Jajanan rendah kalori merupakan solusi bagi orang-orang yang ingin tetap ngemil, namun berat badan bisa tetap terjaga. Saat ini, jajanan rendah kalori bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.

Ada beragam jajanan yang bisa dikonsumsi. Bahkan, untuk membuatnya sendiri di rumah juga bisa dilakukan.

Berikut jajanan rendah kalori untuk kamu yang sedang diet.

  1. Keripik Nangka

keripik nangkasumber : Rina Resep

Jajanan yang pertama yang bisa dikonsumsi adalah keripik nangka. Penjual keripik nangka saat ini juga sudah banyak, bahkan di beberapa minimarket juga sudah menjual keripik nangka.

BACA JUGA : Dorong Inovasi Bisnis Kulinermu Dengan Menggunakan Aplikasi Kasir

Namun apabila kamu tidak ingin membeli, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah karena buah nangka juga bisa ditemukan dengan mudah. Jadi, silahkan pilih opsi mana yang paling memungkinkan untuk dijalankan.

  1. Apel dan Selai Kacang

apel dan selai kacangsumber : Tribun Manado

Untuk jajanan yang satu ini, tentu kamu harus membuatnya sendiri di rumah. Cara pembuatannya pun sangat mudah sekali di mana kamu hanya perlu mengiris apel dengan ukuran sedang, kemudian oleskan selai kacang di atas buah apel.

Namun yang harus diperhatikan adalah oleskan selai kacang secukupnya saja, karena apabila berlebihan, selai kacang juga bisa memberikan kalori tinggi. Selain apel, buah yang bisa dioleskan selai kacang ada pir dan juga pisang.

  1. Pisang Bakar

pisang bakarsumber : sajianlezat.my.id

Pisang merupakan buah yang kaya akan serat. Selain itu, pisang juga mengandung potasium dan juga vitamin B6. Potasium bagus untuk menjaga kesehatan jantung, sedangkan vitamin B6 bagus untuk metabolisme tubuh

Adapun untuk membuat jajanan yang rendah kalori dari pisang, kamu bisa membuatnya dengan mudah di mana pisang hanya perlu dibakar. Setelah dibakar, kamu bisa mengoleskannya dengan madu agar semakin nikmat.

  1. Ubi Manis

ubi manissumber : AloDokter

Ubi manis kaya akan karbohidrat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama ketika dikonsumsi. Untuk memasak ubi manis ini, kamu bisa menerapkan beberapa cara, diantaranya adalah dipanggang atau direbus.

Ubi manis termasuk rendah kalori, karena 100 gram ubi manis hanya mengandung 85 kalori saja. Selain rendah kalori, ubi manis juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B6, C, D, zat besi, magnesium, dan potasium.

  1. Buah Beri

buah berisumber : Suara

Jajanan rendah kalori selanjutnya adalah buah beri, seperti stroberi, bluberi, dan rasberi. Buah-buahan ini apabila dikonsumsi akan tetap menjaga diet kamu berjalan dengan aman.

Sebagai informasi, 100 gram buah beri hanya mengandung 58 hingga 60 kalori saja. Bukan hanya itu saja, buah beri juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin K, C, hingga menjadi sumber serat yang baik.

  1. Protein Bar

protein barsumber : hello sehat

Protein bar sudah banyak dijual di pasaran. Protein bar terbukti mampu menunda rasa lapar, karena akan dicerna lebih lambat oleh metabolisme tubuh. Protein bar juga bisa dibawa ke mana-mana sehingga bisa lebih praktis ketika ingin menyantapnya.

Yang harus diketahui terkait protein bar ini adalah usahakan mengkonsumsi protein bar yang setidaknya mengandung 6 gram protein. Selain itu, usahakan kalori yang terkandung di dalamnya antara 100 hingga 200 kalori.

  1. Kue Putu

kue putusumber : Head Topics

Tidak ada yang menyangka bahwasanya kue putu termasuk jajanan yang rendah kalori. Namun, faktanya memang demikian di mana satu kue putu hanya mengandung 26 kalori saja.

Kue putu termasuk jajanan tradisional. Namun sayangnya, keberadaan kue putu saat ini mulai jarang ditemukan di pasar-pasar. Meskipun begitu, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus mengandalkan pedagang yang ada di pasar.

  1. Yogurt

yogurtsumber : SehatQ

Yogurt sudah dikenal sebagai jajanan yang rendah kalori. Selain rendah kalori, yogurt juga kaya akan kalsium. Mengingat rasa yogurt beragam, disarankan untuk mengkonsumsi yogurt tanpa rasa (plain).

Dengan mengkonsumsi yogurt tanpa rasa, kalori yang diberikan akan jauh lebih rendah. Apabila sulit mengkonsumsinya, maka kamu bisa menambahkan buah-buahan , seperti stroberi, anggur, nanas, semangka, atau melon.

  1. Sarden

Sardensumber : The Daily Meal

Meski aneh mengkategorikan makanan yang satu ini sebagai “jajanan”, namun sarden merupakan sumber protein, kalsium, zat besi, vitamin D, vitamin B12, selenium, dan banyak nutrisi lainnya.

Sarden juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sempurna dengan lemak khusus yang bersifat anti-inflamasi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kamu bisa langsung menyantapnya dari kaleng atau tumpukkan di atas biskuit hangat sebagai camilan yang mengenyangkan.

Satu kaleng sarden (106 gram) hanya mengandung 151 kalori saja!

  1. Oatmeal

Oatmealsumber : Republika

Oatmeal mengandung serat dan protein yang tinggi, dimana agak sulit dicerna dan dapat membantu menstabilkan gula darah.

Itulah sembilan jajanan rendah kalori yang bisa disebutkan. Silahkan pilih salah satu jajanan yang paling mungkin untuk kamu konsumsi atau kamu buat sendiri, sehingga program diet akan tetap berjalan tanpa harus menahan rasa lapar yang berlebih.

Leave a comment