Pembuatan garnish nasi goreng cantik saat ini cukup diburu oleh konsumen. Sebab, penilaian sebuah masakan di zaman sekarang tidak hanya karena cita rasanya saja. Penampilan makanan tersebut juga menjadi penilaian penting dari konsumen.

Bahkan, garnish pada hidangan juga dapat meningkatkan penjualan bisnismu. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau beberapa restoran dan warung makan kerap membuat garnish masakan mereka dengan gaya masing-masing.

Untuk kamu yang mencari bahan masakan yang cocok sebagai ide garnish nasi goreng cantik, simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1.     Cabai

Cabai sebagai garnish pada nasi gorengsumber : Factsofindonesia.com

Cabai merupakan bahan makanan yang sangat familiar di Indonesia. Selain sebagai bahan dasar pembuatan sambal, cabai juga kerap dijadikan bahan garnish nasi goreng cantik. Jenis cabai yang sering dipakai sebagai garnish adalah warna merah cerah karena tampilannya paling menarik.

BACA JUGA : 5 Resep Rica Rica Ayam Praktis, Pedesnya Bikin Jontor

Biasanya, cabai sering dibuat menjadi kelopak bunga pada nasi goreng cantik. Caranya tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu potong cabai secara vertikal menggunakan pisau atau gunting. Setelah itu, buanglah bijinya sehingga mudah dibentuk sebagai kelopak bunga. Jika ingin mekar sempurna, rendamlah cabai pada air dingin atau air es dan diamkan beberapa jam atau semalaman.

2.     Timun

Timun sebagai garnish pada nasi gorengsumber : Gardener’s Path

Jika kamu sering membeli nasi goreng, maka timun ini sering ada sebagai makanan pendampingnya. Selain itu, timun juga kerap dibuat menjadi ide garnish nasi goreng cantik. Tidak jauh berbeda dengan cabai, timun kerap dibuat menjadi bentuk bunga untuk mempercantik masakan.

Untuk bisa membuat bunga dari bahan timun, kamu harus menggunakan pisau khusus pengupas sayuran. Jika punya, potong timun menggunakan pisau pengupas sayuran menjadi 6 potong dengan irisan tipis. Lalu, lubangi 1 buah irisan timun pada bagian tengahnya dan irisan tersebut akan menjadi bagian bawah bunga.

Lalu, kamu harus menggulung 5 irisan timun lainnya agar mirip dengan kelopak bunga. Selanjutnya, tempatkan gulungan kelopak bunga tersebut pada tengah lubang timun yang pertama tadi dibuat. Kamu bisa melebarkan gulungan timun dengan hati-hati sehingga nanti akan terlihat seperti bunga yang mekar.

3.     Tomat

Tomat sebagai garnish pada nasi gorengsumber : Treehugger

Nah, tomat juga sering menjadi ide garnish nasi goreng cantik dan bahkan untuk masakan lainnya. Bentuk yang paling sering dibuat dari tomat adalah bunga mawar merah yang begitu indah.  Untuk membuatnya, kamu hanya butuh satu buah tomat dan pisau untuk memotongnya.

Pertama-tama, potong bagian bawah tomat dan potong juga bagian kulitnya yang melingkar dengan aksen gelombang. Setelah itu, gulung kembali kulit tomat yang dikupas tadi secara perlahan. Pastikan sisi kulitnya tetap berada di luar dan pulpa ada di bagian dalam.

Setelah itu, kamu dapat menempatkan gulungan kulit tomat di bagian bawah kulit tomat sebagai alasnya. Terakhir, kamu bisa sesuaikan kelopak bunga dari kulit tomat dengan mengencangkannya atau dikendurkan secara hati-hati.

4.     Wortel

wortel sebagai garnish pada nasi gorengsumber : Food & Nutrition Magazine

Bisa dikatakan wortel juga kerap dijadikan garnish nasi goreng cantik karena penampilannya begitu indah. Ditambah lagi, teksturnya padat sehingga lebih mudah untuk dibentuk. Untuk jenis garnish yang paling sering dibentuk pada wortel adalah bunga.

Caranya adalah kupas kulit terluar wortel dan cuci sampai bersih. Lalu, potong hingga ukurannya 1 atau 1,5 cm pada bagian pinggir wortel. Tujuannya adalah memberikan efek kelopak bunga. Jika sulit, kamu bisa menggunakan jenis pisau salur khusus sehingga wortel bisa terlihat seperti bunga.

Selanjutnya, kamu bisa langsung memotong wortel dari bagian atas. Nantinya wortel yang sudah dipotong akan berbentuk bulat dan tampilannya seperti bunga matahari.

5.     Daun Seledri

Seledri sebagai garnish nasi gorengsumber : EatingWell

Terakhir adalah daun seledri yang bisa dijadikan ide garnish pada nasi goreng. Daun seledri juga sangat sering dijadikan bahan garnish karena paling mudah dan juga praktis. Untuk cara membuatnya, bersihkan dulu daun seledri secukupnya. Lalu buatlah daun seledri seperti membentuk rumput atau tanaman pagar di samping nasi goreng. Kombinasi daun seledri dan beberapa bahan di atas menjadikan nasi goreng terlihat sempurna.

Demikian 5 bahan masakan untuk ide garnish nasi goreng cantik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya dan bisa kamu coba praktekkan di rumah.

 

Leave a comment