Pelayanan restoran menjadi salah satu kunci kepuasan pelanggan yang harus diperhatikan pengusaha. Bukan hanya fokus pada cita rasa makanan dan menu yang disajikan, namun juga memperhatikan pelayanan kepada pelanggan. Kemudahan dalam melakukan pemesanan menu, deskripsi makanan, pramusaji yang ramah, dan kemudahan dalam bertransaksi menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan sebagai pemilik restoran.

Secara garis besar pelayanan restoran terbagi menjadi tiga macam, yaitu layanan pemesanan, manajemen pemesanan, dan kemudahan pelanggan dalam melakukan transaksi. Adapun penjelasan lengkapnya dapat kamu temukan di bawah ini.

Layanan Pemesanan

Penyambutan pelanggan mulai dari pintu masuk, pemilihan menu, hingga proses transaksi menjadi konsep yang harus kamu perhatikan. Tentukan jenis layanan yang kamu terapkan pada restoranmu yang menyesuaikan dengan konsep restoran dan menu yang tersedia.

Di bawah ini adalah beberapa jenis layanan yang dapat kamu terapkan pada restoran:

  1. Table service

    Layanan table servicesumber : National Computer Corporation

     

    Jenis pelayanan ini paling banyak digunakan yaitu konsumen duduk di bangku yang disediakan kemudian memilih makanan di daftar menu. Pramusaji pun kemudian mengantarkan pesanan pada konsumen tersebut.
  2. Buffet

    Layanan buffet restoransumber : DLP Guide

     

    Buffet memungkinkan pelanggan untuk memasak sendiri menu makanan yang dipilih. Jenis layanan ini digunakan pada restorann all you can eat yang menyediakan alat grill untuk memasak di meja pelanggan.
  3. Counter service

    Layanan counter service pada restoransumber : Houston Food Finder

     

    Jenis layanan ini sangat ringkas, praktis, dan mudah diterapkan. Pelanggan cukup memesan pada counter, menunggu pesanan disiapkan dan kemudian membayarnya. Biasanya diterapkan pada restoran cepat saji.
  4. Take away service

    take away service pada restoransumber : Simply Business

     

    Jenis layanan ini digunakan untuk pelanggan yang tidak makan di tempat alias bungkus. Layanan ini memiliki keuntungan yaitu mengurangi sewa tempat untuk makan. Take away service pun banyak ditemukan di restoran cepat saji. Jika take away masih terasa menyulitkan bagimu karena proses menunggu yang membosankan, beberapa aplikasi third party telah memberikan solusi dengan layanan yang disebut pick-up. Dimana layanan ini kurang lebih sama dengan take away hanya kamu bisa mengordernya dari mana saja. Jadi ketika sampai restonya kamu hanya perlu mengambil makanannya.
  5. Gueridon service

    gueridon service pada restoransumber : Continents Condiments

     

    Jenis pelayanan ini menawarkan keahlian koki dalam memasak suatu makanan kemudian mempraktekkannya di depan pelanggan. Misalnya dalam pembuatan mie atau sushi dengan pelanggan yang mengelilingi koki yang sedang mempersiapkan makanan.

BACA JUGA : 6 Faktor Keberhasilan Wirausaha Kuliner yang Harus Dimiliki!

Manajemen Pesanan

Manajemen pesanan mulai dari pemilihan menu oleh pelanggan, pengelolaan makanan di dapur, hingga penyajian jangan sampai luput dari perhatian. Sehingga proses pelayanan pun menjadi cepat dan tepat sesuai dengan pesanan pelanggan. Tentu kamu tidak ingin pelanggan menunggu terlalu lama untuk makanan yang dipilih.

Dengan memudahkan manajemen pesanan tersebut, tentunya akan membuat pelayanan restoran kamu jauh lebih efektif, dan membuat pelanggan merasa nyaman. Restoran kamu bisa menggunakan software manajemen pesanan ESB POS, Sebuah software yang menawarkan fitur terintegrasi yang menghubungkan bagian dapur, dan kios pemesanan. Sistem POS all-in-one yang telah saling terintegrasi pun menjadikan proses penjualan di restoran menjadi efisien. Pelanggan dapat memilih menu pesanan tanpa perlu berinteraksi secara langsung dengan pramusaji. Fitur ini tentunya sangat berguna terlebih pada kondisi pandemi seperti ini.

Kemudahan Transaksi

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah kemudahan pelanggan dalam melakukan transaksi. Bukan hanya uang tunai, kamu pun juga harus menyiapkan berbagai macam metode pembayaran untuk pelanggan. Mulai dari kode QR, dompet digital, multi bank ECR, maupun pembayaran melalui ATM ataupun transfer.

Dengan menggunakan ESB POS, restoran kamu juga bisa menawarkan pengalaman baru untuk pelanggan, gunakan fitur QR scan untuk melakukan transaksi sampai pembayaran, hanya melalui smartphone pelanggan, jadi tanpa perlu lagi melakukan transaksi di bagian kasir. maka pelanggan pun dapat memilih pesanan dan membayarnya secara digital. Cara inipun memberikan pengalaman baru yang praktis dan nyaman yang dirasakan oleh pelanggan.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk memaksimalkan pelayanan restoran milikmu. Di tengah ketatnya persaingan bisnis F&B seperti ini, pastikan restoranmu selalu terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Leave a comment