Perkembangan digital dan sosial media menjadikan banyak sekali content creator yang bermunculan dengan berbagai ide konten yang beragam. Konten kuliner menjadi salah satu konten dengan banyak sekali penikmat. Mulai dari food blogger, review makanan, hingga konten mukbang! Nah lho, siapa yang sudah tidak asing lagi dengan istilah mukbang?

Misalnya saja di platform YouTube, ada banyak banget youtuber yang mengunggah video mukbang. Nah, sebenarnya apa sih mukbang itu? Darimana asal-usul istilah mukbang? 

Simak Fakta Seputar Mukbang yang Mungkin Belum Kamu Tahu Yuk!

1. Fakta Seputar Mukbang

  • Asal Korea Selatan

Mukbang bermula dari Korea Selatan. Kegiatan ini mulai populer sekitar tahun 2010-an, lho! Di Korea kebanyakan tayangan mukbang disiarkan di situs Afreeca.tv. Untuk saat ini, mukbang sudah menjamur ke berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Tanboy Kun menjadi salah satu content creator video mukbang asal Indonesia yang sudah cukup terkenal.

  • Siaran Makan

Mukbang atau moekbang berasal dari gabungan dua istilah Korea yang berarti ‘makan’ dan ‘siaran’. Secara utuh, mukbang adalah siaran yang menayangkan seorang pemandu yang sedang menyantap makanan. Makanan yang disantap biasanya dalam jumlah besar. Mukbang biasanya disiarkan secara live atau ‘langsung’. Jadi, di tengah makan, pemandu tersebut akan berinteraksi dengan penonton yang sedang menonton ia siaran. Suara dari makanan saat dikunyah memberikan sensasi dan keseruan tersendiri bagi penontonnya!

  • Broadcast Jockey (BJ)

Apakah ada yang pernah dengar istilah BJ? Buat yang suka nonton acara mukbang Korea, pasti sudah nggak asing dengan istilah ini. Nah, buat yang belum tahu, pemandu atau host dari acara makan yang disiarkan ini biasanya disebut sebagai broadcast jockey atau sering disingkat BJ. Siapa saja bisa jadi BJ, lho! Asal kuat makan dalam jumlah besar maka berpotensi menjadi BJ. Jadi, nggak hanya orang terkenal saja yang bisa jadi BJ. Kalau seseorang bisa membawakan siaran makan secara menarik dan khas, ia akan bisa menjadi BJ yang disukai banyak penonton. Nah, apakah kamu tertarik melakukan mukbang?

2. Alasan Mukbang Bisa Ngetren

Mukbang menjadi salah satu konten yang banyak diminati di berbagai penjuru dunia. Bukan hanya kalangan remaja, dewasa, hingga orang tua juga menjadi salah satu penikmat konten mukbang. Tapi sebenarnya ada lho beberapa alasan yang dikemukakan oleh para pecinta konten mukbang, yuk simak!

  • Merupakan teman makan bagi para pecinta kuliner

Makan sendirian bukanlah suatu masalah yang besar untuk sebagian orang. Tapi  bagi beberapa orang, makan sendirian merupakan hal yang aneh, apalagi kalau makan di luar sendirian. Dari alasan diatas, sudah bisa diketahui bahwa dengan adanya istilah “makan online”, orang-orang jadi merasa terhibur dan tentu merasa punya teman untuk makan.

  • Memberi informasi tentang berbagai kreasi makan dari Korea

Karena mukbang berasal dari Korea, maka banyak orang dari luar mencari referensi makanan Korea melalui video-video mukbang. Selain karena makanannya, tentunya karena peran BJ yang buat penonton makin ngiler melihatnya makan. Nggak heran ya kenapa tren mukbang semakin mendunia?

  • Membantu memuaskan nafsu makan bagi orang yang sedang berdiet

Ada yang mengatakan bahwa hanya dengan melihat video mukbang saja sudah bisa buat kenyang. Yup, begitulah yang dikatakan dan dirasakan oleh orang-orang yang sedang melakukan diet. Karena tidak bisa makan banyak maka mereka melampiaskannya melalui video mukbang.

Nah setelah mengetahui informasi lebih lengkap tentang mukbang, apakah kamu terkait untuk mencoba sensasi mukbang secara langsung? Siapkan makanan kesukaan kamu dalam porsi jumbo dan banyak, jangan lupa microphone dan kamera untuk merekam pengalaman mukbangmu! Siapa tahu kamu bisa jadi terkenal lho! Selamat mencoba!

Leave a comment