Usaha franchise adalah usaha yang menggunakan nama, merek dagang, produk, dan bahan dari perusahaan yang sebelumnya sudah ada. Bahasa mudahnya, usaha franchise adalah usaha yang menggunakan nama perusahaan orang lain.

Usaha franchise yang dikenal juga dengan nama waralaba menjadi solusi bagi siapa pun yang ingin memulai usaha dengan cara cepat, karena pelaku usaha tidak perlu memikirkan bahan baku, marketing, hingga branding.

Berikut 8 Usaha Franchise Legendaris Yang Ada Di Indonesia Yang Sudah Sangat Dikenal

  1. KFC

Siapa yang tak kenal dengan nama KFC? Hampir semua orang, khususnya masyarakat Indonesia sudah mengetahuinya, karena KFC ada di mana-mana.

BACA JUGA : Pelajari Data Transaksi untuk Memudahkan Bisnis Kulinermu

Apabila kamu tertarik dengan waralaba KFC, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp1 miliar hingga Rp10 miliar. Angka tersebut merupakan angka yang wajar, karena KFC merupakan brand terkenal yang selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli.

  1. Khun Thai Tea

Khun Thai Tea adalah salah satu usaha franchise yang ada di Indonesia. Perusahaan asal Thailand ini sudah berdiri sejak tahun 1960.

Apabila kamu tertarik untuk menjadi bagian waralaba dari Khun Thai Tea, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp15 juta. Dengan harga yang sudah disebutkan, kamu sudah bisa mendapatkan gerai dan juga bahan baku pembuatan thai tea.

  1. Kebab Baba Rafi

Nama Kebab Baba Rafi juga sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kebab Baba Rafi merupakan usaha franchise yang berasal dari Indonesia.

Meski pesaing terus bermunculan, Kebab Baba Rafi tetap mampu bertahan, bahkan berekspansi ke luar negeri. Apabila kamu ingin menjalankan waralaba dari Kebab Baba Rafi, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp75 juta.

  1. Kkuldak

Kkuldak adalah usaha franchise yang berasal dari Korea Selatan. Saat ini, gerai Kkuldak sudah mencapai 200-an lebih di seluruh Indonesia.

Adapun untuk makanan, Kkuldak menjual olahan ayam. Apabila tertarik menjalankan waralaba Kkuldak, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp.350 juta mengingat bahan bakunya diimpor langsung dari Korea Selatan.

  1. Restoran Sederhana

Restoran Sederhana bisa dijumpai dengan mudah di berbagai daerah yang tersebar di seluruh Indonesia, baik itu di level kota atau kabupaten.

Usut punya usut, ternyata Restoran Sederhana juga sudah menyediakan paket waralaba kepada siapa pun yang ingin menjalankan usaha masakan padang. Adapun untuk jumlah biaya yang dibutuhkan belum diketahui secara pasti.

  1. Rocket Chicken

Rocket Chicken adalah salah satu usaha pesaing KFC. Meski namanya masih kalah dari KFC, setidaknya Rocket Chicken juga sudah memiliki pelanggan setia.

Hal yang demikian itu terbukti dari pihak manajemen Rocket Chicken yang berani menawarkan paket waralaba kepada para peminatnya. Sama seperti Restoran Sederhana, harga paket waralaba dari Rocket Chicken belum diketahui secara pasti.

  1. Apotek K24

Apotek K24 juga termasuk ke dalam usaha franchise legendaris yang ada di Indonesia. Sampai saat ini, jumlah Apotek K24 sudah mencapai ratusan.

Apotek K24 ini buka selama 24 jam. Apabila kamu ingin masuk ke dalam program waralabanya, maka uang yang harus kamu keluarkan kurang lebih sebesar Rp.970 juta. Dengan biaya tersebut, estimasi balik modal hanya tiga tahun saja.

  1. Indomaret

Indomaret adalah toko retail yang sudah berdiri sejak tahun 1988. Saat ini, Indomaret mudah sekali dijumpai di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai informasi, Indomaret juga sudah menjalankan waralaba untuk usahanya. Adapun untuk biaya waralaba yang harus dikeluarkan kurang lebih sebesar Rp.394 juta. Namun biaya tersebut cukup wajar mengingat nama Indomaret sudah sangat terkenal.

Leave a comment