Diet defisit kalori mungkin bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan. Bagi yang belum begitu familiar dengan istilah diet satu ini, tentu bakalan bertanya – tanya, seperti apakah diet tersebut dan apakah benar – benar efektif dalam menurunkan berat badan.

Sejauh ini Anda tidak perlu terlalu khawatir dikarenakan diet defisit kalori ini sangatlah ampuh dalam menurunkan berat badan, terlebih lagi saat dilakukan dengan cara yang sesuai.

Kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai diet defisit kalori yang bisa Anda terapkan sehari – hari.

Mengenal Diet Defisit Kalori

Diet Defisit Kalori

sumber : sfidn  

Diet defisit kalori atau yang biasanya dikenal dengan sebutan diet defisit energi. Perlu Anda ketahui bahwa kalori yang masuk dari makanan ini bakalan langsung diolah oleh tubuh menjadi sumber energi. Tanpa adanya kalori, tubuh tidak akan bisa menghasilkan energi untuk aktivitas sehari – hari.

BACA JUGA : 17 Jajanan Khas Bandung Yang Wajib Dicoba

Diet defisit energi ini dapat dilakukan dengan cara memangkas kalori harian yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kata lainnya, Anda harus bisa mengurangi jumlah asupan kalori yang dikonsumsi oleh tubuh dalam satu hari.

Biasanya 500 kalori bisa dipangkas dari kebutuhan asupan kalori setiap harinya. Sebagai contohnya adalah sehari – hari Anda bisa mengonsumsi sebanyak 2.000 kalori, selama program diet ini berlangsung, asupan kalori hanya sekitar 1.500 kalori saja. Penurunan berat badan akan jauh lebih efektif dan aman saat mengurangi rata – rata 500 kalori dalam sehari.

Jikalau Anda terlalu banyak mengurangi jumlah asupan kalori dalam tubuh, maka risiko badan akan menjadi lebih lemas karena tidak mempunyai bahan bakar yang dapat menghasilkan energi.

Langkah Tepat Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Defisit Kalori

Diet Defisit Kalori

sumber : klikdokter

Supaya berat badan Anda turun, perlu memperhatikan jenis – jenis makanan yang akan dikonsumsi selama menjalani program diet defisit kalori.

Anda bisa dengan membatasi asupan sumber dari karbohidrat, dikarenakan konsumsi makanan karbohidrat ini memiliki kalori yang begitu tinggi. Dengan Anda menguranginya, bisa turut mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

Memperbanyak konsumsi sumber protein, seperti halnya dada ayam tanpa kulit, tempe, tahu, telur, ikan serta aneka jenis kacang dan sayuran hijau lainnya.

Bisa pula dengan membatasi diri makan ataupun minum minuman yang manis – manis, minuman dalam kemasan, minuman manis lainnya, kue – kue manis wajib untuk dihindari.

Perbanyak untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup supaya bisa membantu mengurangi rasa lapar selama menjalani program diet. Minum air putih ini pun sangat baik bagi metabolisme tubuh Anda.

Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Orang – orang yang malas bergerak cenderung akan lebih sulit menurunkan berat badannya.

Itulah beberapa informasi penting mengenai diet defisit kalori yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari – hari untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Leave a comment