Seiring dengan himbauan pemerintah dan ahli kesehatan untuk mengurangi kontak fisik dalam beraktivitas sehari-hari selama masa pandemi, membuat tren pembayaran non tunai semakin masif dilakukan. Pembayaran non tunai atau pembayaran yang dilakukan secara digital banyak dipilih masyarakat karena beberapa alasan. Selain aman dan mudah, toko atau tempat makan seringkali bekerjasama dengan beberapa pihak terkait entah bank atau toko niaga online dengan memberikan penawaran yang menguntungkan. Pantas saja pembayaran digital banyak disenangi sebagian besar orang. Tapi sebenarnya di balik itu semua, masih banyak manfaat dari metode pembayaran ini yang bisa kamu peroleh. Artikel kali ini akan memberikan informasi lengkap terkait manfaat beralih pembayaran digital yang wajib kamu ketahui, simak yuk!

  1. Pembayaran menjadi lebih praktis

Melakukan pembayaran digital membuat kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, jika anda ingin membeli sesuatu anda hanya cukup melakukan scan melalui smartphone. Jadi jika lupa membawa uang tunai, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing mencari ATM untuk melakukan tarik tunai. Sangat praktis sekali bukan?

BACA JUGA : Penting! Alasan Kamu Perlu Menggunakan QR Barcode Scanner Kasir

  1. Promo dan diskon yang menggiurkan

Para penyedia jasa fintech saat ini sering menggunakan strategi penjualan dengan menyediakan promo-promo yang menggiurkan. Mulai dari diskon untuk makanan, cashback, promo buy 1 get 1, dan masih banyak lagi. Dengan adanya promo ini banyak orang yang akhirnya menggunakan pembayaran digital untuk lebih mendapatkan keuntungan. Ini dapat meningkatkan penjualan kamu juga loh sebagai pemilik bisnis!

  1. Memudahkan mengatur pengeluaran

Dengan menggunakan pembayaran digital, kamu bisa lebih mudah pencatatan data penjualan secara non-tunai dalam suatu periode waktu secara cepat dan akurat. Karena hal tersebut dapat dilakukan otomatis seketika adanya transaksi pembelian yang tercatat. Berbeda dengan pembayaran tunai, kamu atau petugas kasir yang kamu miliki, harus memastikan jumlah uang tunai yang diberikan pelanggan sudah sesuai. Belum lagi, jika pelanggan membayar dengan nominal lebih, kamu harus menyediakan uang kembalian dengan beberapa pecahan nominal. Tentu hal ini lebih rumit dan memakan banyak waktu, kan?

  1. Keamanan yang lebih baik

Sistem pembayaran digital menawarkan berbagai cara untuk meningkatkan keamanan bertransaksi. Sebagai contoh, jika gerai atau merchant menerima metode pembayaran ini, konsumen sudah tidak perlu lagi menggunakan kartu debit untuk menyelesaikan transaksi. Konsumen hanya cukup memindai kode tersebut dengan ponselnya dan transaksi dapat diselesaikan. Dengan demikian juga dengan keamanan informasi data perbankan milik konsumen akan lebih terjaga. Di samping lebih aman bagi konsumen, pembayaran digital juga menawarkan keamanan ekstra bagi bisnis. Berbeda dengan uang tunai yang disimpan dalam laci kasir, bisnis hanya akan mendapat informasi transaksi secara otomatis di komputer dan saldo uang kamu tersimpan dalam akun rekening yang telah didaftarkan.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Adanya beragam pilihan cara pembayaran membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan leluasa dalam bertransaksi. Mereka dapat memilih metode pembayaran yang dianggap paling aman atau menguntungkan.  Seperti yang sudah diketahui, cukup banyak sistem pembayaran elektronik yang menawarkan potongan harga khusus. Nah, memberikan opsi yang membuat konsumen nyaman secara tidak langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tanpa kamu sadari, kamu sudah berpartisipasi dalam proses membangun strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kelima poin diatas merupakan manfaat yang akan kamu dapatkan ketika beralih dari sistem pembayaran konvensional ke pembayaran digital. Dalam tahapan awal menggunakan sistem transaksi digital, kamu perlu memilih vendor sebagai perusahaan penyedia aplikasi yang akan membantu kamu dalam melakukan pembayaran digital. Salah satunya adalah ESB Order, teknologi aplikasi pemesanan yang telah terhubung dengan beberapa payment beberapa payment digital seperti Ovo, Dana, Gopay, Shopeepay, Link Aja, Debit & Credit. ESB Order juga dilengkapi dengan sistem layanan pengiriman instan (GoSend, Shipper, Lalamove) dan Loyalty Program. Kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya terkait ESB Order melalui website resmi perusahaan berikut esb.id.

Leave a comment