurangan vitamin C, salah satu penyebab munculnya sariawan lainnya adalah kurangnya mengkonsumsi vitamin B, seperti vitamin B9 dan vitamin B6. Untuk itu, saat sedang sariawan Anda bisa memilih beberapa makanan yang tinggi kandungan vitamin B seperti daging merah dan salmon. Di dalam salmon seberat 100 gram misalnya, terkandung vitamin B6 sebanyak 47%. Sedangkan daging merah seberat 100 gram memiliki 31% kandungan vitamin B6. Selain itu makanan ini juga kaya protein lho jadi sangat bermanfaat bagi kesehatan!

4. Matcha

Matcha mengandung zat bernama polifenol yang tinggi serta bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan melawan zat penyebab kanker. Selain itu matcha juga memiliki senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berperan sebagai antioksidan alami dalam membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menyeduh bubuk matcha dengan air hangat atau mencampurkannya ke dalam menu makanan atau minuman. Matcha juga bisa dikonsumsi dingin sesuai selera Anda. Wah hidangan cocok di kala terik nih!

5. Sayuran Hijau

Makanan yang baik untuk menghilangkan sariawan selanjutnya datang dari sayur-sayuran hijau. Sudah bukan hal asing jika sayuran hijau banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Anda bisa mengkonsumsi beberapa sayuran hijau yang tinggi vitamin B seperti bayam, brokoli, selada, dan kailan. Pastikan Anda mengolah sayuran hijau dengan cara yang sehat pula contohnya direbus, dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak agar seluruh gizi dan nutrisi dari sayuran hijau ini tidak hilang. Ingat cara memasak sayuran yang salah justru akan menghilangkan manfaat sayuran itu sendiri. Be aware, ya!

6. Yogurt

Rasanya yang enak ditambah kandungannya yang kaya manfaat membuat yogurt banyak digemari masyarakat. Yogurt dikenal berkat kandungan probiotik yang tinggi. Zat inilah yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit dan peradangan. Sehingga yogurt menjadi makanan yang tepat untuk dikonsumsi selama Anda mengalami sariawan. Selain tinggi probiotik, yogurt juga kaya akan nutrisi baik lainnya bagi tubuh seperti protein, vitamin B, dan kalsium. Jangan lupa beli yogurt ya!

7. Air Kelapa

Bahan alami selanjutnya yang baik untuk menghilangkan sariawan adalah air kelapa. Dalam air kelapa terkandung antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan penyakit. Air kelapa juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, magnesium, serta potasium. Tapi sebaiknya Anda tidak mencampurkan air kelapa dengan gula agar nutrisi baiknya tetap terjaga. Selain itu air kelapa segar juga bisa menjadi alternatif untuk mengisi cairan tubuh sehingga Anda tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa membuat mulut terasa kering, yang akan berdampak pada luka sariawan yang dimiliki akan menjadi terasa lebih perih dan menyakitkan. Jadi saat mengalami sariawan selalu cukupi konsumsi air di dalam tubuh. Anda bisa menambahkan daun mint, selasih, jeruk nipis, dan tambahan lainnya untuk dicampurkan ke dalam air kelapa lho!

7 Rekomendasi makanan di atas bisa konsumsi rutin untuk mencegah munculnya sariawan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Sediakan di rumah ya sebagai stok Anda! Tetap jangan lupa jaga kebersihan mulut, menjaga pola makan seimbang dan olahraga rutin!

Leave a comment