Bagi sebagian orang, kacang merupakan salah satu cemilan yang banyak dikonsumsi saat santai. Hal itu dikarenakan kacang memiliki nutrisi yang cukup banyak, yakni terdiri dari lemak esensial, serat, protein, dan juga karbohidrat. Jika kita melihat lebih jauh, ternyata ada jenis-jenis kacang yang harganya melambung tinggi. Bahkan, harganya pun bisa sangat fantastis hanya untuk 1 kilogram kacang saja. Penasaran? Ayo kita simak daftar harga kacang termahal di dunia berikut ini.

1.     Macadamia

Kacang mahal macadamiasumber : Martha Stewart

Macadamia adalah salah satu kacang termahal di dunia yang berasal dari Australia. Nama macadamia sendiri berasal dari Dr. John Macadam yang datang ke Australia. Kacang satu ini sering dinikmati oleh masyarakat Aborigin dan bahkan mereka menyebutnya sebagai “Kindal Kindal”.

Alasan utama tingginya harga macadamia adalah prosesnya yang sangat lama dari sebelum panen hingga diolah. Bahkan, butuh waktu sekitar 7 sampai 10 tahun agar pohon macadamia dapat menghasilkan kacang. Harga untuk kacang ini dibanderol sebesar Rp 680 ribu/kg.

BACA JUGA : Bikin Kaget! Ternyata Ini Dia Harga Kacang Termahal Di Dunia

2.     Kacang Pinus

Kacang mahal Pinussumber : Handful of Health

Selanjutnya ada kacang pinus atau pine nuts yang berasal dari pohon pinus. Kacang satu ini dapat dimakan baik secara langsung atau melalui proses pemanggangan. Negara yang paling banyak memproduksi kacang pinus adalah China dan Italia. Bahkan, di beberapa suku Amerika Utara menjadikan kacang pinus sebagai makanan pokok.

Kacang pinus juga merupakan salah satu kacang termahal di dunia. sebab, hanya sekitar 18 pohon saja yang layak untuk dipanen bagian bijinya. Itu pun belum ditambah dengan prosesnya yang sangat lama. Pertama, butuh sekitar 6 sampai 8 tahun untuk tumbuh dan tambahan 2 hingga 3 tahun agar dapat di panen. Harga kacang pinus ini adalah sekitar Rp 640 ribu/kg.

3.     Pistachio

Kacang mahal pistachiosumber : Iran Dried Fruit

Kacang termahal di dunia berikutnya adalah pistachio. Bisa dikatakan, ini adalah jenis kacang yang sangat unik. Sebab, kacang pistachio dibalut dengan kulit yang begitu keras. Asal kacang ini adalah dari biji buah pistacia dan nama pistachio diambil dari Bahasa Persia yang artinya makanan terpandang.

Dari sisi gizinya, Pistachio sangat kaya dengan protein, serat, dan juga potasium. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama sekaligus memberikan manfaat lainnya pada tubuh. Harga kacang pistachio ini ada di kisaran Rp 500 ribu/kg.

4.     Almond

Kacang mahal almondsumber : Lifehack

Nama kacang almond hampir pasti diketahui oleh pecinta makanan kacang. Asal kacang almond ini berasal dari Asia Barat dan ditanam secara komersial di daerah California, Amerika Serikat. Pohonnya sendiri dapat tumbuh di daerah yang hangat, kering, atau bahkan di dekat pantai. Kacang almond ini juga cukup terkenal di Amerika Serikat karena sering ada dalam makanan cokelat atau kue.

Kandungan di dalam kacang almond ini terdiri dari banyak nutrisi, serat pangan, lemak tak jenuh, dan berbagai vitamin serta mineral. Berbicara harganya, ini juga termasuk kacang termahal di dunia. Untuk 1 kilogram kacang almond, kamu harus bayar sebanyak Rp 300 ribu.

5.     Chestnut

Kacang mahal chestnutsumber : SINDOnews

Kacang chestnut atau dikenal juga dengan kacang kastanya ini berasal dari pegunungan sekitar Eropa dan juga Asia. Pada tahun 1850, kacang ini dibawa ke Australia dari penambang asal China. Hal itu yang membuat populasi chestnut terus meningkat seiring dengan migrasinya orang Eropa ke Australia.

Bentuk kacang chestnut ini umumnya bulat dan terbungkus oleh duri-duri yang berwarna hijau. Di dalam buah ini terdapat dua sampai tiga biji chestnut. Untuk 1 kilogram kacang chestnut dihargai sebesar Rp 225 ribu. Hal itulah yang membuat chestnut termasuk jenis kacang termahal di dunia.

6.     Walnut

Kacang mahal walnutsumber : Men’s Health

Di Indonesia, kacang walnut sering disebut dengan kacang kenari. Rasanya sangat lezat dan juga mengandung banyak nutrisi baik pada tubuh. Contohnya seperti asam lemak omega 3 dan juga antioksidan.

Kacang walnut termasuk jenis kacang termahal di dunia sekaligus paling populer. Sebab, rasanya yang gurih dan juga enak membuat banyak orang menyukainya. Harga untuk 1 kilogram kacang walnut ini ada di kisaran Rp 140 sampai Rp 200 ribu.

7.     Hazelnut

Kacang mahal hazelnutsumber : Vevidh

Jika kamu sering mengkonsumsi minuman, es krim, maupun kue kekinian, hampir pasti ada nama hazelnut di dalamnya. Perlu kamu ketahui bahwa hazelnut merupakan jenis kacang termahal di dunia dan berasal dari Eropa. Meskipun begitu, kacang ini banyak dibudidayakan dan juga diproduksi oleh Negara Turki.

Kacang hazelnut mempunyai tekstur yang berserat dan juga berbentuk bulat. Karena rasanya yang enak, kacang ini sering dijadikan cemilan atau diolah dengan makanan atau minuman lainnya. jika kamu ingin membelinya, maka siapkan uang sekitar Rp 130 hingga Rp 200 ribu/kg.

8.     Mete

Kacang mahal metesumber : Freepik

Kacang mete atau sering juga dikenal dengan cashew nut adalah jenis kacang termahal di dunia yang terakhir pada daftar kali ini. Asal kacang ini adalah dari hutan Amazon yang kemudian dibawa oleh penjelajah Portugis dan menyebar ke seluruh dunia. Sampai sekarang, kacang mete banyak dibudidayakan oleh negara Brazil, Vietnam, dan juga India.

Alasan kacang mete dihargai mahal adalah karena prosesnya sangat panjang sebelum diolah dan menjadi sebuah makanan lezat. Proses tersebut berfungsi untuk menghancurkan resin urushiol yang merupakan zat penyebab alergi kulit. Harga kacang mete untuk 1 kilogram adalah Rp 70 hingga Rp 100 ribu.

Demikian daftar harga kacang termahal di dunia saat ini. Bagaimana? Kamu tertarik untuk membelinya? 

 

Leave a comment