Pada era pandemi seperti saat ini, menu digital telah digunakan pada berbagai bidang bisnis kuliner, baik restoran, kafe, maupun food court. Hal tersebut tak lepas dari pengaruh kebijakan jaga jarak untuk menghindari tertular virus Covid-19. Selain itu, penggunaan praktik mendigitalisasi menu pun dinilai lebih praktis digunakan karena pelanggan cukup mengakses alamat situs yang disediakan oleh restoran.

Pembuatan menu 4.0 ini pun dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yang tentunya menghasilkan format yang berbeda pula. Kamu dapat menyimak cara membuatnya untuk bisnis kulinermu dengan mudah di bawah ini.

1. Membuat Toko Online Sendiri

Cara pertama yang bisa kamu coba dalam pembuatan menu digital adalah menggunakan website yang dapat kamu kunjungi melalui mesin pencari di smartphone-mu. Cara ini dinilai paling praktis dan efektif baik untuk pelanggan maupun restoran dalam pemesanan.

Pelanggan cukup mengakses link yang telah disediakan. Selanjutnya, memilih menu pesanan cukup melalui beberapa klik saja. Pesanan tersebut pun secara otomatis terkoneksi pada bagian dapur dan kasir, sehingga menu diproses dengan lebih cepat. Kamu bisa menggunakan software menu digital untuk memudahkanmu dalam pembuatan sistem menu yang otomatis terkoneksi dengan bagian lain (dapur, kasir, dsb) ketika customer memilihnya. Selain itu beberapa software menu digital seperti ESB Order juga telah dilengkapi dengan metode pembayaran yang lengkap (cash/credit/e-wallet). Adapula sistem dari software tersebut juga dapat membantumu dalam laporan penjualan, produksi, dan persediaan bahan baku.

BACA JUGA : 6 Cara Promosi Produk di Instagram Biar Cuan Maksimal

2. Menggunakan Aplikasi Desain

Untuk mendapatkan menu digital dalam format gambar, kamu bisa menggunakan aplikasi Canva secara gratis. Kamu cukup mengunduh aplikasi tersebut dan memilih template yang kamu sukai.

Penggunaan format gambar memiliki kelebihan warna dan desain yang dapat kamu buat sesuai selera. Setelah desain menu-mu selesai, buatlah kode QR atau link URL untuk mengakses menu tersebut.

3. Menggunakan Google Document

Cara membuat menu digital yang paling mudah adalah menggunakan Google Document dengan hasil akhir dalam bentuk teks atau dokumen. Meskipun mudah digunakan, menu yang dibuat menggunakan Google Document ini akan terlihat kurang menarik di mata pelanggan karena hanya berupa tulisan.

Tempatkan link URL Google Document-mu pada setiap meja restoran atau di counter pemesanan. Sehingga pelanggan pun mudah dalam memilih menu dan melakukan pesanan.

Itulah tiga cara praktis yang dapat kamu lakukan untuk membuat menu digital untuk bisnis kuliner. Tentunya efektif dan mudah digunakan.

Leave a comment