Istilah supervisor dikenal sebagai salah satu jabatan fungsional dalam susunan pekerjaan. Dalam manajemen bisnis F&B sendiri biasanya melibatkan seseorang sebagai supervisor restoran yang bertanggung jawab atas semua operasional bisnis tempat makan atau restoran. Tugas biasanya mencakup mewawancarai kandidat, perekrutan, pelatihan, penjadwalan dan pengelolaan karyawan, serta mengawasi inventaris, termasuk makanan dan minuman, persediaan, dan peralatan restoran lainnya.

Selain itu posisi ini juga bertanggung jawab untuk menyelesaikan keluhan pelanggan mengenai kualitas dan layanan makanan dan memastikan bisnis mematuhi peraturan kesehatan dan keamanan makanan. Adapula, tugas supervisor restoran juga melakukan tugas administratif seperti mengelola penggajian dan menulis anggaran. Wow banyak sekali bukan? Begitulah memang tanggung jawab seorang supervisor restoran, tentu tidak main-main. Berikut beberapa tugas supervisor restoran lebih detailnya sebagai berikut:

Tugas Supervisor Restoran

  • Mengecek kehadiran karyawan
  • Mengecek daftar pesanan
  • Mengecek persediaan barang
  • Mengecek standar kualitas menu (makanan dan minuman)
  • Mengecek standar penampilan karyawan
  • Membuat jadwal kerja karyawan
  • Mengusulkan penambahan dan pengurangan jumlah karyawan
  • Menangani setiap event atau pesanan dalam jumlah besar
  • Menangani komplain atau keluhan tamu
  • Mengusulkan promosi karyawan
  • Menangani dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kelancaran operasional restoran
  • Melakukan ramah tamah kepada setiap tamu atau pelanggan restoran
  • Memberikan contoh baik, memberikan pengarahan dan motivasi kepada setiap karyawan
  • Membuat rekap gaji
  • Memastikan bahwa setiap program bulanan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana
  • Membuat catatan penyimpangan dan pelanggaran dalam operasional
  • Menindaklanjuti memo, ide, dan usulan baik yang datang dari manajemen maupun yang diberikan oleh karyawan

Dibalik setumpuk tanggung jawab tugas supervisor restoran yang harus diemban, seorang supervisor harus memiliki softskill maupun hardskill yang mumpuni agar bisa menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Ada beberapa hal yang harus dipahami dan dimiliki oleh seorang supervisor restoran, lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ini!

BACA JUGA : Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha F&B Pemula

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menjadi Supervisor Restoran

  1. Mampu bekerja dengan baik

Seorang supervisor jika tidak bisa bekerja dengan baik maka seluruh pekerjaan yang dibebankan akan terbengkalai, selain itu seluruh bawahan yang ada di divisi tersebut tidak mampu menjalankan seluruh tugasnya. Inilah tugas supervisor restoran untuk bisa bekerja dengan baik dalam menjadi seorang leader bagi divisi yang dipimpinnya.

  1. Mengerti tugas utama  seorang supervisor

Menjadi seorang supervisor restoran bukanlah sebuah tugas yang mudah. Bisa memahami dengan baik tugas di kantor akan membuat seorang supervisor menjadi seorang yang lebih baik dan akan mudah mencapai kesuksesan dalam bekerja.

  1. Bisa bekerja sama dengan baik

Supervisor restoran tidak bisa bekerja sebagai seorang individualis. Sangat mustahil pekerjaan yang berhubungan dengan orang banyak bisa terselesaikan dengan mudah. Tugas supervisor restoran harus mampu menjadi jembatan bagi setiap karyawan yang terlibat dalam suatu pekerjaan agar komunikasi berjalan dengan baik.

  1. Berwawasan luas

Memiliki wawasan yang luas juga bisa membantu kamu lebih dihormati dan dihargai. Selain itu, poin tambahan sebagai seorang supervisor restoran adalah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun dalam bidang yang sama, hal ini dimaksudkan agar saat bekerja seorang supervisor lebih mengerti apa yang harus dilakukan. 

  1. Jujur dan ramah

Poin ini terlihat sederhana namun menjadi hal yang sangat penting. Di dalam bekerja bukan hanya kemampuan bekerja yang dituntut namun kita juga dituntut menjadi pribadi yang baik. Salah satu sifat yang perlu kita miliki adalah jujur dan ramah. Tanpa sebuah kejujuran maka mustahil orang akan mempekerjakan kita dalam waktu yang lama. Selain itu kamu juga harus ramah kepada siapa saja, terutama kepada pelanggan. Sikap ramah juga akan menambah kenyamanan rekan sejawat maupun pelanggan.

Nah itu dia tugas supervisor restoran secara rinci dalam hal manajemen maupun operasional restoran. Tidak mudah memang, tapi dengan keuletan dan ketekunan, kamu bisa menjadi seorang supervisor restoran teladan. Hal paling penting adalah kamu tetap harus rendah hati dan selalu terbuka dengan masukan untuk kebaikan bersama.

 

Leave a comment