Siapa yang gak kenal dengan sushi? Makanan khas jepang yang sangat melegenda tidak hanya di negeri sakura bahkan sampai negeri Indonesia. Di Indonesia sendiri sushi sering banget dijumpai di restoran jepang ataupun restoran besar lainnya, tapi kamu tau gak sih kalau sebenarnya cara buat sushi mentai rumahan yang enak ala digital food itu mudah.

Bermula saat usai perang dunia ke II, salah satu prajurit jepang bernama Kikuchi Surutake membangun restoran bernuansa asli dan klasik dari negeri sakura, memang bukan restoran mewah, tapi Kikuchi berhasil menarik pelanggan lokal untuk mencicipi pertama kali sushi di Indonesia.

Sampai hari ini sudah banyak restoran besar dan mewah yang bernuansa Jepang, namun ternyata banyak sekali pecinta masakan Jepang di Indonesia, mulai dari generasi orang tua sampai generasi muda yang rela untuk mencari makanan khas Jepang yang satu ini. Namun, perlu diketahui juga, apabila kamu datang ke restoran Jepang, kamu harus siap untuk merogoh kocek yang cukup dalam, karena harga yang ditawarkan pun juga cukup tinggi untuk menjaga kualitas yang disajikan.

Pada sejarah awalnya, sushi pertama kali datang ke Indonesia hanya untuk disajikan pada restoran rumahan, namun seiring berjalannya waktu kini sushi menjadi sebuah makanan yang komersil dan umum disantap oleh kalangan masyarakat Indonesia. Nah, pada artikel ini akan memberitahukan cara membuat sushi mentai rumahan yang enak ala Digitalfood dan tentu resep ini bisa kamu sajikan untuk keluarga, simak yuk.

Bahan-bahan untuk Membuat Sushi Mentai

Roll Sushi:

  • Nasi
  • Cuka Beras atau Mirin 2 sdm
  • Garam ½ sdt
  • Nori
  • Ebi Furai 3
  • Timun
  • Bayam
  • Sosis atau Daging 2

 

Saus Mentai:

  • Mayonnaise 4 sdm
  • Saus Sambal 3 sdm
  • Susu Kental Manis 2 sdm
  • Cabe Bubuk secukupnya

Cara Buat Sushi Mentai Rumahan yang Enak

  1. Campurkan nasi dengan garam dan cuka beras atau mirin
  2. Kemudian siapkan bahan isi untuk sushi: Rebus bayam, kasih sedikit garam ke dalam air rebusan, lalu angkat dan celupkan ke dalam air dingin kurang lebih 3 menit, lalu tiriskan. Berikutnya iris timun memanjang dan kecil. Dan siapkan Ebi Furai yang telah di goreng.
  3. Iris berputar sosis kamu agar lebar, kemudian goreng sosisnya. Begitupun dengan daging yang kamu siapkan.
  4. Siapkan saus mentainya, dengan menaruh semua bahan untuk saus mentai ke dalam satu wadah, lalu aduk sampai merata.
  5. Lalu ambil nori satu lembar, dan letakan nasi yang tadi di atas nori, lapisi nori dengan nasi sampai tidak terlihat.
  6. Kemudian balikkan tumpukan nori nasi tadi, sehingga nasi dibawah dan nori di bagian atas. Lalu letakkan bahan isian yang sudah siap tadi keatas tumpukkan.
  7. Lalu gulung semua tumpukkan tadi, sampai semua bahan isian dan nori berada di dalam sementara nasi ada di bagian terluar.
  8. Setelah tergulung dengan rapi, potong gulungan menjadi beberapa potong seperti bentuk sushi.
  9. Siram lapisan atas sushi dengan saus mentai yang telah diaduk merata. Sushi Mentai rumahan kamu siap disajikan.

Mudah sekali bukan membuat sushi mentai rumahan ala Digital Food, dengan begini kamu sudah siap membuat terkejut orang rumah dengan sushi buatan kamu, terlebih kamu bisa membangun bisnis sushi mentai kamu sendiri mulai dari sekarang.

Leave a comment