Buffet menjadi istilah yang sedang ngetren dalam layanan bisnis kuliner baik restoran maupun hotel. Buffet service adalah salah satu penyajian menu makanan yang dihidangkan di atas meja dengan susunan yang rapi. Tamu yang datang tinggal mengambilnya saja sesuai dengan selera mereka.

Jika di Indonesia, istilah buffet sering disebut dengan “prasmanan”. Jika kamu datang ke acara pernikahan, dimana kamu bisa mengambil menu makanan sepuasnya dan sesuka hati, ini adalah contoh buffet yang biasa kita temukan di masyarakat. 

Buffet service adalah salah strategi pemasaran restoran yang kini banyak diterapkan oleh pelaku bisnis kuliner. Alih-alih memasok harga lebih mahal setiap pengunjungnya, ternyata buffet service juga banyak peminat karena dinilai lebih memuaskan. Restoran pun juga lebih diuntungkan dalam beberapa waktu karena tidak semua tamu bisa menghabiskan menu yang begitu banyak. Belum lagi pada beberapa restoran akan menerapkan sistem denda apabila makanan yang telah diambil tidak bisa dihabiskan oleh tamu. Tentu ini akan menambah pundi-pundi keuntungan tersendiri.

Ada berbagai pilihan hidangan makanan yang disajikan pada menu buffet, mulai dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course) sampai hidangan penutup (dessert).

BACA JUGA : 5 Restoran All You Can Eat bintaro yang Gak Bikin Boncos Kantong, Wajib Coba!

Penyajian hidangan sistem buffet ini biasanya bisa kita temui pada restoran kelas menengah atas atau hotel berbintang karena memang terbilang lumayan praktis. Artikel kali ini akan mengulas lebih jauh apa itu buffet service dan perihal selengkapnya tentang buffet. Simak informasi selengkapnya berikut!

Pengertian Buffet

Buffet service adalah salah satu sistem penyajian makanan secara prasmanan. Menu makanan dihidangkan dalam mangkuk, nampan atau tempat makan lain yang disusun secara rapi dan menarik di atas meja buffet panjang berdasarkan kelompoknya. Menu dari makanan buffet ini umumnya beraneka macam dan merupakan kombinasi dari makanan panas, dingin, baik hidangan pembuka, makanan berat, maupun makanan penutup. Dalam sebuah restoran atau acara jamuan misalnya, makan dengan konsep buffet service, biasanya ada seorang pramusaji yang ditugaskan untuk melayani tamu. Para pramusaji ini biasanya berdiri di belakang meja buffet selama acara berlangsung.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Buffet

Kelebihan dari layanan buffet service ini adalah tamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Juga dari pihak restaurant atau hotel tidak perlu banyak tenaga pelayan untuk bertugas. Pelanggan juga lebih puas dan bisa menyesuaikan dengan selera makanan yang ingin dinikmati. Namun, disisi lain buffet service juga memiliki beberapa kekurangan yang seringkali terjadi.

Adapun kekurangan dari buffet service yakni makanan bisa saja cepat habis atau kosong meski acara belum selesai. Karena tamu yang datang bisa mengambil sepuasnya bahkan lebih dari sekali. Hal ini bisa kamu antisipasi dengan menyediakan stok yang sekiranya aman dibandingkan dengan jumlah tamu yang akan datang, misalnya saja dua kali lipat jumlah tamu.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Buffet Service

Layanan buffet service memang lebih istimewa dibandingkan sajian menu dalam piringan per porsi. Namun tetap ada lho beberapa hal yang harus diperhatikan dalam layanan ini. Adapun poin-poin penting dalam buffet service adalah sebagai berikut:

  1. Petugas yang Standby

Menu buffet bisa kapan saja habis sehingga dibutuhkan petugas yang standby dalam memonitor apabila sewaktu-waktu ada wadah atau nampan menu yang sudah mulai habis atau bahkan kosong. Dengan begitu petugas bisa menginstruksikan untuk dilakukan pengisian ulang sesuai kebijakan.

  1. Perlengkapan Alat Saji

Biasanya yang sering terjadi adalah ada saja satu atau dua perlengkapan yang kurang. Misalnya, sendok sayur yang digabung dengan sendok daging karena kurangnya perlengkapan. Pastikan sebelum acara semua menu sudah ada alat saji dan perlengkapan lainya. Ini penting untuk menghindari kesan ketidaksiapan panitia. Bukan hanya itu, sendok dan garpu yang digunakan tamu juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.

  1. Pengaturan Letak Menu

Penataan menu yang cantik dan menarik kabarnya bisa membuat tamu semakin ingin mencicipi menu-menu yang ada di meja buffet. Jadi alangkah baiknya tidak menaruh sembarangan setiap makanan yang ada. Biasanya dikelompokkan sesuai jenis sajian mulai dari makanan berat, penutup, minuman, ataupun menu tambahan.

Bagaimana sudah paham betul apakah itu yang dimaksud dengan buffet service? Memang istilah ini sudah tidak asing dan seringkali ditemukan pada beberapa acara yang diadakan masyarakat. Apakah kamu sendiri apa sudah pernah mencobanya?

Leave a comment