Masa pandemi Covid-19 masih belum berakhir juga, sehingga beberapa aktivitas saat ini lebih banyak dilakukan di rumah secara digital. Salah satu aktivitas online yang sering dilakukan adalah memesan makanan online. Apalagi banyak jenis makanan yang sudah dijual melalui jasa pengantar makanan atau bisa juga melalui aplikasi ketika tempat makanan tersebut sudah memiliki nama.

Saat kamu akan memesan makanan online, ada baiknya harus perhatikan dulu beberapa tips agar tetap aman dan tidak terkontaminasi virus Covid-19.

Berikut Cara Pesan Makanan Online Saat Masa Pandemi

BACA JUGA : Ini Dia Bocoran Resep Donat Jco Ala Rumahan

1.Pilih Makanan Yang Mengandung Banyak Gizi Dan Vitamin

Karena kondisi saat ini yang menuntut daya tahan tubuh lebih kuat, maka sebaiknya kamu pilih makanan yang mengandung banyak gizi dan menyehatkan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan menu makanan yang dipesan sehingga aman ketika dikirimkan.

Akan lebih baik kalau kamu memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan restoran atau warung yang kamu pesan. Biasanya dapat kamu lihat pada profilnya atau bisa juga melalui komentar dari pengunjung yang pernah memesan di sana.

2. Menggunakan Transaksi Non Tunai

Untuk lebih aman ketika memesan makanan online, sebaiknya kamu melakukan transaksi secara non-tunai atau cashless. Dengan adanya sistem non tunai, maka kamu bisa mengurangi kontak dengan kurir yang mengantarkan makanan.

Selain menggunakan sistem non-tunai, metode uang elektronik atau e-money juga efektif digunakan ketika memesan makanan melalui sistem online. Sekarang kamu tinggal memilih memakai metode apa yang sekiranya mudah dilakukan tanpa harus kontak dengan kurir.

3. Selalu Terapkan Jaga Jarak Ketika Menerima Pesanan

Saat kurir pengantar makanan sudah tiba, sebaiknya kamu terapkan jaga jarak. Jika diperlukan, kamu bisa sediakan meja atau kursi sebagai tempat untuk meletakan pesanan makanan di depan rumah.

Dengan menerapkan jaga jarak, setidaknya kamu sudah berhasil melakukan pencegahan terkena virus Covid-19.

4. Selalu Pakai Masker dan Cuci Tangan

Walaupun kamu harus kontak dengan kurir pengantar makanan, ada baiknya kamu tetap menggunakan masker dan juga cuci tangan setelah menerima pesanan. Agar lebih aman, kamu bisa memakai masker dua lapis yang sesuai dengan standar yang berlaku saat ini.

Untuk cuci tangan, kamu bisa melakukan sebelum maupun setelah kontak dengan kurir. Bisa itu dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer apabila ada.

5. Hangatkan Kembali Makanan yang Sudah Dibeli

Untuk menjaga agar virusnya benar-benar mati dan kualitas makanan terjaga dengan baik, sebaiknya kamu memanaskan kembali makanan yang sudah dibeli tadi. Memang pada dasarnya makanan yang sudah dibeli tersebut bisa langsung dimakan, namun dengan kondisi saat ini yang cukup rawan, maka memanaskan makanan kembali adalah solusi yang baik.

6. Pindahkan Makanan Ke Wadah Sendiri

Kemasan makanan yang sudah kamu beli tentunya sudah mendapatkan banyak kontak dari beberapa orang. Nah, untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, sebaiknya kamu pindahkan makanan ke wadah atau tempat makan sendiri.

Sedangkan untuk wadah ketika kamu membeli makanan, sebaiknya dibuang ke tempat sampah atau lebih bagus lagi langsung dibakar. Tentunya hal tersebut juga cara mencegah risiko penyebaran virus.

Demikian beberapa cara pesan makanan online saat di pandemi Covid19. Dari ulasan di atas, kita bisa tahu bahwa memesan makanan di situasi seperti sekarang ini sudah jelas harus lebih berhati-hati dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu ya, tetap jaga kesehatan!

Leave a comment