Jaman sekarang, keinginan menjadi seorang pebisnis atau wirausaha cukup di tinggi di tengah masyarakat kita. Apalagi usaha kuliner yang tak pernah sepi peminat, mengingat pasarnya yang begitu luas dengan margin keuntungan yang sangat menggiurkan. Tidak bisa ditepis bahwa dalam memulai bisnis tentu membutuhkan modal, besar-kecilnya tergantung dari masing-masing kondisi yang ada. Namun tak jarang sebagian dari kita terhalang oleh adanya modal dalam memulai bisnis.

Sudah tahun 2022 nih, begitu banyak jalan keluar yang ada di depan mata untuk kamu mendapatkan modal  usaha secepatnya. Mulai dari pegadaian hingga peminjaman modal. Ulasan kali ini akan memberikan informasi terkait beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan modal usaha. Simak selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : Kupas Tuntas Tentang Manajemen Dapur Restoran

  1. Gadai Aset

Cara mendapatkan modal usaha yang pertama, kamu bisa menjaminkan aset pribadi yang dimiliki atau melakukan pegadaian. Biasanya dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan modal berupa uang tunai. Adapun, aset pribadi yang dimaksudkan bisa berupa barang elektronik seperti gadget, surat tanah, emas perhiasan, emas batangan, BPKB, dan barang atau surat berharga lainnya. Di pegadaian, kamu bisa mendapatkan pinjaman usaha biasa atau metode syariah mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor hingga 48 bulan. Dengan meminjam di pegadaian, kamu akan dikenakan biaya administrasi 1% dari pinjaman tersebut dengan proses kredit kurang lebih 3 hari. Bunganya sendiri 1-1,15% per bulan untuk pinjaman biasa, dan untuk pinjaman syariah tidak dikenakan bunga namun adanya Tarif Mu’nah Pemeliharaan. Tentunya hal ini akan berbeda-beda di setiap tempat pegadaian yang kamu pilih, amannya sih pilih pegadaian berijin resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ya!

  1. Pinjaman Bank

Berbeda dengan menggadaikan aset, bank biasanya jarang untuk meminjamkan dana pada usaha baru, melainkan mereka lebih mengutamakan usaha yang sudah berjalan. Sebab dalam mengajukan pinjaman ke bank, kamu harus memberikan bukti kesehatan keuangan dari usaha kamu, supaya pihak bank dapat memastikan kalau kamu sanggup membayar cicilannya. Hampir semua kebijakan bank, ketika ingin melakukan pinjaman, kamu harus menyertakan persyaratan agunan sebagai jaminan ketika kamu bermasalah dalam melakukan pembayaran. Memang, ada juga beberapa bank yang menyediakan kredit mikro tanpa agunan atau biasa disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA). Namun sayangnya, bunga dan biaya yang ditawarkan biasanya sangatlah besar.

  1. Pinjaman Modal Tanpa Agunan dari Fintech Peer to Peer Lending

Di era teknologi seperti sekarang, sesungguhnya ada banyak cara untuk mendapatkan modal yang bisa dilakukan. Cukup dengan koneksi internet, kamu bisa mendapatkan modal dengan mudah. P2P Lending adalah praktik atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu/bisnis dan juga sebaliknya, mengajukan pinjaman untuk keperluan individu/bisnis. Pada intinya, P2P Lending yaitu menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam secara online. P2P Lending memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara. Sebagai peminjam, yang perlu kamu lakukan hanya mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman secara online (yang relatif cepat prosesnya). Di antaranya merupakan dokumen berisi laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu, informasi legal, dan identitas dari peminjam. Permohonan peminjaman kamu bisa diterima ataupun ditolak tergantung dari berbagai faktor. Kelebihan mengajukan pinjaman melalui P2P Lending adalah suku bunga lebih rendah dari bank, proses lebih cepat dan mudah, serta nominal pinjaman yang bisa diajukan relatif tinggi.

  1. Modal Pinjaman dari Koperasi

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) adalah cara mendapatkan pinjaman usaha lainnya yang bisa diterapkan. Koperasi secara sederhana adalah sebuah organisasi bidang ekonomi yang dijalankan demi kepentingan bersama. Adapun, dalam kegiatannya koperasi biasanya menjalankan segala kegiatan simpan-pinjam berdasarkan asas kekeluargaan. Memang, pinjaman di koperasi biasanya hanya ditujukan khusus untuk para anggota. Tapi, jika kamu ingin meminjam dana modal usaha, kamu bisa mengurusnya dengan mudah. Kamu bisa mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan masing-masing koperasi.

  1. Modal Usaha dari Pinjaman Pemerintah (Kredit Usaha Rakyat)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia, bekerja sama dengan perbankan, ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil, Menengah dan Koperasi atau UMKM. KUR sendiri meliputi berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha di bidang perikanan, pertanian, kehutanan hingga usaha jasa simpan pinjam. KUR dikenal sebagai cara mendapatkan modal usaha yang menawarkan bunga paling rendah lho, karena disubsidi oleh pemerintah. Tujuan adanya KUR sebenarnya adalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi UMKM hingga memberantas kemiskinan. Maka dari itu, pemerintah juga menerbitkan berbagai kebijakan dalam pengembangan dan pemberdayaannya, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan sektor riil dan memberdayakan UMKM. Keuntungan meminjam modal dari KUR antara lain bunga relatif kecil, tanpa agunan atau jaminan untuk nominal tertentu, dan objektif dalam penentuan keputusan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan modal usaha di tahun 2022. Tentunya setiap keputusan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu dalam melakukan pembayaran. Jangan sampai alih-alih mencari modal usaha malah terjerat hutang dengan bunga tinggi. Bukannya untung malah buntung deh!

Leave a comment