Cara promosi produk di Instagram agar dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan sebenarnya sangatlah mudah. Instagram sebagai salah satu media sosial yang dimiliki oleh berbagai kalangan pun terbukti mampu menjadi sarana dalam mempromosikan produkmu. Terlebih adanya fitur marketplace pada Instagram yang semakin memudahkanmu dalam memperkenalkan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

Di bawah ini adalah enam cara mudah mempromosikan produk di Instagram yang dapat kamu lakukan. Dijamin engagement produkmu semakin naik.

1. Atur Menjadi Akun Bisnis

Bukan hanya sebagai ajang untuk eksistensi diri, Instagram pun kini juga dilengkapi dengan akun untuk berbisnis. Berbeda dengan akun Instagram biasa, akun bisnis ini memuat berbagai fitur yang memudahkan pemilik bisnis dalam pengelolaan promosi produk di Instagram.

Akun bisnis pun memberikan banyak manfaat untuk perkembangan promosi produkmu. Mulai dari data statistik jenis kelamin dan usia pengikut, hingga jumlah tayangan konten yang kamu buat. Kamu juga dapat mengiklankan produk agar jangkauan tayangmu semakin luas.Caranya pun tergolong mudah, kamu cukup masuk pada menu setting, kemdian pilih akun, lalu klik pilihan ‘Beralih ke akun bisnis’.

BACA JUGA : 5 Tips memulai Usaha Ayam Geprek, Profit Menjanjikan!

2. Pembuatan Konten Menarik dan Konsisten

Agar follower Instagram-mu naik dan menarik calon pelanggan, feed Instagram pun harus bagus. Baik foto maupun video yang kamu unggah harus mengikuti tren yang sedang berkembang dan menjadi buah bibir masyarakat.

Interaksi akun Instagram dan follower-mu pun dapat terjalin dengan baik apabila kamu konsisten mengunggah konten. Dalam setiap konten yang kamu unggah pun juga harus berkaitan dengan produk yang kamu jual. Bukan hanya konten yang tak mendeskripsikan produkmu.

3. Gunakan Hashtag

Sebelum menambahkan hashtag pada konten Instagram-mu, sebaiknya kamu melakukan riset berbagai hashtag dengan pengguna yang tinggi. Tentunya juga relevan dengan konten yang kamu unggah. Kamu pun juga harus mengikuti hashtag yang sedang viral agar akun Instagram-mu banyak dikunjungi atau bahkan diikuti oleh akun lain.

4. Tempatkan Link di Bio Instagram

Hal yang tak kalah penting dari promosi produk di Instagram adalah menempatkan link di bio Instagram akun bisnismu. Konsumen tak perlu berpindah media sosial atau website untuk memesan produk yang kamu jual. Misalnya, sebagai pemilik bisnis kuliner kamu bisa menempatkan link ESB Order agar konsumen dapat memesan untuk delivery, take away, maupun pick up produk kulinermu. Layanan ini pun memberikan kemudahan konsumen untuk melakukan pembayaran melalui berbagai dompet digital.

5. Giveaway

Tarik simpati follower Instagram dengan giveaway produk bisnismu. Mintalah follower untuk mengunggah suatu konten baik di cerita maupun feed Instagram dan menandai beberapa temannya. Cara ini dinilai cukup efektif untuk mengenalkan bisnismu dan memperluas jaringan pemasaran.

Giveaway sebaiknya dilakukan secara rutin minimal seminggu sekali agar follower Instagram-mu semakin rajin mengikuti akun bisnis Instagram-mu. Namun kamu pun juga tetap memperhatikan anggaran yang sesuai untuk mengadakan giveaway ini.

6. Testimoni Pelanggan

Cara terakhir dalam promosi produk di Instagram adalah dengan cara mengunggah testimoni pelanggan. Kamu pun dapat membuat highlight cerita dan feed Instagram mengenai testimoni pelangganmu.

Testimoni juga menjadi salah satu pertimbangan calon konsumen sebelum membeli produkmu. Kamu bisa meminta testimoni pada saudara, teman, atau pelanggan setia. Namun jangan sampai testimoni pelanggan yang kamu unggah adalah palsu atau hoax, agar konsumen tidak merasa tertipu dengan testimoni yang diberikan.

Nah, itulah beberapa cara promosi produk di Instagram yang bisa kamu terapkan pada bisnis yang sedang kamu tekuni. Mudah, bukan?

Leave a comment