Sebagai penderita anemia, makanan untuk meningkatkan HB sangat kamu butuhkan untuk konsumsi sehari-hari. HB atau hemoglobin adalah suatu protein yang terdapat pada sel darah merah. HB memiliki fungsi sebagai pembawa oksigen untuk seluruh jaringan pada tubuh dan sebagai pengangkut karbondioksida kembali ke paru-paru.

Gejala seseorang yang kekurangan kadar hemoglobin dalam tubuhnya adalah mengalami lemah, letih, lesu, dan pucat. Kekurangan hemoglobin inipun hanya bisa diketahui melalui tes darah. Kadar HB yang rendah inipun tidak bisa kamu sepelekan begitu saja, sebab dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, HB dalam tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan berikut ini.

1. Makanan Kaya Zat Besi

Makanan yang kaya zat besi mengandung sel darah merah atau hemoglobin. Sehingga makanan inipun dapat membantu pembentukan sel darah merah. Pria dewasa membutuhkan asupan zat besi sebesar 8 mg setiap harinya. Sementara perempuan dewasa  membutuhkan asupan zat besi sebesar 18 mg setiap harinya.

Adapun makanan yang mengandung zat besi yang tinggi adalah  daging sapi, telur, hati ayam, dan hati sapi. Selain itu, zat besi juga terkandung pada sayuran seperti brokoli, bayam, kacang-kacangan dan tofu.

BACA JUGA : Kupas Tuntas Disini! Rumus HPP untuk Usaha Kuliner

2. Makanan Kaya Vitamin C

Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan dengan kaya vitamin C untuk meningkatkan HB. Makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi membantu tubuh untuk menyerap zat besi secara optimal. Sehingga selain mengkonsumsi makanan dengan zat besi tinggi, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C agar pembentukan HB menjadi optimal.

Beberapa buah seperti jeruk, buah beri, jambu biji dan kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Buah lemon dan tomat pun juga bisa menjadi alternatif makanan yang dapat kamu coba.

3. Makanan Kaya Beta Karoten

Makanan meningkatkan HB selanjutnya adalah makanan dengan kaya beta karoten. Seperti vitamin C, makanan dengan kadar beta karoten yang tinggi juga berfungsi dalam penyerapan zat besi secara optimal. Beta karoten adalah suatu pigmen warna alami pada sayur dan buah yang berwarna oranye, merah, atau kuning.

Adapun buah dengan beta karoten yang tinggi adalah pepaya, paprika, wortel, buah bit, dan labu. Buah bit selain tinggi akan beta karoten, juga tinggi akan nutrisi seperti kalium, asam folat dan serat.

4. Makanan Tinggi Asam Folat

Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel, salah satunya adalah sel darah merah (HB). Selain untuk meningkatkan HB pada tubuh, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, mengurangi risiko pikun, dan menjaga kesehatan kulit.

Adapun kandungan asam folat yang tinggi dapat didapatkan pada bayam, kangkung, brokoli, kacang panjang, dan kacang polong. Kandungan asam folat yang tinggi juga terdapat pada daging sapi dan alpukat. Sementara buah dengan asam folat tinggi adalah pada jeruk, buah bit, dan pisang.

5. Ikan Laut

Rekomendasi terakhir makanan untuk meningkatkan HB adalah ikan laut. Diketahui, sebagian besar ikan laut mengandung zat besi tinggi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Namun konsumsi ikan laut yang berlebih justru menyebabkan gangguan kesehatan.

Ikan laut seperti kerang, udang, sarden, dan ikan tuna efektif untuk meningkatkan kadar HB dalam tubuhmu. Pada udang misalnya, dalam setiap 100 gram udang mengandung 3 mg zat besi.

Itulah lima rekomendasi makanan untuk meningkatkan HB yang dapat kamu konsumsi sesuai dengan anjuran kesehatan. Konsumsi secukupnya dengan cara pengolahan yang benar. Agar manfaat dari makanan di atas dapat bekerja optimal dalam tubuhmu.

Leave a comment