Dalam perkembangan teknologi yang begitu cepat, akan mempengaruhi perkembangan manusia juga, seperti kemudahan dalam segala lini, interaksi secara individu maupun kelompok, proses berbelanja atau berbisnis. Dampak ini mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, salah satunya seperti sektor bisnis F&B dalam layanan penyediaan makanan. Layanan penyediaan makanan pada suatu restoran atau tempat makan memiliki beragam jenis pelayanan, mulai dari table service, self service, buffet service, cafeteria service, dan masih banyak lagi. Layanan tersebut memiliki ciri khas, tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan tempatnya. 

Salah satu layanan penyedia makanan pada bisnis F&B yang cukup populer di Indonesia, yaitu cafeteria service, yang mungkin sering kamu temui pada kafe, fast food restoran di sekitarmu ataupun kantin sekolah kamu atau suatu kantor tempat kamu bekerja. Untuk lebih memahami mengenai layanan cafeteria service ini, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini yuk.

Cafeteria Service

Cafetaria service adalah suatu jenis pelayanan yang biasa kamu temui pada kafe, fast food restoran, ataupun kantin makan di sekitarmu. Jenis layanan ini biasanya memiliki menu makanan yang tergolong murah dari segi harga tapi berkualitas, layanan yang begitu cepat, namun pilihan dari menu terbatas. Sistem pelayanan pada cafetaria service adalah pembeli atau pelanggan mengambil secara mandiri menu pilihannya, kemudian pada ujung proses pembelian, baru melakukan pembayaran makanan yang diambil atau dipilih.

Keunikan yang ditawarkan dari pelayanan cafeteria service ini adalah pembeli dapat memilih secara bebas menu dan porsi yang dipesan. Sehingga tidak harus sesuai dengan ketentuan kafe. Namun beberapa cafeteria service biasanya juga menyediakan menu paket.

BACA JUGA : Ini Dia 7 Makanan Penghancur Kista yang Juga Menyehatkan Tubuh

Tugas

Tugas seorang waiter atau pelayan pada tempat makan dengan jenis layanan cafeteria service adalah mengambilkan pilihan lauk-pauk atau makanan yang dikehendaki oleh pembeli atau pelanggan, sehingga pembeli atau pelanggan hanya menunjuk menu yang diinginkan, kemudian waiter mengambilkannya sesuai arahan pembeli. Satu orang kasir di ujung meja, akan bertugas untuk melakukan kalkulasi total menu makanan yang diambil oleh pembeli atau pelanggan dan melakukan transaksi pembayaran. 

Untuk memudahkan proses transaksi pada kasir, kini kamu sudah bisa memiliki teknologi termutakhir dari ESB, sebuah aplikasi kasir terintegrasi khusus UMKM kuliner, yaitu ESB POSLite. Bahkan tidak hanya proses transaksi, kamu juga bisa mengelola operasional bisnis F&B-mu seperti mengelola stok barang, tidak lagi kebingungan dengan jenis pembayaran dari pelanggan, karena sudah terintegrasi dan didukung semua jenis pembayaran, selain itu proses perhitungan keuangan juga terbantu secara otomatis dan detail, sehingga menjalankan usaha terasa jauh lebih mudah dan efisien. Ingin mengetahui lebih lanjut? Langsung saja klik di sini. Mudahkan tugas transaksimu dengan aplikasi teknologi F&B terintegrasi masa kini.

Fungsi

Adapun fungsi dari cafeteria service adalah untuk melayani pembeli dalam suatu kawasan khusus. Kafetaria biasanya berada pada sekolah, tempat kerja, kampus, maupun rumah sakit. Keberadaan kafetaria berfungsi sebagai penyedia tempat makan yang dekat, tak harus keluar dari suatu area. 

Pembeli atau pelanggan pun tak akan bosan sebab dapat memilih menu makanan yang berbeda setiap harinya. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau untuk kalangan anak sekolah, mahasiswa, maupun karyawan. 

Itu dia pembahasan mengenai cafeteria service, dengan telah membaca artikel ini, semoga kamu memiliki wawasan baru yang bisa kamu kembangkan, ataupun mengetahui jenis kafe yang bisa kamu tawarkan kepada konsumen atau pelanggan di Indonesia.

Selain membangun bisnis, kalau kamu adalah seorang pelanggan, apakah kamu menyukai pelayanan cafeteria service yang memberikan kelonggaran dalam memilih menu? Atau sebaliknya, justru kalap memesan lauk karena pilihannya yang beragam, sehingga sulit mengontrol pengeluaran?

Leave a comment