Negara tetangga yang satu ini memang tidak kalah dalam urusan kuliner apalagi street food-nya yang banyak digemari wisatawan. Beberapa Street Food Malaysia mungkin Kamu harus coba apabila ke Jiran. Mudah didapatkan ditambah cita rasa yang nagih, membuat kuliner Negeri Jiran ini selalu dirindukan bagi pengunjungnya. Bukan hanya warga lokal, turis mancanegara termasuk warga Indonesia juga menjadi salah satu penggemar kuliner negeri ini. Ditambah lidah kedua negara ini relatif sama terkait selera, sehingga kuliner malaysia cukup mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia.

Simak Rekomendasi Street Food Malaysia Malaysia yang Patut Kamu Coba

BACA JUGA : Maksimalkan Layanan Delivery Online Untuk Menjangkau Pelanggan

1. Ais Kacang

Street food Malaysia pertama yang wajib dicoba adalah Ais Kacang. Kuliner ala Malaysia ini berupa es campur yang dengan berbagai isian. Sesuai dengan namanya,  Ais Kacang berisi berbagai macam jenis kacang seperti jagung, kolang kaling, kacang merah, dan kacang kedelai. Selain beberapa jenis kacang tersebut akan dicampur es serut, susu kental manis, sirup merah, biji selasih dan taburan kacang tanah yang sudah dicincang halus. Rekomendasi dessert yang menarik nih!

2. Teh Tarik

Street food Malaysia selanjutnya yang wajib dicoba adalah Teh tarik. Teh tarik ini bisa dikatakan minuman khas Malaysia yang sangat mudah ditemukan. Setiap pinggir jalan di Malaysia terdapat penjual teh tarik. Penjual teh tarik ini biasanya adalah orang dari keturunan India yang tinggal di Malaysia. Terbuat dari teh hitam yang dicampur dengan susu kental manis lalu kemudian ditarik hingga menghasilkan busa diatas permukaan teh saat disajikan. Bisa jadi pilihan di tengah teriknya siang hari lho!

3. Apam Balik

Apam Balik merupakan martabak manis khas Malaysia. Namun meski terlihat sama kedua makanan ini tetap memiliki perbedaan. Perbedaanya adalah dari ketebalannya. Jika martabak manis Indonesia memiliki bentuk yang tebal, apam balik memiliki  bentuk yang lebih tipis. Selain itu apam balik menggunakan krim jagung sebagai toping sehingga rasanya mungkin akan sangat berbeda dengan martabak manis. 

4. Muah Chee

Daftar rekomendasi street food lainnya yang bisa kamu cicipi adalah muah chee. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang diolah kemudian digulingkan ke gula halus dan kacang. Makanan yang satu ini mirip dengan mochi, tapi setelah kamu mencicipinya kamu akan merasakan perbedaannya. Muah chee bisa jadi pilihan camilan yang kamu nikmati bersama keluarga.

5. Satai Kajang

Satai kajang sendiri berasal dari kawasan Kajang. Kajang adalah salah satu nama jalan di Malaysia yang ada di Selangor. Tidak berbeda jauh dengan rasa sate Madura dan sate padang, street food khas Malaysia ini juga sangat lezat. Ada berbagai jenis pilihan daging yang digunakan untuk membuat Sate Kajang. Misalnya daging sapi, kambing hingga unta. Harga dari satu ini berbeda-beda tergantung pada jenis daging yang dipilih. Satai ini biasanya disajikan dengan Lontong atau nasi. Kemudian ditambah irisan mentimun sebagai lalapan.

6. Nasi Lemak

Jika Indonesia punya nasi uduk, maka Malaysia punya nasi lemak. Bentuk dari kedua hidangan ini memang sangat mirip dan dari segi rasa serta penyajiannya sangat mengecohkan mata sehingga susah untuk membedakannya. Perbedaan nasi lemak dengan nasi uduk terletak di lauk. Di Malaysia nasi lemak wajib menggunakan lauk dengan bumbu rendang. Bisa rendang ayam, ataupun rendang daging sapi. Selain itu nasi lemak juga dilengkapi dengan sambal teri kacang, dan telur balado. Jika berkunjung ke Negeri Jiran jangan lupa untuk mencicipi hidangan satu ini ya!

7. Roti John

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan nama Roti John. Faktanya, roti ini menjadi makanan jalanan yang sering dicari di Malaysia. Sebutan “John” berasal dari panggilan orang Malaysia kepada orang kulit putih atau orang Inggris yang dulu sempat menjajah negara itu.  Jika dilihat dari bentuknya, roti John terdiri dari roti baguette lunak dengan isian seperti telur dadar, sayuran, ham, daging cincang, sosis, rempah-rempah, serta campuran saus sambal dan mayonaise. Roti John merupakan adaptasi dari kebiasaan orang Inggris yang sering memakan roti dengan telur dan bawang bombay. Hanya saja roti john mengadaptasi dengan teknik memasak yang berbeda. 

Berbagai menu kuliner street food khas Malaysia bisa kamu jadikan referensi ide bisnis kuliner di Indonesia. Kamu bisa memodifikasi dan menyesuaikan dengan lidah Indonesia namun tetap membawa ciri khas kuliner aslinya.

Leave a comment