Taiwan merupakan salah satu negara di Asia Timur yang cukup nyentrik dengan adat dan budaya lokalnya. Selain itu Taiwan terkenal dengan deretan kuliner yang sudah melalang buana di berbagai mancanegara. Kuliner khas Taiwan bisa kamu dapatkan di berbagai negara, jadi tak perlu jauh-jauh terbang ke Taiwan untuk mencicipi kuliner dan jajanan khas negara ini. Di Indonesia sendiri, street food khas Taiwan bisa kamu temukan di beberapa kota dengan mudah. Kamu bisa mencoba street food khas Taiwan yang kamu sukai beberapa titik dengan cita rasa yang tak kalah bersaing dengan olahan khas asli Taiwan. Artikel kali ini akan mengulas deretan street food Taiwan yang bisa dengan mudah kamu dapatkan. Tak hanya beli langsung, kuliner ini bisa mudah kamu pesan secara online!

1. Yu wan

Yu wan atau bakso ikan Tamsui merupakan street food khas Taiwan yang dibuat dari adonan ikan yang diberi isian daging babi dan bawang putih yang diasinkan. Ada juga versi yang menggunakan adonan daging hiu, yang memberikan rasa istimewa pada baksonya. Bakso ikan isi biasanya dibuat dalam bentuk lonjong yang khas dengan tekstur yang kenyal. Biasanya bakso yang disajikan dalam mangkuk ini akan diberi kaldu pasta ikan panas yang diberi bumbu dengan sedikit minyak, merica dan beberapa diberi seledri yang baru dicincang. Selain itu, bakso ini juga biasanya diberi bihun atau dumpling. Bakso ikan ini merupakan street food khas Taiwan yang biasanya disantap untuk sarapan, makan siang maupun sebagai camilan gurih.

BACA JUGA : Pentingnya Strategi Bisnis Kuliner Yang Matang Dalam Pengembangan Bisnis

2. Pancake Tianjing Chong Zhua

Pancake Tianjing Chong Zhua atau pancake daun bawang merupakan salah satu street food khas Taiwan yang jadi favorit penyuka makanan kaki lima. Ini nampak seperti sandwich versi Taiwan. Untuk topping pancake ini kamu bisa memilih topping apapun yang diinginkan, seperti ham, bacon atau telur. Selain topping gurih ada juga topping yang manis. Pancake daun bawang ini mempunyai tekstur renyah dengan rasa yang lezat. 

3. Stinky Tofu

Sangat mudah mengenali makanan ini karena baunya yang yang sulit untuk dilewatkan. Camilan ikonik ini dibuat dari tahu padat berbentuk kubus yang direndam dalam air rendaman yang biasanya isinya ikan kering, daging serta susu fermentasi. Selanjutnya tahu dibiarkan selama berbulan-bulan. Untuk menyajikan tahu ini bisa digoreng atau dikukus. Rasanya sedikit seperti sedikit asam dan baunya semakin kuat, tapi rasanya semakin enak. Terdapat 13 tingkat berbeda dari stinky tofu. Tahu ini paling enak dihidangkan dengan digoreng sehingga menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Cara penyajiannya yaitu dihidangkan bersama dengan saus manis dan pedas maupun kimchi. 

4. Tie Dan

Makanan ini dibuat dengan cara mengeringkan dan merebus telur berulang kali di dalam kaldu hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Proses yang harus dilewati setiap batch telur sekitar kurang lebih 10 kali.  Tie dan bisa dibeli tanpa bungkus atau dalam kemasan vakum. Makanan ini tersedia dalam berbagai rasa, ada bawang putih, kecap, cabai, dan lain-lain. Mungkin kamu penasaran siapa yang punya ide untuk membuat telur semacam ini? 

5. Oyster Mee Sua

Mee sua merupakan hidangan mie asli Taiwan yang menggabungkan antara mie misoa yang tipis dengan tiram di dalam kuah kental yang gurih. Biasanya mie yang khas ini dibuat dari mie misoa merah yang dimasak dalam kaldu, kemudian diberi bumbu dengan bawang putih cincang, jahe, serpihan bonito, saus tiram, arak beras, daun kemangi, serta tepung maizena untuk mengentalkan. Mie ini biasanya dikonsumsi saat panas dan diberi tiram yang direbus dan bisa juga usus babi yang direbus, tapi ini pilihan. Kaya akan rasa dan dihiasi dengan daun bawang cincang ataupun daun ketumbar segar, biasanya hidangan mie ini dicampur dengan kecap asin, cuka beras hitam dan saus cabai. 

6. Gua Bao

Street food khas Taiwan ini merupakan cemilan populer yang sudah menjadi terkenal di seluruh dunia. Hidangan berisi roti kukus yang lembut juga empuk dan diberi isian hangat berupa daging perut babi yang direbus, bubuk kacang, acar sawi, dan ketumbar. Gua bao dijual dalam kantong plastik sehingga memudahkan saat memakannya karena tidak akan terlepas ketika memakannya. 

7. Yan su ji

Yan su ji adalah ayam popcorn Taiwan. Street food klasik Taiwan ini berupa potongan ayam seukuran gigitan yang umumnya direndam dalam kombinasi soy sauce, jahe, bawang putih, anggur beras serta bermacam-macam bumbu yang beraroma. Potongan-potongan tadi kemudian dilapisi dengan tepung kentang atau tepung jagung lalu digoreng sampai renyah. Biasanya hidangan ini dibuat dari paha ayam tanpa tulang. Untuk bumbu tradisionalnya meliputi garam, merica, serta lima rempah lainnya. Variasi modern dari ayam popcorn ini menggunakan beragam rempah, misalnya bubuk mustard, atau bubuk rumput laut.

Itulah ketujuh jenis street food khas Taiwan. Jika selama ini mungkin kamu hanya mengenal dan sudah mencoba minuman boba khas Taiwan, nah sekarang waktunya mencoba jajanan street food Taiwan di atas!  Tak perlu jauh-jauh ke Taiwan, beberapa street food Taiwan tersebut bisa kamu temukan di Indonesia. Salah satu waralaba jajanan terkenal khas Taiwan yang menjual snack dari negeri ini adalah Shihlin dengan menu ayam popcorn. Kamu bisa mencoba memesan street food khas Taiwan lainnya melalui aplikasi pesan antar makanan. Kini saatnya jajan tak perlu ribet, pesan makananmu dan nikmati sekarang juga!

Leave a comment