Siapa yang belum tahu atau bahkan belum pernah mendengar sama sekali istilah stock opname? Sebagai pelaku bisnis, istilah ini harus dipahami dengan benar mengingat manfaatnya yang begitu penting dalam pengelolaan bisnis kamu. Jadi sebenarnya, apa itu stock opname? Ulasan kali ini akan membahas informasi selengkapnya!

Apa itu stock opname?

Stock opname adalah salah satu kegiatan penting dalam mengelola persediaan bisnismu. Stock opname wajib dilakukan secara rutin dan berkala. Kegiatan ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh bisnis dengan aset persediaan barang, seperti usaha ritel (swalayan dan supermarket).

Lalu, apa itu stock opname?

Pengertian stock opname sendiri merupakan kegiatan perhitungan stok barang yang ada di dalam gudang dan siap untuk dijual. Artinya, stock opname adalah kegiatan yang harus dilakukan langsung di dalam gudang. Sebab, dalam kegiatan ini, kamu harus mengecek dan menghitung stok barang secara fisik dengan tepat.

BACA JUGA : Wajib Tahu! Berikut Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Manfaat Stock Opname untuk Optimalisasi Bisnis

Setelah mengetahui apa itu stock opname, selanjutnya kamu harus mengetahui manfaat pentingnya untuk bisnis kamu. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kegiatan stock opname dilakukan untuk mengetahui secara pasti dan benar tentang persediaan barang yang ada pada catatan pembukuan dan barang yang ada di gudang. Apakah jumlahnya sama atau berbeda.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan stock opname. Jika ditemukan barang lebih banyak daripada yang tertulis di stock opname, maka bisa dilakukan pengecekan ulang, apakah kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau kesalahan dalam melakukan pencatatan. 

Jika terjadi kekurangan, biasanya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat jurnal penyesuaian atas kekurangan barang, atau bisa juga perusahaan membebankan kepada petugas bagian stock opname melakukan penggantian atas kekurangan barang. 

Dari ulasan singkat tersebut, terbayang betapa besar kerugian yang harus ditanggung jika stock opname dilakukan secara asal-asalan, bukan? Ini dia beberapa manfaat penting kegiatan stock opname untuk bisnis kamu:

  • Meminimalkan risiko ketidaksesuaian stok barang baik lebih atau kurang.
  • Mempercepat proses tindak lanjut dan investigasi apabila diketahui bahwa ada stok barang yang tidak sesuai, sehingga risiko kerugian dapat diminimalisir.
  • Menjadi pertimbangan penting dalam proses analisis bisnis.
  • Membantu mengetahui aliran masuk dan keluar stok barang secara lebih pasti.
  • Mengecek secara langsung kondisi barang yang ada di dalam gudang untuk memastikannya selalu dalam kondisi yang baik dan memenuhi standar untuk dijual.

Stock opname sendiri menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyita waktu dan tenaga. Bergantung pada skala bisnis dan jumlah stok sediaan yang ada di dalam gudang, semakin banyak stok yang harus terdata maka semakin banyak waktu yang harus dihabiskan hingga berjam-jam bahkan sehari penuh. 

Untungnya di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kegiatan stock opname dapat lebih mudah dan cepat dengan bantuan sistem terkomputerisasi untuk mencatat stok persediaan barang. Salah satunya dengan layanan yang ditawarkan oleh ESB, aktivitas stock opname bisnis kamu bisa dilakukan dengan efisien dengan mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi. Dengan dukungan sistem Supply Chain Digital yang terhubung dengan ESB Core, semuanya dapat berjalan secara transparan dan efisien, mengurangi risiko terjadi fraud dengan signifikan, serta menghindari kerugian akibat pembelian yang tidak terkendali. Menarik bukan? 

Leave a comment