Chef adalah salah satu profesi yang sedang naik daun beberapa waktu terakhir ini. Jika membahas mengenai profesi satu ini, pasti akan langsung terbayangkan begitu lezatnya masakan yang sudah disediakan oleh mereka.

Ada banyak sekali karakter serta perkembangan dari menu masakan dan juga minuman yang sudah ada di seluruh dunia. Dalam hal ini, tentu saja seorang chef yang berpengalaman sangat menguasai banyak resep – resep mengenai masakan.

Seorang chef yang begitu hebat pasti akan mengembangkan berbagai menu dengan cita rasa yang sempurna. Kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai chef adalah sampai dengan deskripsi pekerja dan gaji dari profesi ini.

Apa Itu Chef?

Apa Itu ChefSumber : CNN Indonesia

Istilah dari kata chef adalah seseorang yang mempunyai keterampilan memasak di salah satu tempat serta dipercaya mampu untuk memimpin dapur lengkap dengan membuat racikan menu masakan di dalamnya.

BACA JUGA : Pebisnis Online Harus Tahu: Tips Bisnis Online

Chef juga termasuk seseorang yang paling suka memberikan pelatihan dan teknik atau tata cara memasak kepada para koki ataupun orang biasa saja.

Untuk bisa menjadi seorang chef ini tidak harus menempuh pendidikan formal atau dengan gelar sarjana. Ini berlaku juga untuk di Indonesia, meraih gelar chef ini memerlukan pengambilan studi tata boga.

Deskripsi Pekerjaan Chef

Deskripsi Pekerjaan ChefSumber : Detikfood

Chef adalah seseorang yang bertugas dan fokus pada pembuatan resep masakan, menentukan bahan – bahan masakan yang harus disediakan, pandai memasak, serta mampu menyajikan hidangan dengan cita rasa yang lezat, tampak indah serta layak untuk dibayar mahal.

Chef ini biasanya memiliki bidang keahliannya masing – masing. Ada seorang chef yang jago memasak makanan jepang, ada yang lebih pandai masakan italia dan masih banyak lagi spesifikasi lainnya.

Seorang chef harus bisa membuat kreasi dari berbagai jenis makanan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Bisa juga melakukan eksperimen guna menciptakan resep masakan terbaru.

Chef juga harus bisa memasak sesuai dengan pesanan para pelanggan. Selalu mengawasi staf yang ada di dapur dalam hal penggunaan mesin dan fasilitas yang lainnya dengan tepat dan sesuai.

Bertanggung jawab penuh untuk bahan makanan lengkap dengan biaya dari bahan makanan. Selalu pandai dalam mengelola dapur serta menyusun menu untuk restoran.

Tugas Chef

Tugas ChefSumber : Restomart

Untuk tugas dari seorang chef adalah mampu menjaga secara keseluruhan dari kualitas bahan baku dan juga menu – menu yang dijual ke restoran. Selain itu, harus bertanggung jawab penuh secara operasional bagian atau divisi produk.

Lalu, bisa juga menciptakan menu – menu terbaru atau bisa dengan mengembangkan menu yang sudah ada. Chef bisa membuat standar resep menu dan dapat pula pelatih para koki untuk memasak.

Chef juga bertugas untuk mengajukan pengurangan maupun penambahan dari jumlah karyawan yang ada di dapur kepada HRD. Chef berhak untuk mengajukan promosi atau pun demosi karyawan kepada HRD.

Gaji Chef

Gaji ChefSumber : Top Career

Gaji chef adalah salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh setiap orang. Jika dihitung berdasarkan gaji chef secara umum dengan pengalaman level entry bisa memperoleh gaji dengan rata – rata sekitar kurang lebih 147 juta rupiah per tahunnya.

Sementara itu, untuk chef senior dengan pengalaman 8 tahun atau lebih bisa mendapatkan gaji dengan rata – rata sekitar 247 juta rupiah per tahunnya. Untuk gaji chef yang ada di Indonesia ini sekitar 199 juta rupiah setiap tahunnya.

Tingkatan Chef

Tingkatan ChefSumber : Qraved

Untuk tingkatan chef adalah bisa dibedakan berdasarkan pada tugas dan perannya masing – masing. Tugas dari chef ini berdasarkan pada jenis serta tingkatan chef tersebut.

Pertama ada head chef atau executive chef ini memegang penuh tanggung jawab atas keseluruhan yang terjadi di dalam dapur. Mulai dari komplain pelanggan, mereka harus siap maju dan menerima kritikan tersebut. Selain itu, mereka juga bisa membuat menu kreasi lainnya.

Kedua ada chef de cuisine ini tidak jauh beda dengan head chef. Untuk chef de cuisine ini merupakan kepala dari salah satu cabang restoran.

Ketiga ada Sous chef yang merupakan wakil dari kepala chef. Memiliki tugas yang hampir sama dengan kepala chef.

Keuntungan Menjadi Chef

chef menghidangkan makanansumber : Riverhouse Hospitality

Chef adalah salah satu profesi yang begitu menarik dan layak untuk diperhitungkan pada saat ini. Tidak semerta-merta mengorientasikan uang, namun chef juga bekerja mengikuti passion mereka. Kalau kamu hobi memasak dan mencintai makanan, mengapa tidak mengembangkan hobimu itu dan menjadikannya karirmu? Kalau kamu memiliki bakat dan mau bekerja keras untuk menjadi chef, maka itu adalah pilihan yang sangat bagus. Kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini jika memutuskan untuk menjadi chef.

  1. Karir yang Fantastis

Seperti yang sudah kami bahas, menjadi koki menawarkan perkembangan karir yang luar biasa. Mulai dari Commis Chef menjadi Demi Chef kemudian Chef de Partie, Sous chef, Chef de Cuisine dan akhirnya head Chef. Kamu juga mendapatkan pilihan untuk berkarir di berbagai tempat, seperti restoran, hotel, resor, perusahaan katering dan acara perusahaan.

  1. Karir yang Mendunia

Di mana pun kamu tinggal, profesi chef akan dibutuhkan. Baik itu di kapal pesiar atau di jalanan kota tua, menjadi chef adalah sebuah opsi dimanapun kamu berada!

  1. Dapat Membuka Usaha Sendiri

Mayoritas chef memiliki passion yang sangat tinggi terhadap profesi mereka dan banyak dari mereka memilih untuk membuka restoran mereka sendiri dengan sajian resep khusus karya mereka sendiri.

  1. Membuat Orang Bahagia

Semua orang suka makan. Jadi baik kamu memasak untuk sebuah acara khusus ataupun sekedar menyediakan makan siang untuk karyawan di kantor, pekerjaanmu akan selalu dihargai.

  1. Tidak Harus Memakai Pakaian Formal

Tidak perlu dasi, sepatu ber-hak, atau setelan bisnis yang tidak membuatmu nyaman. Pakaian putih chef akan meninggalkan lebih banyak gaji di sakumu!

 

Leave a comment