Sumpit banyak digunakan oleh beberapa restoran khas Tiongkok, Jepang, maupun Korea untuk menikmati sajian mereka. Bahkan hingga sekarang, banyak sekali bisnis kuliner yang menggunakan sumpit sebagai alat makan pelengkap seperti mie ayam ataupun dimsum. 

Sumpit merupakan salah satu alat makan paling serbaguna. Sumpit bisa digunakan sebagai penjepit, pemotong, hingga pengocok segala jenis makanan. Namun bagi pemula, ternyata menggunakan sumpit terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, makanan kadang tak terambil sehingga menyulitkan proses makan. Bahkan terkadang ini membuat kesal penggunanya sehingga enggan menggunakan sumpit lagi.

Faktanya, penggunaan sumpit yang benar tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu terbiasa serta memahami tips & trik pemakaian sumpit saja agar lebih mahir. Artikel kali ini akan menjabarkan beberapa cara memegang sumpit yang benar yang bisa kamu coba sendiri. Simak informasi selengkapnya yuk!

Cara memegang sumpit yang benar

Cara Memakai Sumpit #1

  • Pegang 1 sumpit dengan tangan dominan kamu (boleh kanan maupun kiri), lalu longgarkan.
  • Pegang sumpit ini pada ibu jari dan telunjuk kamu. Seimbangkan (ditopang) dengan jari manis.

BACA JUGA : Russian Service Adalah: Prosedur, Layanan, dan Contohnya, Calon Pegiat F&B Wajib Tahu!

Cara Memakai Sumpit #2

  • Tempatkan sumpit 2 di antara jari telunjuk & ibu jari bersama dengan sumpit pertama.
  • Seimbangkan sumpit ke-2 ini di jari tengah.

Cara Memakai Sumpit #3

  • Gunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah untuk menggenggam sumpit kedua lebih erat
  • Ketika kamu sedang mengikuti cara di atas, secara alami sumpit ditopang oleh jari manis dan jari kelingking. Jadi pastikan bahwa kedua jari tersebut seimbang dan pas sehingga makanan dapat terambil.

Cara Menggerakkan Sumpit:

Setelah kamu dapat memegang sumpit, selanjutnya kamu dapat mencoba menggerakkannya.

  • Sumpit harus ditopang oleh sendi pertama jari tengah. Ketika langkah ini dilakukan dengan benar, maka ujung sumpit akan bersentuhan, sementara bagian lainnya tidak.
  • Saat menggerakkan sumpit, hal yang harus diperhatikan adalah bahwa sumpit bagian atas harus bergerak ke atas dan ke bawah, sehingga sumpit bagian bawah hanya diam.
  • Jika dilakukan dengan benar, maka kamu dapat menggenggam makanan-makanan kecil seperti kacang, anggur, hingga nasi menggunakan sumpit.

Ulasan di atas dapat kamu praktikkan pelan-pelan. Sebenarnya kuncinya harus terbiasa supaya kamu lebih paham bagaimana cara memegang sumpit yang benar dan mahir mengaplikasikannya. Tidak kalah penting bagi seorang pemula adalah memilih jenis sumpit untuk dicoba. Hal ini dapat mempermudah kamu untuk menggunakan sumpit dengan benar. Simak selengkapnya berikut ini!

Tips Membeli Jenis Sumpit

Sebagai pemula, usahakan untuk membeli sumpit dengan jenis bambu atau kayu halus. Tekstur sumpit ini kokoh dan kesat, sehingga dapat memudahkan pemula untuk belajar bagaimana cara memegang sumpit yang benar, baik untuk mengambil makanan, mulai dari nasi hingga mie.

Jika sudah mahir dalam memegang sumpit yang benar menggunakan sumpit bambu, kamu bisa meningkatkan skill menggunakan sumpit dengan membeli jenis sumpit stainless steel & plastik. Kedua jenis sumpit ini terkenal sangat licin, sehingga cukup sulit untuk dapat mengambil makanan berkuah seperti mie, kecuali jika kamu sudah sangat ahli. Semua tipe sumpit ini bisa kamu beli di pasaran maupun e-commerce dengan harga yang beragam.Nah itu dia ulasan terkait cara memegang sumpit yang benar. kamu harus mencobanya sendiri di rumah untuk membiasakan diri. Ingat, bisa karena biasa lho!

Leave a comment