Cincau merupakan bahan minuman yang biasa ditemukan pada beberapa daerah di Indonesia. Cukup banyak ragam olahan minuman cincau, mulai dengan tambahan santan, susu, sirup, bahkan kopi. Terkadang cincau juga bisa disajikan dengan beberapa bahan pelengkap tambahan lainnya. Mungkin bagi sebagian orang, biasanya hanya menjumpai cincau berwarna hijau atau hitam pada suatu daerah. Namun tahukah kamu, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis cincau loh! Meskipun berbeda, cincau-cincau ini juga kaya akan gizi dan memiliki cita rasa yang tak kalah enak. Berikut beberapa jenis cincau paling enak yang bisa kamu temukan!

  1. Cuwing

cuwingsumber : Sajian Sedap – Grid.id

Cuwing atau cuing adalah jenis daun cincau bernama ilmiah Tiliacora Triandra. Hayo tahu tidak? Sepertinya untuk beberapa daerah, cincau jenis ini tergolong asing. Faktanya, selain di Indonesia, tanaman ini banyak ditemui di Thailand dan Laos dengan nama Bai Yanang. Cuwing memiliki daun berwarna hijau tua, sedangkan bunganya berwarna kuning. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan hanya dapat bertahan di iklim sedang.

  1. Cincau Hijau

cincau hijausumber : Orami

Salah satu jenis cincau paling enak yang sangat umum dan mudah ditemukan di pasaran yaitu cincau hijau atau bernama latin Cyclea Berbata. Seperti namanya, daun cincau ini berwarna hijau tua dan berbentuk hati permukaan daun yang berbulu halus. Tanaman ini tumbuh merambat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Cincau hijau dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil bagi para penderita hipertensi. Tidak hanya itu, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat memperlancar pencernaan. Tidak heran jika cincau hijau banyak dimanfaatkan sebagai bahan minuman kesehatan. Selain rasanya yang nikmat, kandungan gizinya luar biasa!

  1. Cincau Hijau Cina

Jenis cincau paling enak yang ketiga adalah cincau hijau cina atau bernama ilmiah Cocculus orbiculatus. Sama halnya dengan cincau hijau, Cyclea Berbata, tanaman cincau ini juga tumbuh secara merambat. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan permukaan licin. Bunganya berwarna kekuningan dan tumbuh berkelompok berukuran kecil-kecil. Sementara buahnya tumbuh bergerombol seperti anggur. Apa kamu pernah menjumpainya?

  1. Cincau Perdu

cincau perdusumber : cookpad.com

Jenis daun cincau selanjutnya adalah cincau perdu yang bisa kamu tanam sendiri di pekarangan rumah. Tanaman bernama ilmiah Premna Oblongifolia ini mudah ditemukan di Indonesia dan Kepulauan Solomon. Perdunya berbatang agak tebal, sedangkan daunnya berwarna hijau tua berbentuk lonjong, lebar, agak keras, dan memiliki permukaan halus. Cincau perdu ini yang biasa digunakan pada olahan minuman es cincau di pasaran, tambahan santan didalamnya membuta cita rasanya semakin gurih.

  1. Sumpet Kendi

Jenis cincau selanjutnya yaitu Sumpet Kendi. Unik ya namanya! Sumpet Kendi adalah daun cincau dengan nama ilmiahnya Stephania Capitata (Blume) Spreng. Namun di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama sumpet kendi atau sumbat kendi. Pohonnya memiliki batang yang ramping dan berdaun tipis seperti kertas berbentuk lonjong dengan ujung yang runcing.

  1. Cincau Hitam

Jika beberapa jenis cincau sebelumnya identik dengan tampilannya yang berwarna hijau, Cincau jenis satu ini cukup berbeda dengan warna hitam yang berasal dari daun tanaman Mesona Palustris atau disebut daun janggelan di Indonesia. Berbeda dengan daun cincau hijau, daun janggelan bentuknya lonjong serta berujung runcing. Pada tepi daun, terdapat bulu dan bentuk daunnya bergerigi. Daun yang menghasilkan cincau ini kaya akan serat sehingga baik untuk kelancaran pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Pas banget nih untuk jadi salah satu pilihan jenis cincau paling enak yang bisa kamu coba!

Nah, itu dia keenam jenis cincau paling enak yang umum dan bisa kamu temukan di Indonesia. Tak perlu repot-repot menanam tanaman cincau sendiri, olahan minuman berbahan cincau relatif sangat mudah di temukan di Indonesia. Selain enak, bergizi tinggi, harganya juga terjangkau!

Leave a comment